THE APPLICATION OF NUMBER FISHING GAME TO IMPROVE BASIC MATHEMATICS ABILITY

Masganti Sit, Yusnaili Budianti, Rahmah Mulyani

Abstract


Abstrak:

Kemampuan Matematika permulaan merupakan kemampuan anak untuk berfikir logismatematis dan berkaitan dengan bilangan cacah. Pengamatan awal pada anak usia 5-6 tahun di RA Khairin Islamic School ditemukan bahwa kemampuan Matematika permulaan anak tergolong rendah dan kegiatan pembelajarannya berpusat pada guru sehingga anak tidak aktif menemukan konsep dan tidak ada pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Padahal karakteristik anak usia dini adalah belajar melalui bermain. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan Matematika permulaan dengan menerapkan permainan memancing angka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini sebanyak 21 orang anak usia 5-6 tahun di RA Khairin Islamic School. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan permainan memancing angka (sebagai tindakan) berhasil meningkatkan kemampuan Matematika permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Hal tersebut ditandai dengan tercapainya skor persentase ketuntasan klasikal sebesar 90,4% pada siklus II. Penemuan lain dari hasil penelitian ini, yaitu: respon anak saat memancing angka sangat senang, antusias, aktif, dan memahami Matematika permulaan dengan konsep nyata. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan kepada guru ataupuh penelitian lainnya untuk menerapkan permainan memancing angka untuk meningkatkan kemampuan Matematika permulaan dan menjadikan konsep Matematika menjadi lebih nyata bagi anak.

 

Kata Kunci:

Kemampuan Matematika Permulaan, Permainan Memancing Angka, Pendidikan Matematika

 

Abstract:

The Basic mathematics Ability is pupils ability to think logical mathematical and is related to whole numbers. Preliminary observations on pupils aged 5-6 years at RA Khairin Islamic School, pupils basic mathematics abilities were relatively low and their learning activities were teacher-centered so that pupils did not actively find concepts and there were no enjoyable and meaningful learning experiences. Though the characteristics of early childhood are learning through playing, he purpose of this study is to improve the basic mathematics abilities by implementing a number fishing game. The research method used was classroom action research. The subjects in this study were 21 children aged 5-6 years at RA Khairin Islamic School. The results showed that: the application of number fishing game (as action) to improve basic mathematics ability of pupils aged 5-6 years. this is indicated by the achievement of a classical percentage ability score of 90.4% in cycle II. The other findings, pupil's responses when fishing for numbers were very happy, enthusiastic, active, and understood basic Mathematics with real concepts. Thus, this research suggests to the teacher or other research to apply the game of number fishing to improve the basic Mathematics ability and to make the Mathematics concept more real for children.

 

Keywords:

Basic Mathematics Ability, Number Fishing Game, Mathematics Education


Full Text:

PDF

References


Agustin, W., & Mas’udah. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif melalui permainan memancing angka pada anak kelompok b tk pembina putra Surabaya. Jurnal PAUD TERATAI, 8(1), 1-4.

Apsari, I., & Suryana, D. (2019). Improving the ability to know the concept of numbers through the game of fishing numbers in integrated islamic kindergarten adzkia iii Padang. Education and Humanities Research, 449(1), 101-106.

Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran berhitung permulaan di tk. Jakarta: Depdiknas.

Faizah, N., & Hasibuan, R. (2014). Meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui metode bermain memancing angka pada kelompok b ra an nur. Jurnal Pesona PAUD, 3(1), 1-6.

Hartati, S. (2015). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Hartini, P. (2012). Peningkatan kemampuan matematika anak melalui media permainan memancing angka di taman kanak-kanak fathimah Bukareh Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1-10.

Irawati, R. M. (2012). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan memancing angka di taman kanak- kanak sangrina bunda Pasar Tiku. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 1(3), 1-12.

Izzati, R. E. (2017). Perilaku anak prasekolah. Jakarta: Gramedia.

Izzaturrohmaniyah, Asfiyak, K., & Anggraheni, I. (2019). Penerapan permainan memancing angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok a raudhatul athfal al amin bonangan Pakis Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 57–64.

Katmada, A., Mavridis, A., & Tsiatsos, T. (2014). Implementing a game for supporting learning in mathematics. Electronic Journal of E-Learning, 12(3), 230-242.

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing. https://doi.org/10.1016/S0262-8856(98)00132-2

Khadijah, & Armanila. (2017). Permasalahan anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.

Maisarah. (2019). Matematika dan sains anak usia dini (edisi revisi). Medan: Akasha Sakti.

Nadhiroh, U., & Sudarto, Z. (2017). Permainan memancing terhadap kemampuan konsentrasi anak autis di tk putra harapan Sidoarjo. Jurnal: Pendidikan Khusus, 9(3), 1-11.

Noermayanti, S., & Hasibuan, R. (2017). Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 melalui permainan memancing pada anak usia 3-4 tahun di kb tunas bangsa kedungturi Gudo Jombang. Jurnal PAUD TERATAI, 6(3), 1–5.

Nurani, Y., & Sujiono. (2016). Metode perkembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Piaget, J., & Inhelder, B. (1969). The psychology of the child. London: Routledge & Kegan Paul.

Ramli, M. (2015). Pendampingan perkembangan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Runtukahu, T., & Kandou, S. (2017). Pembelajaran Matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sit, M. (2015). Psikologi perkembangan anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.

Suyadi. (2015). Psikologi belajar anak usia dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Triharso, A. (2013). Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: Andi Ofset.

Witrimus, & Reswita. (2019). Pengaruh permainan memancing ikan terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di paud sps mutiara belia Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 19–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Masganti Sit, Yusnaili Budianti, Rahmah Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.