Kepuasan Siswa dan Kesesuai Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Wan Chalidaziah, Sabrida M Ilyas, Fatia Akla

Abstract


Tujuan Penelitian: Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan siswa dan kesesuaian pelayanan bimbingan dan konseling (BK) dengan menggunakan metode Importance Perfomance Analysis (IPA).

Metode Penelitian: Kajian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan metode IPA. Kajian ini memiliki populasi sebanyak 454 siswa yang berasal dari sekolah SMKN 1 Langsa dengan besaran sampel 213 siswa yang diproleh melalui teknik cluster random sampling. Adapun instrument yang digunakan ialah kuesioner kepuasan pelayanan konseling yang di adaptasi dari IPA dengan r sebesar 0,92 pada 18 item pernyataan. Selanjutnya data dianalisis dengan rujukan metode IPA.

Hasil Penelitian: Kajian ini menggambarkan bahwa tingkat kepuasan siswa pada pelayanan BK berada dalam kategori cukup memuaskan apabila dibandingkan dengan kesesuaian pelayanan bimbingan dan konseling yang diselengggarakan oleh guru BK di sekolah. Kesimpulan: kepuasan siswa berada dalam kategori cukup sehingga berbanding lurus dengan pelayanan BK yang diselenggarakan oleh guru BK di SMKN 1 Kota Langsa, yang artinya siswa memperoleh rasa senang, ketenangan dan mendapatkan perasaan bahagia setelah mendapat pelayanan konseling yang diberikan oleh setiap guru BK disekolah.

Implikasi: Guru BK disekolah selayaknya melaksanakan pelayanan BK dengan memprioritas kebutuhan, kewajiban dan hak siswa sebagai konseli, sehingga siswa merasakan kebahagiaan dan kepuasan terhadap pelayanan yang diterimanya

Keywords


kepuasan Siswa; Layanan Bimbingan dan Konseling; Importance Perfomance Analysis

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, D., Rahmat, H. K., & Pernanda, S. (2020). Menemukenali Konsep Etika Dan Sikap Konselor Profesional Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 6(2), 84–101. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i2.457

Amalia, R. (2019). Empati Sebagai Dasar Kepribadian konselor. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(1), 56–58. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.350

Amalia, R. F., Badrujaman, A., & Tjalla, A. (2016). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Konseling Individual (Survei Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kecamatan Matraman, Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 87. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.051.13

Aminah, S. (2018). Pentingnya mengembangkan ketrampilan mendengarkan efektif dalam konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 108–114. https://doi.org/10.29210/120182203

Andrews, M., Prince, M., Finelli, C., Graham, M., Borrego, M., & Husman, J. (2021). Explanation and Facilitation Strategies Reduce Student Resistance to Active Learning. College Teaching, 1–11. https://doi.org/10.1080/87567555.2021.1987183

Arswimba, B. A. (2022). Kepuasan Klien Terhadap Layanan Cybercounseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 4(2), 13–22. https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i2.3257

Azzet, A. M. (2017). Bimbingan dan konseling di Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Literasi Nusantara.

Chalidaziah, W. (2019). Sasaran Dan Topik Pembahasan Self Disclosure Mahasiswa. Enlighten : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 112–121. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1363

Gladding, S. T. (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh (6 ed.). PT Indeks.

Haolah, S. (2018). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Pelaksanaan Konseling Individual. Jurnal Fokus, 1(6)(November), 1–23.

Ifdil. (2013a). Konsep Dasar Self Disclosure Dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 110–117.

Ifdil. (2013b). Konsep Dasar Self Disclosure dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling | Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, XIII(1). http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/84

Kaihatu, T. S., Daengs, A., & Indrianto, A. T. L. (2015). Manajemen Komplain. Penerbit Andi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Terj. : Benyamin Molan). Indeks.

Marimbun, M., & Pohan, R. A. (2021). Gambaran Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Negeri di Indonesia. ENLIGHTEN (Jurnal dan Bimbingan Konseling Islam), 4(2), 76–87. https://doi.org/10.32505/enlighten.v4i2.3365

Marpaung, J., & Adiningtiyas, S. W. (2021). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di SMA Kota Batam. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v4i1.12343

Mudjijanti, F. (2021). Tingkat Kepuasan Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Individual (Studi Empiris di SMK PGRI Wonoasri Kabupaten Madiun). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.200

Nurhayati, N., Rasimin, R., & Yusra, A. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Karakteristik Guru BK Sebagai Pemimpin dalam Konseling Kelompok. Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i1.11520

Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok yang berhasil. Ghalia Indonesia. http://repository.unp.ac.id/23821/1/BUKU%20LAYANAN%20KONSELING%20123.pdf

Primadasa, Y., & Amalia, V. (2017). Penerapan Metode Multi Factor Evaluation Process untuk Pemilihan Tanaman Pangan di Kabupaten Musi Rawas. Sisfo, 7(01), 47–58. https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2017.09.004

Putri, A. (2016a). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Konseling Untuk Membangun Hubungan Antar Konselor Dan Konseli. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 10. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.99

Putri, A. (2016b). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Konseling Untuk Membangun Hubungan Antar Konselor Dan Konseli. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 10. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.99

Rahayu, T. (2017). Tingkat Kepuasan Layanan Bimbingan Klasikal dan Konseling Individual Pada Siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(7), 293–307.

Schalkwyk, S. V., Cilliers, F., Adendorff, H., Cattell, K., & Herman, N. (2013). Journeys of growth towards the professional learning of academics: Understanding the role of educational development. International Journal for Academic Development, 18(2), 139–151. https://doi.org/10.1080/1360144X.2012.673490

Solehah, A. (2020). Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga [UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri]. https://repository.uinsaizu.ac.id/6953/

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Service, quality & satisfaction. Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v9i2.13232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 wan chalidaziah, Sabrida M Ilyas, Fatia Akla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :


Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Show My Stat