MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN SERTA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 SIMPANG EMPAT PEDU KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR, INDONESIA

Sefria Nisa

Abstract


Sarana dan prasarana adalah faktor pendukung yang sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini membahas peran penting sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran serta meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 1 Simpang Empat Pedu. Permasalahan utama  yang dihadapi di SD Negeri 1 Simpang Empat Pedu adalah kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pentingnya sarana dan prasarana untuk memajukan kualitas pendidikan. Implikasi dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya sarana dan prasarana sebagai penunjang proses pembelajaran serta peningkatan kualitas pendidikan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif meliputi pengamatan langsung serta wawancara dengan guru SD N 1 Simpang Empat Pedu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya sarana dan prasarana menjadi penghambat utama dalam melakukan proses pembelajaran serta meningkatkan kualitas pendidikan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa sarana dan prasarana berperan penting dalam peningkatan kualitas pendidikan dan sebagai penunjang mekanisme pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v8i1.20297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Benchmarking

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    

Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: