PENYUSUNAN DOKUMEN KURIKULUM 2013 DALAM KONTEKS KEKINIAN
Abstract
Substansi
hasil revisi dokumen Kurikulum 2013 meliputi (1) koherensi KI-KD dan
penyelarasan dokumen; (2) penataan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial
pada semua mata pelajaran; (3) penataan kompetensi yang tidak dibatasi oleh
pemenggalan taksonomi proses berpikir; dan (4) pemberian ruang kreatif kepada
guru dalam mengimplementasikan kurikulum. Dalam membekali siswa dengan
keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan terdapat empat poin perubahan
Kurikulum 2013 revisi 2017, yakni (1) PPK, (2) literasi dasar, (3) kompetensi 4C,
dan (4) HOTS yang pelaksanaannya diintegrasikan dalam perencanaan dan proses
pembelajaran. Penyusunan, validasi/verifikasi, dan pengesahan Buku-1 Kurikulum
2013 yang masing-masing dilakukan kepala sekolah/TPK sekolah, pengawas
manajerial, dan Bidang Pembinaan Sekolah/Seksi Kurikulum menggunakan
pedoman tentang Buku-1 Kurikulum 2013 yang kekinian dan memiliki pemahaman
yang sama. Penyusunan, pengesahan, dan supervisi RPP yang masing-masing
dilakukan guru mata pelajaran, kepala sekolah, dan pengawas akademik selayaknya
menggunakan acuan petunjuk penyusunan RPP Kurikulum 2013 yang kekinian dan
memiliki pemahaman yang sama, sinkron, dan sinergis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budhiman, Arie. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta:
Kemdikbud.
Diva Pendidikan. 2017. Empat Poin Penting dari Kurikulum 2013. http://Empat
Poin Penting dari Kurikulum 2013 Revisi 2017_RPP Kurikulum 2017 Revisi
htm.(11 Nop. 2017).
Kemdikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah
Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen.
---------. (2017a). Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah
Pertama (Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013). Jakarta: Satgas
GLS Ditjen Dikdasmen.
---------. (2017b). Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan
Dasar dan Menengah, Ditjen GTK.
Krissandi, Apri Damai Sagita, dan Rusmawan. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar
dalam Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan,
Oktober 2015, Th. XXXIV, No. 3:457-467.
Nurfuadah, Rita Nadia. (2014). 10 Masalah Utama Kurikulum 2013. Okezone News.
html (11 Nop. 2017).
Soffel, Jenny. (2016). What are the 21st-Century Skills Every Student Needs? World
Economic Forum. http://www.google.com (4 Nop. 2017).
Toriq, Muhammad. (2014). Kesulitan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP). http://lagibelajargoblog.blogspot.co.id/2014/10/
kesulitan-guru-dalam-menyusun-rencana_24.html (11 Nop. 2017).
Trilling, Bernie, and Charles Fadel. (2009). 21st Century Skills, Learning for Life in
Our Times. San Fancisco: Jossey-Bass, A Wiley Imprint.
http://www.josseybass.com (4 Nop. 2017).
USAID PRIORITAS. (2013). Praktik yang Baik di Sekolah Menengah
Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS) I. [Modul Pelatihan]. Jakarta: RTI
International, EDC Learning Transforms Lives, and World Education.
---------. (2014). Praktik yang Baik di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah (SMP/MTS) II. [Modul Pelatihan]. Jakarta: RTI International, EDC
Learning Transforms Lives, and World Education.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i1.6914
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: