Pelatihan Kestabilan Emosi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Emosi remaja terkadang cukup kuat, tidak terkendali, dan tampaknya tidak masuk akal. Ketika emosi cukup kuat, perilaku menjadi tidak terkendali. Remaja yang tidak dapat mengendalikan emosi cenderung akan berperilaku agresif dan tidak disiplin. Oleh karena itu diperlukan pelatihan/ training kestabilan emosi untuk melihat apakah mereka dapat mengenali masing-masing emosi yang ada pada diri individu, yang mana berpengaruh terhadap pengendalian emosi. Tujuan penelitan ini adalah untuk melihat bagaimana pelatihan/training kestabilan emosi dapat berpengaruh terhadap pengendalian emosi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mix Method (metode campuran). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan turun langsung ke lapangan (field research) dan data sekunder melalui studi pustaka (library research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil dari angket yang telah diteliti didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test setelah diberikannya pelatihan terhadap kestabilan emosi namun tidak terdapat perbedaan yang signifilan antara hasil pre-test dan post-test terhadap tingkat kedisiplinan. Dengan kata lain, stabilnya emosi seseorang maka tidak akan menjamin tingginya peningkatan kedisiplinan siswa.
Keywords
References
Adiningtiyas, S. W. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah.
Ayu, F. A. (2021). Stabilitas Emosi Dengan Kesiapan Mengajar Pada Guru Full Day School.
Azmi, N. (2015). Potensi Emosi Remaja dan Pengembangannya.
Chotimah, C. (2010). Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Karangamon Klaten.
Dewi, I., & Alsa, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama.
Fauzi, S. A., & Permadi, B. A. (2023). Penerapan Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Kelas IV MI Miftahul Ulum Pandan Arum.
Hadi, S., & Jannatunnaim, L. (2019). Stabilitas Emosi Pelaku Pernikahan Dini Dalam Mendidik Anak Balita.
Hernanda, R. (2020). Stabilitas Emosi Dengan Pengendalian Diri Pada Pasien Hipertensi.
Kistoro, H. C. A. (2014). Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Islam.
Kusuma, S. W., & Suwarti. (2015). Hubungan Antara Kestabilan Emosi Dengan Scholl Stress Pada Peserta Didik.
Maulana, M. Y. A. (2016). Hubungan Antara Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Pada Atlet Bela Diri Kota Surakarta.
Nurdiana, Erawati, D., & Pratama, D. (2020). Konseling Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Fardu Anak Asuh di LKSA Berkah Palangka Raya.
Padilah, N. (2022). Desain Pelatihan Kestabilan Emosi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.
Pristiani, D. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Perilaku Disiplin Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V MIN 9 Bandar Lampung.
Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja.
Rijal, F. (2016). Perkembangan Jiwa Agama Pada Masa Remaja (Al-Murahiqah).
Selawati, N. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Bandar Lampung.
Sukatin, Kharisma, I. P., & Safitri, G. (2023). Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi Pada Prestasi Belajar.
Surya, D. J. (2016). Hubungan Kestabilan Emosi Terhadap Stres Akademik Pada Remaja di SMAN 4 Jakarta.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v10i2.18137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Shaufiatunnisa Shaufiatunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :
Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.