MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

Darno Darno

Abstract


Lembaga madrasah mempunyai andil besar dalam pergerakan arus perubahan sosial
Indonesia. Keberhasilannya sebagai sebuah institusi pendidikan Islam menegaskan
diri sebagai entitas yang ikut mencerdaskan bangsa. Keberhasilan pesantren yang
telah banyak melahirkan tokoh-tokoh agama, pejuang serta pemimpin masyarakat,
merupakan bukti bahwa pesantren berperan banyak dalam membangun Indonesia.
Perkembangan madrasah/pesantren saat ini tidaklah lepas dari adanya sistem
pendidikan yang jelas dan kurikulum yang terencana dengan baik. Karena
kurikulum merupakan alat yang sangat penting dalam keberhasilan suatu
pendidikan, maka perlu adanya perencanaan dalam penerapannya, tanpa adanya
kurikulum yang baik dan tepat, akan sulit untuk mencapai semua tujuan dan
sasaran pendidikan yang telah dicita-citakan. Untuk itu, manajemen mutu
pendidikan perlu dirumuskan secara matang agar mampu menghasilkan output
pendidikan yang berkualitas.


Keywords


Mutu Pendidikan, Madrasah, Manajemen, Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Ahmad, Pergerakan Relasi Kiai-Santri, Majalah Pesantren, Proyek Peningkatan

Pondok Pesantren Depag RI dan Lakpesdam NU, edisi IV/Th. I/2002

Asmani, Jamal Ma‟ruf, Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pen- didikan

Profesional: Panduan Quality Control Bagi Pelaku Lembaga Pendidikan,

(Yogyakarta: Diva Press, 2009)

Dhofier, Zamrkhasi, Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai, (Jakarta

LP3ES, 1984)

Hardoyo, Hafid, Kurikulum Tersembunyi Pondok Modern Darussalam Gontor,

dalam jurnal At-Ta‟dib, vol. 4. No. 2, (Ponorogo: Fakultas Tarbiyah ISID, 2011)

Hasibuan, Malayu S. P. , Manajemen; Dasar, Pengertian, dan Masalah. (Jakarta:

Bumi Aksara, 2001)

Ilyasin, Mukhamad & Nanik Nurhayati, Manajemen Pendidikan Islam, (Yogyakarta:

Aditya Media, 2012)

Ismail, Muhammad, Sistem Pendidikan Pesantren Modern Studi Kasus Pendidikan

Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dalam jurnal At-Ta‟dib, vol. 6.

No. 1, (Ponorogo: Fakultas Tarbiyah ISID, 2011)

Kartono, Kartini, Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Pradnya Pramita, 1997)

Komariah, Ann dan Cepi Triatna, Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif,

(Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Majdid, Nurcholis, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, (Jakarta:

Paramadina, 1997)

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur Nilai

Pendidikan, (Jakarta: INIS, 1994)

Muhaimin et. al, Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana

Pengembangan Sekolah/Madrasah, (Jakarta: Kencana, 2009)

Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu.

(Malang: UIN Maliki Press, 2010)

Mulyasa, E. , Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. (Jakarta: Bumi Aksara,

Munro, Lasley dan Malcolm, Menerapkan Manajemen Mutu Terpadu, (Jakarta: PT

Gramedia, 2002)

Nasution, M. N. , Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), (Jakarta:

Ghalia Indonesia, 2000)

Nawawi, Hadari, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: Gama Press,

, Cet-ke III

Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Modekl, dan Aplikasi, (Jakarta:

Grasindo, 2006)

Purnama, Nursya‟bani, Manajemen Kualitas: Perspektif Global, (Yogya- karta:

EKONISIA, 2006)

Qomar, Mujamil, Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju

Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, 2003)

Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu,

Rahmat, Jalaluddin, Nurcholish Majid, Jejak Pemikiran Dari Pembagaru

Sampai Guru, Cet. III, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003) Rohiat, Manajemen

Sekolah; Teori Dasar dan Praktik. (Bandung: Refika Aditama, 2008)

Sallis, Edward, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, terj. Ahmad Ali Riyadi dari

judul asli Total Quality Management in Education, (Jogjakarta: Ircisod, 2011),

cet ke-II

Sallis, Edward, Total Quality Management in Education, (London: Kogan Page

Limited, 1993)

Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Siswanto, B. , Pengantar Manajemen. (Jakarta: Bumi Aksara, 2005) Sopiatin, Popi,

Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. (Bogor: Ghalia Indonesia,




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i2.6925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    

Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: