ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Rick Clove, Sukayasa Sukayasa, Pathuddin Pathuddin, Bakri Bakri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang kemampuan literasi matematika siswa melalui penyelesaian soal cerita aljabar di kelas VII ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa kelas VIII dengan gaya belajar yang berbeda yaitu siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Data diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek dengan gaya belajar visual (GV) dapat menyelesaikan enam dari tujuh indikator literasi matematika, yaitu tahap: komunikasi; matematis; representasi; merancang strategi pemecahan masalah; pengunaan simbol, bahasa formal, dan teknis serta penggunaan operasi; dan pengunaan alat matematika. Subjek dengan gaya belajar auditori (GA) dapat menyelesaikan ketujuh indikator literasi matematika, yaitu tahap: komunikasi; matematis; representasi; penalaran dan argumen; merancang strategi pemecahan masalah; pengunaan simbol, bahasa formal, dan teknis serta penggunaan operasi; dan pengunaan alat matematika. Subjek dengan gaya belajar kinestetik (GK) dapat menyelesaikan enam dari tujuh indikator literasi matematika, yaitu tahap: komunikasi; matematis; representasi; merancang strategi pemecahan masalah; pengunaan simbol, bahasa formal, dan teknis serta penggunaan operasi;s dan pengunaan alat matematika. Melalui artikel penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi penelitian selanjutnya dalam meneliti kemampuan literasi matematika siswa.

 

Abstract

The objective of this research is to describe the mathematical literacy abilities of class VII students by solving algebra story problems, with a focus on learning styles. The research methodology employed is qualitative research, which includes planning, implementation, and completion stages. The research subjects were three class VIII students with different learning styles: visual, auditory, and kinesthetic. Data was collected through written tests and interviews. The results of this research indicate that students with a visual learning style (GV) can complete six of the seven indicators of mathematical literacy, including communication, mathematical representation, designing problem-solving strategies, use of symbols, formal and technical language, and use of operations and mathematical tools. Students with an auditory learning style (GA) can complete all seven indicators of mathematical literacy, including communication, mathematical representation, reasoning and argument, designing problem-solving strategies, use of symbols, formal and technical language, and use of operations and mathematical tools. Students with a kinesthetic learning style (GK) can complete six of the seven indicators of mathematical literacy, including communication, mathematical representation, designing problem-solving strategies, use of symbols, formal and technical language, use of operations, and use of mathematical tools. This research article is expected to provide recommendations for further research on students’ mathematical literacy abilities.


Keywords


Analisis; Kemampuan literasi; Aljabar; Gaya belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aula, M.F.R. (2018). Kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar dan gender peserta didik pada pembelajaran pbl berbantuan asesmen. [Tesis, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/41063/1/UPLOAD%20TESIS%20MAULIDA.pdf

Cintia, N.I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1). https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Dewi, H.D., Susanto, & Lestari, N.D.S. (2015). The development of instructional design standard nctm (national council of teachers of mathematics) about statistics topic for seventh grade of junior high school. Jurnal Edukasi, 2(3), 25–30. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4365

Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya belajar siswa sma. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 95. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8055

Fatimah, S.N., & Khotimah, R.P. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan dan pertidaksamaan linear di kelas x smk prawira marta kartasura tahun ajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA), 49–61. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6134?show=full

Gunardi, E. (2017). Analisis kemampuan literasi matematis siswa kelas viii a smp pangudi luhur moyudan tahun ajaran 2016/2017. [Skripsi, Universitas Sanata Darma].

Hafriani, H. (2021). Mengembangkan kemampuan dasar matematika siswa berdasarkan nctm melalui tugas terstruktur dengan menggunakan ict. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974

Hanggara, Y., & Suhardi, R.M. (2016). Eksperimentasi pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik dan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas viii smpn 25 batam tahun pelajaran 2015/2016. JURNAL DIMENSI, 5(3). https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.61

Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis gaya belajar mahasiswa pada pembelajaran flipped classroom. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.364

Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. [Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika]. Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf

Kusumawardani, D.R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. http://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5286

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

OECD. (2019). Pisa 2018 insights and interpretations. OECD Publishing, 64. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf

Rahmawati, L.N., & Anawati, S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas vii pada materi aljabar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 7(1), 83–90. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1206

Sulistiana, Sriyono, & Nurhidayati. (2013). Pengaruh gender, gaya belajar, dan reinforcement guru terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas xi sma negeri se-kabupaten purworejo. Radiasi, 3(2). https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/423

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa smp ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

Widayanti, F.D. (2013). The importance of knowing student learning styles in classroom learning activities. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1), 7–21. https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/228/188

Wulan, N. (2021). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif (Studi kasus pada siswa kelas VI SD Inpres Nipa-Nipa). [Tesis, Universitas Muhamadiyah Makasar].




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i2.15971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rick Clove, Sukayasa Sukayasa, Pathuddin Pathuddin, Bakri Bakri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.