PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. 2007. Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/ Buku Satu. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. 2008.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eggen, P dan Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Terjemahkan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: Indeks.
Cahyo, A. N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta:Diva Press.
Husna, Ikhsan, M. dan Fatimah, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Jurnal Peluang.,Vol. 1, No.2, (Online), (www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1061, diakses 17 Juni 2015).
Ikhsanudin. 2014. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbatuan WINGEOM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA. Jurnal AKSIOMA. Vol.3, No.1, (Online), (http://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/matematika/article/view/380/332, diakses 7 Juli 2018).
Mahmudi, A. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, Yogyakarta , 17 April.
Rahayu, R. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Percut Ar Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Medan: Tesis PPs UNIMED. Tidak diterbitkan.
Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Santika,S. 2016. Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan program Geometer’s Sketchpad terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 2, No.1, (Online), (jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/download/155/116, diakses 7 Juli 2018).
Santoso, F.G.I. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Berprestasi Belajar Matematika Siswa, Jurnal FMIPA, (Online), Vol. 1, No.2,(ikippgrimadiun.ac.id/ejournal/id/node/873, diakses 4 April 2014).
Sari, S., Elniati, S., dan Fauzan, A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No.3, (Online),(ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/.../882, diakses 19 Juni 2015).
Suprapto. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Indonesian Digital Journal of Mathematics Education.Vol.2, No.3, (Online), (http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wpcontent/uploads/2016/01/3_Suprapto.pdf, dikases 6 Juni 2018).
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Tanti Jumaisyaroh Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.