ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR BERDASARKAN NEWMAN

Darsono Simbolon, Maimunah Maimunah, Yenita Roza, Nahor Murani Hutapea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi program linear. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 peserta didik yang berasal dari peserta didik kelas XI SMA Santa Maria Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 3 soal uraian yang telah valid. Kesalahan akan dijustifikasi berdasarkan Newman’s Errors Categories. Hasil penelitian bahwa jenis kesalahan terbanyak yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan dalam transformasi dengan persentase sebesar 55,71 % dan kesalahan paling sedikit yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan dalam membaca sebesar 3,57%. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik telah mampu membaca soal dengan benar tetapi kurang mampu dalam mentrasformasikan hal yang diketahui dan ditanya pada soal untuk menentukan hasil penyelesaian dari soal yang ditanyakan.

 

 Abstract

This study aims to describe the types of error that students make in solving mathematics problems on liniear program problems. This study follows a qualitative research approach. The sample of this study consisted of 30 students from the eleventh grade of Santa Maria High School in Pekanbaru. The instrument was a test consisting of 3 valid descriptive questions. Errors are analyzed based on Newman's Error categories. The results indicate that the most common type of error made by students is an error in transformation with a percentage of 55.71%, and the least common error made by students is an error in reading at 3.57%. It can be concluded that students are able to read the problem correctly, but are less capable in transforming what is known and asked in the problem to determine the solution of the problem asked.

  

Keywords


Analisis; Kesalahan; Kategori Kesalahan Newman

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa smp negeri 4 sipirok kelas vii melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p

Annisa, R., & Kartini. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Ayu, N. S., & Rakhmawati, F. (2019). Analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika bentuk cerita di Kelas viii mts. negeri bandar T.A 2017/2018. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 82–95. https://doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5451

Budiyono. (2008). Kesalahan mengerjakan soal cerita dalam pembelajaran matematika. Paedagogia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v11i1.35977

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa smp kelas VII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. Jurnal Aksioma, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306

Fitni, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis kesalahan siswa berdasarkan newman pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(2015), 1–10. https://doi.org/10.17977/um027v5i12020p001

Haryati, Suyitno, & Junaedi. (2016). Analisis kesalahan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal cerita Pemecahan masalah berdasar prosedur newman. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 5(1), 8–15. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9341

Idris, S. (2015). Peningkatan hasil belajar program linear melalui strategi pembelajaran inkuiri dan geogebra siswa kelas xii ipa1 sma n 1 tompobulu. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 2 Nomor 3 Tahun 2015, 2(3), 144–153. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851

Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan menurut watson dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p993-1004

Nufus, H., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur newman dalam menyelesaikan soal materi himpunan kelas vii mts. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1810–1817. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1245

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada metri volume prisma dengan fong’s shcematic model for error analysis. Jurnal Ekeronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174–187. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10862

Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan. Journal On Education, 1(2), 473–479. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.94

Rusli, N. (2021). Analisis kesalahan siswa sma dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan prosedur newman [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20014/1/Nalita Rusli%2C 160205061%2C FTK%2C PMA%2C 085347812997.pdf

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036

Sutisna. (2010). Kelebihan dan kekurangan pembelajaran dengan pendekatan problem posing. http://sutisna.com/artikel/artikelkependidikan/kelebihan-dan-kelemahan-pembelajaran-denganpendekatan-problem-posing

White, & Leslie, A. (2010). Numeracy, literacy and newman’s error analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–148. https://eric.ed.gov/?id=EJ970194




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i2.15839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Darsono Simbolon, Maimunah Maimunah, Yenita Roza, Nahor Murani Hutapea

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.