PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBASIS BRAIN-GYM
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Bistari. 2010. Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, (online), Vol. I No.1, hal 11-23, (http://jurnal.untan.ac.id/index.php-/PMP/article/download/148/148, diakses 11 Februari 2014).
DePorter,B & Hernacki, M. 2000. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hiemstra. 1994. Self-Directed Learning. In T. Husen & T. N. Postlewaite (Eds), The International Encyclopedia of Education (second edition) Oxford: Porgomon Press, (online), (http://ccnmtl.columbia.edu/projects/pl3p/Self-Directed%20Learning.pdf, diakses 13 Februari 2014).
Hudojo, H. 1988. Mengajar belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Kang, S., Dong, J., & Jong, J. 2003. A Development of the Test for Mathematical Creative Problem Solving Ability. Journal of the Korea Society of Mathematical Education Series D: Research in Mathematical Education , (online), Vol. 7, No. 3, 163–189. (http://www.mathnet.or.kr/mathnet /kms_tex/-981204.pdf, diakses 28 Januari 2014).
Katminingsih, Y. 2005. Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa SD pada Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Cakrawala. (online), (http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/23/1/Jurnal_cakrawala_YunI.-pdf diakses 5 Oktober 2013).
Lambertus., Arapu, L., & Patih, T. 2013. Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4 No 1, (online), (http://jurnal-pmat.webs.com/JUR07_LAMBERTUS_73_82_JAN2013.pdf, diakses 24 Januari 2014).
Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA , Manado, 30 Juni – 3 Juli 2010, (online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files-/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20-S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah% 2014%20ALI%20UNY%20Yogya%20for%20KNM%20UNIMA%20_Mengukur% Kemampuan%20Berpikir %20Kreatif%20_.pdf, diakses 20 Januari 2014).
Munandar,U. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
NCTM. 2000. Principles and Standards for school Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Pehkonen, E. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM Volum 29 Number 3, Electronic Edition ISSN 1615-679X, (online), (http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a1.pdf, diakses 11 Februari 2014).
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shimada, S. & Becker, J.P. 1997. The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Reston, VA: National Council of Theachers of Mathematics.
Silver, E.A. 1997. “Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing”. Tersedia: http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a3.pdf . [13 Februari 2014].
Siswono, T.Y.E. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains”, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun X, No. 1, ISSN 1410-1866, hal 1-9. (online), (http://tatagyes.files.word-press.com/2009/11/paper05_problemposing.pdf, diakses 28 Januari 2014).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Supardi. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3): 248-262. ISSN: 2088-351X, (online), (http://portal.kopertis3.or.id/bitstream/123456789/1598/1/9.%20Supardi%20248-262.pdf, diakses 26 Desember 2013).
Suryabrata. S. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Yanuarita. A. 2012. Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak (Brain Gym). Yogyakarta: Teranova Books.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Siti Salamah Br. Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.