INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI PROGRAM UNGGULAN DAN KEGIATAN DI SMAN 1 PULAU PUNJUNG

Deviana Setia Ningrum

Abstract


Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang  memberikan layanan berbagi gambar atau video secara online. Instagram menyajikan layanan gratis, mudah dioperasikan, dan mudah dikoneksikan dengan media sosial lain. Mengingat banyaknya pengguna media sosial ini, Instagram juga dijadikan media promosi dari berbagai instansi bisnis, swasta maupun pemerintah. Selain itu, media sosial ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai program unggulan dari suatu intasi atau lembaga pendidikan. Salah satunya adalah akun @osissman1pulaupunjung yang memanfaatkan instagram untuk memberikan sosialisasi mengenai program-program unggulan sekolah dan juga kegiatan sekolah lainya kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Instagram sebagai media sosialisasi program unggulan SMAN 1 Pulau Punjung pada akun @osissman1pulaupunjung. Pendektatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Sumber data yang didapatkan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui studi kasus dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Instagram sebagai media sosialisasi program unggulan sekolah maka tugas humas yaitu mempublikasikan kegiatan dan program yang dijalankan di sekolah. Namun, penggunaan instagram masih kurang efektif dalam hal interaksi karena masyarakat hanya melihat-lihat.


Keywords


Promosi, Program, Sosialisasi, Instagram

Full Text:

PDF

References


Afkarina, N. I. (2018). Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendidikan. Jurnal Idaarah, Vol. 2, No. 1, 52.

Faridah, S. (2020). Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Meningkatkan citra Publik Lembaga Pendidikan Pada Masa Pandemic Covid-19. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 7, No. 2, 129-139.

Febrianti, D. F., & dkk. (2019). Strategi Hubungan Masyarakat Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Kutai Kartanegara. Ejournal Ilmu Komunikasi Vol.7 No.1, 308.

Fithriani. (2019). Manajemen Hubungan Masyarakat Dengan Lembaga Sekolah. Jurnal Ar-Raniry, 6.

Fitri, D. Z. (2020). Pengertian, Prinsip & Teknik, Proses,Dan Peran Personil Sekolah Dalam Administrasi Hubungan Sekolah Dan Masyarakat. . Administrasi Husemas, 1.

Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No.2, 104-114.

Harini, I. N., & Karwanto. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol. 4 No. 4, 8-20.

Istikoroh, A. (2019). Model Karakter Kepemimpinan Dalam Manajemen Hubungan Masyarakat Di Lembaga Pendidikan. Jurnal kependidikan. vol.1. no. 7, 2.

Margaretha, L., & Sunarya, D. M. (2017). Instagram Sebagai Media Sosialisasi 9 Program Unggulan Pemerintah (Studi Kasus pada Bagian Hubungan Masyarakat Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada Instagram @kemenkopUKM). Communication VIII, Nomor 2, 88-105.

Marziqon, T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id.

Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membangun Branding Image. Pedagogik Vol. 3 No. 2, 58-72.

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: SEbuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No. 2, 40.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Konsepsi, dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samsuni. (2017). anajemen Sumber . Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keiskaman dan Kemasyarakatan Vol. 17 No. 1, 113-1224.

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Hubungan Masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol. 7 No. 2, 199-207.

Sherief, S. (2014). Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2012). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syam, A. R., & Hidayat, M. C. (2019). Peran Bagian Public Relations Dalam Meningkatkan Reputasi Lembaga Pendidikan Di Era Otonomi Pendidikan. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 1 , 3.

Wandira, T. A., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Emotional Freedom Technique. Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id, 3.

Zubair, F., Retasari, D., & Kadarsiman, A. (2018). Strategi Komunikasi Publik Dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan Ptnbh. Profetik Jurnal Komunikasi 11, no. 2, 78-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v6i1.14408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: