PERUBAHAN KURIKULUM DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 15 PULAI ANAK AIR BUKITTINGGI

Deviana Setia Ningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perubahan kurikulum dan implementasi kurikulum merdeka di SDN 15 Pulai Anak Air Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh yaitu perubahan kurikulum dapat membawa pengaruh positif dan negatif bagi mutu dan kualitas pendidikan. Dampak positifnya yaitu peserta didik dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Sedangkan dampak negatif dari perubahan kurikulum menimbulkan masalah baru seperti menurunnya prestasi akademik peserta didik. Oleh karena itu, perubahan kurikulum perlu disikapi dengan bijak. Selain itu, SDN 15 Pulai Anak Bukittinggi dinilai cukup baik dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Sekolah selalu melakukan upaya peningkatan dan evaluasi agar pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Keywords


Kurikulum, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Angga dkk. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basucedu. Vol. 6. No. 4

Asmariani. (2014). Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Afkar. Vol. 3. No. 2

Bahri, Syamsul. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol. 11. No. 1

Kemendikbud. (2022). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta.

Kurniawan, Aris. (2011). Masalah Pendidikan Di Indonesia: Dampak Perubahan Kurikulum. Diperoleh dari academia.edu.

Nugraha & Supriatna,Tono. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum. Vol.19, No 2

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Rouf dkk. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah; Konsep, Model, Dan Implementasi. Jurnal Al-Ibrah. Vol. 5. No. 2

Saleh, Meylan. (2020). Merdeka Belajar Di Tengan Pandemi Covid-19. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. Vol. 1, No, 1

Setiawati, Fenty. (2022). Dampak kebijakan perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah. Jurnal Nizamul ‘Ilmi. Vol 07. No 1

Zaini, Muhammad (2009). Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta:Teras.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v7i1.14406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: