PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VBA (VISUAL BASIC APPLICATION) FOR POWERPOINT PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTS LAB IKIP UMN AL-WASHLIYAH
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran menggunakan VBA for Powerpoint yang valid, praktis dan efektif pada materi segi empat di kelas VII MTs Lab IKIP UMN Al-Wasliyah tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket respon siswa dan guru serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran sebesar 4,54 dengan kategori sangat baik/valid. Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 90.6% dengan kategori sangat kuat dan respon guru sebesar 92% dengan kategori sangat kuat. Keefektifan setelah menggunakan media pembelajaran meningkat sebesar 60% dan setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa t-hitung= 15,664 dan t-tabel= 2,064 sehingga adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest karena t-hitung > t-tabel begitu juga dengan N-gain diperoleh sebesar 0,505 dengan kategori sedang yang berarti bahwa media VBA for Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, VBA for Powerpoint, Segi Empat
Abstract:
This study aims to develop and produce learning media using VBA for Powerpoint that are valid, practical and effective on rectangular material. In class VII MTs Lab IKIP UMN Al-Wasliyah in the 2019/2020 school year, totaling 25 students. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Data collection instruments include validation sheets, student and teacher response questionnaires and learning achievement tests. The results showed that the validity of learning media was 4.54 with a very good / valid category. The practicality of instructional media from student responses amounted to 90.6% with very strong categories and teacher responses by 92% with very strong categories. The effectiveness after using the learning media increased by 60% and after the t-test was obtained that t-count = 15,664 and t-table = 2.064 so that there was a significant difference between the pretest and posttest values because t-count > t-table as well as N -gain obtained by 0.505 with the medium category which means that the VBA for Powerpoint media can improve student learning outcomes
Keywords:
Learning Media, VBA for Powerpoint, Rectangular
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arsyad, Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asrul, dkk. (2014). Evaluasi pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Baharuddin. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sekolah menengah kejuruan terhadap efektif dan efisiensi pembelajaran. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 115-126.
Jaya, Indra & Ardat, A. (2017). Penerapan statistik untuk pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Marfuah, Siti, dkk. (2019). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpoint disertai visual basic for application materi jarak pada bangun ruang kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 41-48.
Mubarok, M. U. & Zahroh, U. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan powerpoint vba materi sistem persamaan linear tiga variabel. Prosidang Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami,2(1), 38-45.
Nismalasari, dkk. (2016). Penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran harmonis. Jurnal Edusains, 4(2), 74-94.
Rangkuti, Ahmad Nizar. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, PTK, dan penelitian pengembangan. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. (2014). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk & Agung, Leo. (2012). Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianisa, R. & Susana. (2016). Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi ruang sisi datar di kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 429-436.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hikmah Maulida Sari Nst, Yahfizham Yahfizham, Siti Maysarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.