ANALISIS KEBERHASILAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN TUNTUTAN PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Moch. Tohet, Ismiatul Mukarromah, M. Mahbubi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keberhasilan Kurikulum Merdeka dalam memenuhi tuntutan pembentukan karakter peserta didik, khususnya dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Kalikajar II No. 12 telah berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang cukup signifikan dalam pembelajaran, terutama dalam aspek perubahan peran pendidik, keterlibatan peserta didik, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya kemandirian dalam belajar, kreativitas, serta pengembangan karakter peserta didik, dengan memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk menentukan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, dapat membantu peserta didik berkembang menjadi individu yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia, sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Selain itu, untuk mengukur tingkat keberhasilan Kurikulum Merdeka dengan tuntutan pembentukan karakter pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dapat dilakukan secara holistik melalui tes pengetahuan, observasi sikap dan perilaku, serta portofolio yang merefleksikan perkembangan karakter peserta didik secara menyeluruh.

Keywords


Kurikulum Merdeka; Pembentukan Karakter; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v8i2.24287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Benchmarking

Benchmarking: Journal of Islamic Education Management been indexed by:

    

 

Organizational Collaboration:

  

 

Jurnal Hijri by Master of Islamic Education Management Program, FITK, State Islamic University of North Sumatra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.