UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BIDANG STUDI MATEMATIKA MELALUI KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) MINI DI SD NEGERI136537 KOTA TANJUNGBALAI

Mailina Mailina

Abstract


The results of the implementation of school action research that takes place in 3 research cycles can be concluded: 1) Training in the form of Mini KKG and guidance on the application of PAKEM approach has added to the understanding (insight) and skills of elementary teachers. State 136537 on the importance of implementing pakem approach in classroom learning; 2) The results of the analysis showed that training activities in the form of KKG Mi ni provided more knowledge for teachers about PAKEM approach materials, while the improvement of teacher skills in PAKEM pan-raisers in the classroom was more widely obtained.

Keywords


Pakem, Teacher Working Group (KKG) Mini

Full Text:

PDF

References


Bahan Workshop KTSP, Pengembangan Bahan Ajar dan Media, Depdinas 2007

Bobbi DePorte & Mike Hernacki. (2000) Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung

Depdiknas. (2003) Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta

Depdiknas. (2005) Paket Pelatihan 1 Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar melalui Manajemen Berbasis Sekolah, Peran Serta Masyarakat, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Depdiknas. Jakarta

Indonesia (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Silberman, Melvin L (2002). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran. Yappendis. Yogyakarta

Suwarsih Madya, Prof. Dr. (2007) Penelitian Tindakan Kelas. www.ktiguru.Org

Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk (1995). Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta : Diknas

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005

Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

https://www.google.com/search?q=istilah+pakem&sxsrf=AOaemvINjR8xVvhNX5pvMYFQ3FKvSo8qFA%3A1632471038827&source=hp&ei=_odNYez3L4Hs9APooK

https://www.google.com/search?q=apa+yang+dimaksud+dengan+kkg&sxsrf=AOaemvINjR8xVvhNX5pvMYFQ3FKvSo8qFA%3A1632471038827&source=hp&ei=

https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-pakem-pembelajaran-aktif-kreatif-efektif-menyenangkan/

https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/kkg/#Pengertian_KKG




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v4i2.10147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: