Efektifitas Layanan Bimbingan Karier Terhadap Perencanaan Karier Pada Santri Tingkat Akhir
Abstract
Tujuan Penelitian: Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan karier terhadap perencanaan karier pada santri tingkat akhir di Pondok Pesantren Al-Kautsar Pamekasan-Madura.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian pra eksperimen, yakni One Group Pretest – Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 14 orang santri, dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian membuktikan bahwa layanan bimbingan karier efektif untuk meningkatkan perencanaan karier pada santri tingkat akhir.
Kesimpulan: Layanan bimbingan karier efektif dalam: meningkatkan kemampuan perencanaan karier santri; mengembangkan kesadaran santri pada pentingnya perencanaan karier masa depan; membantu santri untuk memiliki pemahaman terhadap perencanaan karier berdasarkan atas minat dan kemampuan atau potensi diri; mendapatkan informasi yang memadai sebagai orientasi karier di masa depan. Maka dari itu, layanan bimbingan karier pada santri tingkat akhir, sangat penting diberikan karena dapat menunjang dalam memetakan arah karier setelah lulus dari jengjang SMA.
Implikasi: Layanan bimbingan karier bagi santri dapat membantu santri dalam merencanakan kariernya, sehingga santri mampu mengambil keputusan atas kariernya secara tepat sesuai dengan perencanaan karier yang optimal.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Andriani, M. W. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 68–77. https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13604
Babatunde, O. J. (2017). Effects Of Career Guidance And Career Counselling Techniques On Students Vocational Maturity. European Journal of Education Studies, 0(0). https://doi.org/10.5281/ZENODO.804066
Carrico, C., Matusovich, H. M., & Paretti, M. C. (2019). A Qualitative Analysis of Career Choice Pathways of College-Oriented Rural Central Appalachian High School Students. Journal of Career Development, 46(2), 94–111. https://doi.org/10.1177/0894845317725603
Datar, T., & Ahmad, A. (2019). The effect of career information service on improving students’ career understanding. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 5(2), 97. https://doi.org/10.26858/jppk.v5i2.7107
Han, Y. (2019). Research on College Students’ Entrepreneurship Education from the Perspective of Career Planning. 276–279. https://doi.org/10.2991/ecss-19.2019.56
Hanafi, I., Sa’idah, I., & Fakhriyani, D. V. (2021). Pengembangan Karier Berdasarkan Identitas Dan Aspirasi Karier Santri (Pendampingan Bimbingan Karier di Pondok Pesantren Al-Kautsar Pamekasan). PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.19105/pjce.v3i1.4341
Hartono. (2018). Bimbingan Karir (Cetakan Ke-2). Prenada Media.
Hasanah, H., Rahmawati, W. K., & Damayanti, N. E. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2017/2018. SUCCESS : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Pendidikan, 1(2), Article 2. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/success/article/view/263
Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Dalam Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, Nomor 1).
Lestari, D., & Supriyo. (2016). Kontribusi Minat Jurusan, Kualitas Layanan Informasi Karir, dan Pemahaman Karir terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan Karir. Dalam Jurnal Bimbingan Konseling (Vol. 5, Nomor 1). https://doi.org/10.15294/JUBK.V5I1.18520
Monika. (2018). The Effectiveness Of Career Guidance Program For Psychology Students. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.24071/ijiet.2018.020212
Muttaqin, R., Wagimin, W., & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Dalam Jurnal Bimbingan Konseling (Vol. 6, Nomor 2). https://doi.org/10.15294/JUBK.V6I2.21794
Nurihsan, A. J. (2018). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan (Cetakan Ke-6). Refika Aditama.
Prescod, D., Gilfillan, B., Belser, C., Orndorff, R., & Ishler, M. (2019). Career Decision-Making for Undergraduates Enrolled in Career Planning Courses. College Quarterly, 22(2).
Pustika, D., Astuti, I., & Suratman, D. (2019). Pengembangan Media Layanan Informasi Karir Berbasis Google Classroom Di Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Vol. 8, Nomor 12).
Rahma, U. (2010). Bimbingan Karir Siswa. UIN Maliki Press.
Salahudin, A. (2016). Bimbingan dan Konseling (Cetakan Ke-4). CV. Pustaka Setia.
Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. TABULARASA, 15(3), 316–327.
Srivastava, S. (2019). Modern Trends In Career Planning With Refernce To Today’s Vuca World. International Journal of Advance and Innovative Research, 6(1 (XXXIII)), 178.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukardi, D. K., & Kusmawati, N. (2010). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rineka Cipta.
Supriatna, M. (2009). Bimbingan Karir di SMK. UPI.
Surya, M. (1988). Dasar- Dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori). Kota Kembang.
Suwidagdho, D., Dewi, S. P., Mercu, U., Yogyakarta, B., & Yogyakarta, U. N. (2020). The challenge of career guidance and counseling during the covid-19 pandemic. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 7(2), 117–122.
Usman. (2020). Hubungan Layanan Bimbingan Karier Dengan Kesiapan Siswa Menghadapi Dunia Kerja Modern (Sebuah Studi Korelasional Di Smk Negeri 2 Barru). Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 12–19.
Walgito, B. (2011). Bimbingan Konseling (Studi dan Karir) (Cetakan Ke-3). Andi Offset.
Wardani, S. Y., & Trisnani, R. P. (2019). Efektifitas Modul Informasi Karier Dalam Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun (Vol. 0, Nomor 0).
Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi). Media Abadi.
Zakaria, A. F. (2018). Media Layanan Informasi Karir Sekolah Lanjutan Bagi Siswa (MELANKOLIS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Memilih Studi Lanjut Setelah SMP. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) Rekomendasi Citasi: Zakaria, Acep F, 2(2), 32–43.
Zhang, X., Gossett, C., Simpson, J., & Davis, R. (2019). Advising Students for Success in Higher Education: An All-Out Effort. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 21(1), 53–77. https://doi.org/10.1177/1521025116689097
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v9i2.12345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Diana Vidya Fakhriyani, Ishlakhatus Sa’idah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :
Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.