PENGARUH MODEL PEMBIMBINGAN KAEDAH DAN AKTIFITAS SANTRI MENGHAFAL ALQURAN TERHADAP TAHFIZ ALQURAN DI MADRASAH HIFZIL QURAN YAYASAN ISLAMIC CENTRE MEDAN
Abstract
Madrasah Hifzil Quran Yayasan
Islamic Centre Medan pada kelas eksperimen dengan taraf signifikansi 5% diperoleh
koefisien korelasi (r) sebesar 0,622 dan tabelr sebesar 0,514. Karena nilai hitung r> tabelr atau 0,622 > 0,514 maka korelasi tersebut signifikan. Sedangkan hitung model pembimbingan kaedah dan aktifitas santri menghafal Alquran pada kelas kontrol memiliki pengaruh yang signifikan dan berarti terhadap tahfiz Alquran di Madrasah Hifzil Quran Yayasan Islamic Centre Medan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,609 dan tabelr sebesar 0,514. Karena nilai r hitung > tabelr hitung
atau 0,609 > 0,514 maka korelasi signifikan. Dengan demikian, pengaruh antara model pembimbingan kaedah dan aktifitas santri menghafal Alquran terhadap tahfiz Alquran di Madrasah Hifzil Quran Yayasan Islamic Centre Medan pada kelas eksperimen lebih besar daripada pengaruh antara model pembimbingan kaedah dan aktifitas santri menghafal Alquran terhadap tahfiz Alquran di Madrasah Hifzil Quran Yayasan Islamic Centre Medan pada kelas control atau 0,622 > 0,609.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:
Rineka Cipta.
As-Sirjani, Raghib & Abdurrahman Abdul Khaliq, (2008). Cara Cerdas Hafal Alquran,
Solo: Aqwam.
Az-Zawawi, Yahya Abdul Fattah, Revolusi Menghafal Alquran; Cara Menghafal,
Kuat Hafalan & Terjaga Seumur Hidup, Surakarta : Ansan Kamil, 2010
Badwilan , Ahmad Salim, (2009) Panduan Cepat Menghafal Alquran dan Rahasia-
Rahasia Keajaibannya, Jogjakarta: Diva Press.
Chamid, H. MA. Noer, (2002). Metode Praktis dan Mudah Menghafal Alquran,
Kendal :CV. MA Noer Chamid.
Kholil, Syukur, (2006). Metodologi Penelitian Komunikasi, Bandung : Citapustaka
Media.
Qasim, Amjad, (2010). Sebulan Menghafal Alquran, Solo : Zam-Zam, 2010
Syamsudin , Achmad Yaman, (2007). Cara Mudah Menghafal Alquran, Solo: Insan
Kamil.
Sardiman, A.M, I (1992). Nteraksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar, Jakarta :
Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i1.6916
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: