KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI OLEH SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Sarifah Hanum

Abstract


The results showed that the ability to write persuasive texts based on the aspect of issue recognition an average score of 71.7%, a series of arguments an average score of 74.16%, a statement of invitation an average score of 64.16%, reaffirmation an average score of 49 .6%, technical words score an average of 80.8%, and argumentative conjunctions score an average of 65.8%. So, the results show that grade VIII-5 students of SMP Negeri 4 Medan are categorized as sufficient in writing persuasive texts with the total average score of 66 and is in the sufficient category

Keywords


Ability to Write Persuasive Text.

Full Text:

PDF

References


Aprilian,Gista. 2019. Skripsi: Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasi Dengan Metode Thnk Talk Write pada Siswa Kelas VIII A Mtsn 3 Klaten Tahun Pembelajatan 2018/2019. Universitas Widya Dharma

Dalman, 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Djiwandono, Soernadi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

E. Kosasih. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia

E. Kosasih. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia

Hidayat, Syarifudin, dan Serdamayanti. 2002. Metodelogi Penelitian. Bandung: Mandar Maju

Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Muhaya, Siti. Dkk. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Analisis Pengunaan Kata Ajakan Dalam Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas SMP. Vol 2, No 3. 2019.

Mulyadi, Yadi dkk. (2016). Intisari tata bahasa Indonesia untuk SMP dan SMA. Bandung: Yrama Widya

Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurmalasari. Jurnal Bahasa dan Sastra: Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Siswa Kelas VIII MTsN 4 Palu. Vol 5, No 2. 2020

Rodearni Sri, Sudarti Nila. Jurnal Komunitas Bahasa: Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Persuasi. Vol 6, No 2. 2018

Sudjono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suparno, Yunus Muhammad. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Taniredja, T, dkk. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta

Tarigan. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v5i1.9909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: