STRATEGI PENGELOLAAN ORGANISASI PENDIDIKAN MELALUI SISTEM PENGELOLAAN KEBIJAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Untuk Peningkatan Kualitas SDM Pengelola Pendidikan)

Sahrul Tanjung

Abstract


Sudah saatnya masyarakat mulai berbenah diri untuk melakukan perubahan strategi
kebijakan pengelolaan lembaga pendidikan yang berorientasi pada pemikiran bisnis,
hal ini disebabkan karena pemerintah Indonesia memiliki keterbatasan keuangan
dalam melakukan investasi pendidikan, sehingga pengelolaan pendidikan nasional
kurang efektif.Dalam upaya menanggulangi situasi seperti tersebut perlu adanya
wacana sistem pengelolaan pendidikan sosial bergeser pada sistem pengelolaan
interprise yang berorientasi pada keungguln kompetitif dengan mengembangkan
prinsip bisnis yang terpusat pada kepuasan layanan pengguna jasa pendidikan.
Tentunya wacana strategi kebijakan pengelolaan keunggulan kompetitif tersebut
menjadi tantangan besar bagi setiap lembaga pendidikan di Indonesia dan akan
menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan masa depan.


Keywords


Pengelolaan Organisasi, Strategi Kebijakan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Charles M. Sloma. (1989). Marketing Management. New Delhi: Tata MacMilland

Ltd.

Clark W. Holoway dan James D. Hancock. (1988). Consumer Pratice of the Poor.

New York: McGraw-Hill Book Company

Fred R. Davis. (1995). Strategic Management. Englewood, Cliffs, New Jersey: Prentice

hall

James W. Cortada. (1996). Total Quality Managemant: Terapan dalam Manajemen

Sistem Informasi, Terjemahan Andi. Yogyakarta: Andi.

Jane C. Conrad. (1991). Satisfaction, Service and Quality for Buyer. Homewood,

Illinois: Richad D. Irwin

Jauch Gluck, Kaufman dan Walleck, 1982. Managing the Image. Califonia: Books

Kurt N. Syrett, (1987). Attitude and Customer Behavior. New Jersey: Prentice Hall

Madhakomala. (2000) Makalah Kosumerisme Pendidikan. Jakarta: UHAMKA

Manfull & Black. (1999). Marketing Analysis. London: Pitman Publishing.

Paul T. Boseman dan Rajav Phatak, (1982). Brand Loyalty. Massachusett: Addison

Wesley Publishing Company, Inc.

Robert D. Walters. (1974). The Powerfull Consumer. New York: Free Press

Tom D. Mouton. (1984). Social Marketing. Colombus, Ohio: Ronald Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i1.6919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: