ASPEK-ASPEK EPISTEMOLOGI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aditya, D. Y., Nurmantoro, M. A., Kamali, A. S., Mustakim, U. S., & Nur, I. A. (2023). Manajemen Pendidikan dalam Kajian Epistemologi. Jurnal Kajian Pendidikan, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.57121/meta.v5i1.49
Al-Attas, S. M. N. (2014). Prolegomena to the Metaphysics of Islam: An Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam (1 ed.). ISTAC.
Al-Ghazali, A. M. bin M. (1986). al-Risālah al- Ladunniyah”, dalam Majmū`ah Rasā’ilal-Imām al-Ghazāli (3 ed.). Dar al- Kutub al-`Ilmiyyah.
Arfan, F. (2022). Menelusuri Jejak Pemikiran Konsep Akhlak Al-Ghazali Dan Ibn Miskawayh Dalam Aspek Emosi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(2), 129–155. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/aulad/article/download/122/106
Aruyan, S., Zid, M., & Sya, A. (2022). Epistemologi dalam Pembelajaran Geografi. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1), 139–144. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2737
Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah: DIDADIKTA, 19(1), 34–49. https://doi.org/10.22373/jid.v19i1.4193
Bakhtiar, A. (2015). Filsafat Ilmu. Raja Grafindo Persada.
Fauzi, A. (2015). Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual: Suatu Telaah Diskursif. EMPIRISMA, 24. https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i2.16
Ferianto, Nida’ul, M., Makbul, Nurlaeli, A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam (1 ed.). CV. Mangku Bumi Media.
Haitu, M. H. (1988). Al-Ijtihad Wa Tabaqat Mujtahidi Al- Shafi`iyyah. Muassasah Al-Risalah.
Harahap, A. S. (2020). Epistemologi : Teori , Konsep dan Sumber-Sumber Ilmu dalam Tradisi Islam. Dakwatul Islam, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v5i1.204
Harianto, B. (2023). Filsafat ilmu. Diktat.
Ilyasin, M. (2016). EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM MONOKOTOMIK: Menakar Manajemen Pendidikan Paripurna Berbasis Rasionalistik-Wahyuistik. At-Turas: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 71–87. https://doi.org/10.33650/at-turas.v3i1.183
Iman, M. S. (2018). Epistemologi Kebudayaan dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbiyatuna, 9(2), 99–106. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i2.2297
Indrioko, E. (2020). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 9(1), 20–36. https://doi.org/10.30821/hijri.v9i1.7412
Lase, E. K., & Purba, F. J. (2020). Alkitab Sebagai Sumber Pengetahuan Sejati Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen : Sebuah Kajian Epistemologi. Jurnal Abdiel : Khazanah Pemikiran Teologi , Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja, 4(2), 149–166. https://doi.org/10.37368/ja.v4i2.145
Octaviana, D. R., & Ramadhani, R. A. (2021). HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 5(2), 143–159. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.227
Oemar Hamalik. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (1 ed.). Bumi Aksara.
Qomar, M. (2016). Epistemologi Pendidikan Islam, Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik (3 ed.). Erlangga.
Rodrigues, L. E. (2012). Epistemology : A Contemporary Introduction to The Theory of Knowledge. Sciendo, 4(33). https://doi.org/10.2478/disp-2012-0017
Saebani, B. A., & Komaruddin, K. (2016). Filsafat Manajemen Pendidikan (1 ed.). CV. Pustaka Setia.
Salahudin, R. (2020). Kerangka Epistemologi Ilmu dalam Psikologi. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 1(1), 21–39. https://jims.umsida.ac.id/index.php/jims/article/view/227
Sarwono, J. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (2 ed.). Suluh Media.
Siagian, S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (1 ed.). Bumi Aksara.
Susanto, A. (2019). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian Dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis (10 ed.). Bumi Aksara.
Uthman, M. Z. (1998). Latāif al-Asrār Li Ahl Allāh al-Atyar Karangan Nūr al- Din al-Raniri: Satu Tinjauan Epistemologi Dalam Falsafah Epistemologinya (H. Awang (ed.); 1 ed.). Akademi Pengajian Melayu.
Vera, S., & Hambali, R. Y. (2021). Aliran Rasionalisme dan Empirisme dalam Kerangka Ilmu Pengetahuan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 59–73. https://doi.org/10.15575/jpiu.12207
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v7i2.18369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: