Developing Proteus video tutorials as interactive mathematics learning media based on a realistic approach
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasongko, N. (2019). Pemanfaatan media video tutorial sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi pada peserta didik kompetensi keahlian tkr smk. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 829–834. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/674
Agustin, N.K., Waluya, S.B., & Kharisudin, I. (2023). Systematic literature review: pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada rentang tahun 2016-2023. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 329–345. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/SEMANTIK/article/view/1888
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Angraini, L.M., & Muhammad, I. (2023). Analisis bibliometrik: tren penelitian rme dalam pembelajaran matematika selama pandemi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 224. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.7817
Arbain, Sirad, L.O., & Halidin. (2024). Efektivitas video pembelajaran berbasis geoGebra dalam kelas virtual terhadap pemahaman konsep bangun ruang. Mathema Journal, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2875
Asma, N., Ikhsan, M., & Hajidin. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri dengan pendekatan realistic mathematics education (rme) berbantuan cabri 3d. Jurnal Peluang, 7(1), 86–93. https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13740
Asma, N., & Khairunnisak, K. (2023). Kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning berbasis literasi digital pada mata kuliah aljabar linier dan matriks. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 180–188. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.7467
Asmara, A., & Ali, M. (2016, September 22). Praktik Teknik Digital Dengan Software Simulasi Proteus. SCRIBD. https://www.scribd.com/doc/301461725/Modul-Pelatihan-Praktik-Teknik-Digital-Dengan-Software-Proteus
Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan e-modul interaktif materi persamaan lingkaran berbasis realistic mathematics education berbantuan geogebra. Jurnal Aksioma, 9(4), 1099–1111. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123
Firmandha, M.C. (2019). pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial proteus 8 profesional pada mata pelajaran penerpan rangkaian elektronika di jurusan tei smk nu 1 sukodadi lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(2), 253–260. https://doi.org/10.26740/jpte.v8n2.p%25p
Hamada, M., & Hassan, M. (2017). An interactive learning environment for information and communication theory. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(1), 35–59. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00603a
Handayani, D., & Rahayu, D.V. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan apk builder untuk pembelajaran matematika kelas x materi proyeksi vektor. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126
Kemendikbud. (2022). Capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka. https://bit.ly/49NDxi4
Kholis, N., Syariffuddien Zuhrie, M., & Rahmadian, R. (2018). Innovation online teaching module plus digital engineering kit with proteus software through hybrid learning method to improve student skills. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 336(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/336/1/012036
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (lkpd) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk Peserta didik kelas x sma/ma. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Matsun, M., Boisandi, B., Sari, I.N., Hadiati, S., & Hakim, S.L. (2021). Use of arduino microcontroller and proteus software in physics lesson in review of mathematics ability and critical thinking skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 20–27. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.916
Nguyen, T.T., Tong, D.H., Uyen, B.P., Ngan, L.K., Khanh, L.T., Tinh, P. T. (2021). Realistic mathematics education’s effect on students’ performance and attitudes: a case of ellipse topics learning. European Journal of Educational Research, 11(1), 403–421. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.1.403
Nurhayati, S.E., Supratman, S., & Rahayu, D.V. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan canva for education dengan pendekatan rme untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3627. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8257
Pramitasari, E., Mustaji, & Harwanto. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif gerbang logika mata pelajaran dasar listrik dan elektronika bagi siswa kelas x di smkn 1 jetis mojokerto. Lembaran Ilmu Kependidikan, 49(2), 38–45. https://doi.org/10.15294/lik.v49i2.27037
Prior, D.D., Mazanov, J., Meacheam, D., Heaslip, G., & Hanson, J. (2016). Attitude, digital literacy and self efficacy: flow-on effects for online learning behavior. The Internet and Higher Education, 29(4), 91–97. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.01.001
Putri, A.B., & Mukhaiyar, R. (2022). Inovasi media pembelajaran berbasis problem based learning pada bidang elektronika analog digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 45–48. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i1.162
Ramadhani, L., Johar, R., & Ansari, B.I. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (rme). AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 68–84. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8825
Ramadhani, N., Ulya, W.J., Nustradamus, S.B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E.A. (2023). Sistematic literature riview: peran media pembelajaran interaktif dan konvensional pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 99–114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1941
Rizkitania, A., & Arisetyawan, A. (2021). Penerapan model addie pada perancangan permainan ular tangga digital berbasis budaya materi bangun datar. Didaktika, 1(3), 499–509. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i3.38291
Simamora, M., & Winardi, Y. (2024). Pengembangan media pembelajaran smart tv dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama bekasi. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 8(1), 75. https://doi.org/10.19166/johme.v8i1.8228
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian tindakan. Bandung: Alfabeta.
Sukmaningthias, N., Hasyanah, Y., Sari, N., & Nuraeni, Z. (2023). The influence of rme-based teaching media assisted by pixton application on students’ mathematics problem solving ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 363–374. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.2298
Syahminan, S., & Hidayat, C. W. (2021). Development of digital engineering learning with proteus software media and emulators department of informatics engineering kanjuruhan university. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012076
Utomo, A.Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di smk. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839
Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (r&d): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Widoyoko, E.P. (2017). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis (Cet. 9). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yanti, C.O.D., Anggraini, F., & Darwanto, D. (2019). Media pembelajaran matematika interaktif dalam upaya menumbuhkan karakter siswa. Semnasfip, 201–206.
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-analisis: validitas dan praktikalitas modul ipa berbasis saintifik. Bio-Lectura, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.31849/bl.v8i1.6039
Zubainur, C. M., Johar, R., Hayati, R., Ikhsan, M., Matematis, K. K., & Siswa, K. (2020). Teachers’ understanding about the characteristics of realistic mathematics education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(3), 456–462. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i3.8458
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v13i2.21361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurul Asma, Rizka Sylvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.