STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMA SWASTA UISU MEDAN
Abstract
Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kepemimpinan kepala sekolah di SMA Swasta UISU Medan, 2) Bagaimanakah efektivitas penyelenggaraan pembelajaran, dan 3) Apakah strategi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran.Tujuan penelitian ini mengungkap bagaimana kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik triangulasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi ke lapangan. Kepemimpinan kepala sekolah adalah cara atau usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing dan mengarahkan guru, staf, siswa atau orang tua siswa dan pihak yang terkait untuk melakukan suatu tindakan dengan sukarela dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah adalah kepemimpinan demokratis.Ia selalu bermusyawarah terlebih dahulu apabila hendak mengambil suatu keputusan agar tidak terjadi konflik antara atasan dengan bawahan. Efektivitas pembelajaran dan strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di antaranya adalah memotivasi guru untuk kreatif dan inovatif, mengikuti pelatihan, workshop maupun seminar guru, dan melakukan supervisi terhadap efektivitas pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v1i1.1112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Benchmarking
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: