PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH MELALUI PEMBELAJARAN CASE METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Riani Alkhasannah, Kms. Amin Fauzi, Yulita Molliq Rangkuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Macromedia Flash dengan pembelajaran case method pada materi program linear yang memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan berorientasi pada kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada tahap implementasi dilakukan sebanyak 2 kali uji coba yang terdiri atas 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 3,69 dengan kategori valid. Untuk kepraktisan media pembelajaran yang dilakukan pada uji coba I memperoleh skor rata-rata sebesar 2,6 dengan kategori terlaksana kurang baik dan pada uji coba II memperoleh skor sebesar 3,58 dengan kategori terlaksana dengan baik. Untuk keefektifan media pembelajaran didasarkan pada 3 indikator yaitu ketuntasan belajar secara klasikal, waktu ideal aktivitas siswa, dan respon siswa. Pada uji coba I, dari 29 siswa hanya 14 siswa (48%) yang tuntas secara klasikal. Pada uji coba II, dari 32 siswa terdapat 26 siswa (90%) yang memperoleh ketuntasan tinggi secara klasikal. Untuk waktu ideal aktivitas siswa memperoleh tingkat keberhasilan 100% dalam memenuhi waktu yang diinginkan selama dua pertemuan. Respon siswa untuk seluruh pertemuan menunjukkan kategori tertarik dengan nilai rata-rata skor pada uji coba I yaitu 3,54 (kategori tertarik), dan pada uji coba IIyaitu nilai 3,64 (kategori tertarik). Indeks gain uji coba II yaitu 0,38 (kategori sedang). hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria produk yang baik dan media yang dikembangkan melalui pembelajaran case method dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

 

Abstract

This study aims to develop Macromedia Flash learning media through case method learning on linear program material that meets the aspects of validity, practicality, and effectiveness oriented toward students' mathematical representation abilities. This study was conducted using the ADDIE development model. At the implementation stage, two trials were carried out consisting of three meetings. The results showed that the validity of learning media obtained an average score of 3.69 in the valid category. The practicality of learning media carried out in trial I obtained an average score of 2.6 in the category implemented poorly, and obtained a score of 3.58 in trial II in the category well implemented. The effectiveness of learning media is based on 3 indicators, namely classical learning completeness, ideal time for student activities, and student responses. In the first trial, of 29 students, only 14 students (48%) completed successfully. In the second trial, of 32 students, there were 26 students (90%) who obtained high scores. For the ideal time of activity, students get a 100% success rate in fulfilling the desired time for two meetings. Student responses for all meetings showed an interested category with an average score in trial I, namely 3.54 (interested category), and in trial II, namely a value of 3.64 (interested category). The gain index of trial II is 0.38 (moderate category). This shows that the developed learning media in this study has met the criteria for a good product which means the media developed through the case method learning can improve students' mathematical representation abilities.


Keywords


Media pembelajaran Macromedia Flash; Pembelajaran case method; Kemampuan representasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akker, J.V.D., Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2007). An introduction to educational design research. Netzodruk.

Andriani, A., & Dewi, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran video explainer berbasis jaringan untuk meningkatkan kemampuan matematis mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). 97–106. https://doi.org/: https://doi.org/10.30821/axiom.v11i1.11463

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dhani, D.S.R., & Nugraha, A.W. (2022). Influence of macromedia flash based on computer animation media to improving student learning outcomes in the Haloalkane sub-discussion. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4). 403–411. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.115

Hafidz, M., & Masriyah. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk pembelajaran. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2). 126–135. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.24198

Harahap, L.M., & Rakhmawati, F. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII 3 Mts Al-Jam’iyatul Wasliyah Tembung. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(1). 1–10. https://doi.org/10.3082/axiom.v9i1.7235

Hasratuddin. (2018). Mengapa harus belajar matematika. Medan: Perc. Edira.

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Jurnal TA’DIB, 22(1). 19–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226

Iksan, K. (2017). Media Pembelajaran. STAI Al-Khoirot Pamekasan. https://bit.ly/3rhjGpq

Mahdi, O.R., Nassar, I.A., & Almuslamani, H.A.I. (2020). The role of using case studies method in improving students’ critical thinking skills in higher education. International Journal of Higher Education, 9(2). 297–308. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n2p297

Mahendra, N.R. (2019). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran savi [Universitas Negeri Semarang]. https://bit.ly/3PIxhQH

Marselina, V., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan buku digital interaktif matematika pada materi geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2). 196–207. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.26809

Mathematics, N. C. of T. (2000). Principles and standards for school mathematics overview. In The Arithmetic Teacher. VA: NCTM. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Mulyani, L., & Rosmiyati. (2021). Kevalidan pengembangan media pembelajaran scrapbook pada materi lingkaran kelas VIII Smpn 4 Kota Solok. THEOREMS, 6(2). 91–97. https://doi.org/https://doi.org/10.36665/theorems.v6i2.560

Mulyatiningsih, E. (2011). Metodologi penelitian terapan. Yogyakarta: Alfabeta.

Nieveen, N.M. (1999). Prototyping to reach product quality. In Design approaches and tools in education and training. 125–135.

Nurhayati, L., & Gunawan, I. (2022). Peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa teknik dengan berbantuan software desmos graphing calculator. Prisma, 11(1). 255–264. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2221

Puadi, E.F.W., & Umbara, U. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis multimedia terhadap kemampuan representasi matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). 1–10. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.3949

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2). 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Safitri, P.T., & Purbaningrum, K.A. (2020). Pengembangan buku ajar berbasis kasus (case based) pada mata kuliah statistika pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2). 256–267. https://doi.org/http://doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8768

Simamora, R.E., Saragih, S., & Hasratuddin. (2019). Improving students’ mathematical problem solving ability and self-efficacy through guided discovery learning in local culture context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1). 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966

Sinaga, B., & Nababan, M. (2008). Pengembangan model pembelajaran matematika berdasarkan masalah berbasis budaya batak (PBM-B3) (pp. 1–236). Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19767

Telaumbanua, Y.K. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbentuk animasi menggunakan macromedia flash 8 pada materi eksponen untuk siswa kelas X SMA [Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49557

Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam mengerjakan soal PISA ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2). 40–53. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11408

Wahyuni, P., & Yolanda, F. (2020). Development of macromedia flash based teaching materials on it-based statistic data analysis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2). 131. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5483

Wardani, K.W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash materi luas dan keliling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1). 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84

Yunus, M., Abrory, M., Zafrullah, Andrian, D., & Maclinton, D. (2022). The effectiveness of macromedia flash digital media in improving students’ mathematics reasoning. Mathematics Research and Education Journal, 6(1). 14–20. https://doi.org/10.25299/mrej.2022.vol6(1).9013




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i1.15707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riani Alkhasannah, Kms. Amin Fauzi, Yulita Molliq Rangkuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.