PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI TANJUNG MORAWA
Abstract
Temuan penelitian ini telah membuktikan bahwa pembelajaran TGT lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu perlu dilakukan pembinaan atau pelatihan bagi guru agar penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat diterapkan dengan baik. Selain itu temuan ini juga memberikan implikasi bahwa kepada guru yang akan mengajar sangat menentukan dalam merancang pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran, termasuk mempersiapkan bahan dan peralatan yang akan digunakan sebelum pembelajaran dimulai, karena dengan cara ini siswa akan memperoleh situasi pembelajaran yang menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita Lie. (2002), Cooperative learning, mempraktekkan cooperative learning di ruang-ruang kelas, Jakarta Grasindo.
Arends, I Richard. (1994). Learning to teach. New York: MC Graw Hill.
Chalmers, A.F. , (1983), Apa Itu yang Dinamakan Ilmu ?, (Terjemahan Joesoep Isak) Jakarta : Hasta Mitra.
Djamarah, S. Bakri (1997), Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.
Gagne. (1997). The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Galib, La. Maronta (2002), Pendekatan Sains Teknologi Masayarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah. Jakarta : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 34 edisi Januari.
Good, Carter, Cart . AD, (1987), Development Supervision (Alternative Practice for Helping Teacher Improve Instuction), Virginia: AS CD.
Hamalik, Oemar. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta. Bumi Aksara.
________ (2003), Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.
Nana Sudjana. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Nasution. 1988. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: PT. Bina Aksara.
Poedjadi, Anna (1994 ), Konsep STS dan Pengembengannya Berdasarkan Kurikulum Sekolah, Bandung : Makalah Lokakarya Sains-Teknologi-Masyarakat di PPPG IPA, tgl. 11 – 12 Januari 1994.
Salim, (2014) Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media, Bandung
Sardiman, AM. (2003), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto (1998), Psikologi Belajar, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Slavin, E. Robert. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i1.7740
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: