PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI PEMBINAAN PENGAWAS DI KKG WILAYAH VI KECAMATAN SUNGGAL

Fatimah Hanum

Abstract


Berdasarkan observasi pada siklus 1, rata-rata observasi KKG guru
mendapat nilai 76 (C) Dari 26 orang guru, 4 orang (17%) mencapai nilai B, dan 22
orang (83%) mencapai nilai C. Rata-rata nilai skenario pembelajaran 75 (C). Dari 26
orang guru, 3 orang (12%) mencapai nilai B, dan 23 orang (88%) mencapai nilai C.
Rata-rata nilai pelaksanaan pembelajaran 77 (C).Dari 26 orang guru, 8 orang (31%)
mencapai nilai B, dan 18 orang (69%) mencapai nilai C. Berdasarkan observasi pada
siklus II, rata-rata observasi KKG guru mendapat nilai 84 (B) Dari 26 orang guru, 2
orang (8%) mencapai nilai A, dan 24 orang (92%) mencapai nilai B. Rata-rata nilai
skenario pembelajaran 84 (B ). Dari 26 orang guru, 2 orang (8%) mencapai nilai A,
dan 24 orang (92%) mencapai nilai B.Rata-rata nilai pelaksanaan pembelajaran 82
(B). Dari 26 orang guru, 1 orang (4%) mencapai nilai A, dan 25 orang (96%)


Keywords


Pembinaan Pengawas, Kemampuan Guru, Memanfaatkan Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Badru, Zaman, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. [Buku Materi Pokok PGTK

Modul 1-9]. Jakarta: Universiats Terbuka.

Ekowati, Endang. 2001. Stategi Pembelajaran Kooperatif. [Modul Pelatihan Guru

Terintegrasi Berbasis Kompetensi]. Jakarta: Depdiknas

Kasianto, I Wayan 2004 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan

Diskusi Kelompok. [Laporan Hasil PTK]. Tidak dipublikasikan

Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sarman, Samsuni. 2005. Implementasi Pendekatan Works Based Learning pada

Sumber Belajar Masyarakat dalam Pembelajaran IPS-Ekonomi. [Laporan Hasil

PTK]. Banjarmasin: Tidak dipublikasikan.

Sutrisno Hadi, 2000. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i2.6934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    

Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: