PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DRILL AND PRACTICE

Machrani Adi Putri Siregar, Ammamiarihta Ammamiarihta, Nur Rohimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran papan pintar berbasis drill and practice. Prosedur penelitian menggunakan 4D Thiagarajan yaitu: (1) Define atau pendefinisian, (2) Design atau desain, (3) Develop atau pengembangan, dan (4) Dissemination atau penyebaran. Validasi produk dalam penelitian melibatkan ahli pembelajaran matematika sekolah dasar, ahli media pembelajaran dan ahli bahasa Indonesia. Uji kelayakan dilangsungkan melalui uji praktis yang diberikan kepada guru dan siswa. Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Penelitian ini dilangsungkan di MIS Mutiara Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Indonesia. Responden dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas III. Tahap define merupakan proses menggambarkan wujud papan pintar sebagai media pembelajaran. Design media melalui 4 rancangan yakni bentuk papan pintar, isian, panduan penggunaan, dan langkah-langkah pemakaian. Develop dilakukan melalui validasi ahli yang menunjukkan kriteria layak digunakan, uji praktis menunjukkan media ini sangat praktis dan uji efektivitas menunjukkan kriteria sedang. Dissemination dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) dan penyuluhan penggunaan media papan pintar di MIS Fastabiqul Khairat Paya Bakung.

 

 Abstract

The purpose of this research is to develop drill and practice-based smart boards as learning media. The research procedure follows 4D Thiagarajan, namely: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, and (4) Dissemination. Product validation in the study involved elementary school mathematics learning experts, learning media experts, and Indonesian language experts. The feasibility test was carried out through practical tests given to teachers and students. Test the effectiveness using the N-Gain test. This research was conducted at MIS Mutiara Sunggal, Deli Serdang Regency, Indonesia. Respondents and subjects in this study were third-grade students. The Define stage included a process of describing the form of a smart board as a learning medium. The media design went through 4 designs, namely smart board forms, contents, usage guides, and steps for use. The development was carried out through expert validation which indicated that the criteria are suitable for use, practical tests are very practical, and effectiveness tests showed in the medium criteria. The dissemination was carried out through a Focus Group Discussion (FGD) and counseling on the use of smart board media at MIS Fastabiqul Khairat Paya Bakung.


Keywords


Papan pintar; Media pembelajaran; Pembelajaran matematika; Drill and practice

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Z. (2016). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1). 9–20. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1784

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Alkan, V. (2013). Pupils’ voice: "My primary school teacher’’. Academic Journals, 8(11). 777–784. https://doi.org/10.5897/ERR2013.1422

Anjarani, A.S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun thikers sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar : Kajian hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4). 100–111. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26466

Auliya, R.N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Dewasni, H., Badu, S.Q., & Uno, H.B. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2). 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Febrina, T., Leonard, L., & Astriani, M.M. (2020). Pengembangan modul elektronik matematika berbasis web. JKPM : Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1). 27. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8141

Fitratullah. (2021). Pengaruh media sticky notes terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran ekonomi. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1). 23–26. https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56852

Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan e-modul sebagai sumber belajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1). 16. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165

Ginting, R.L. (2020). Program penyiapan siswa menghadapi kesulitan belajar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat LPPM UNIMED.

Irawan, A., & Hakim, M.A.R. (2021). Kepraktisan media pembelajaran komik matematika pada materi himpunan kelas VII Smp/Mts. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1). 91–100. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Manapa, I.Y.H. (2021). Permasalahan aktivitas pembelajaran matematika sekolah dasar selama era new normal. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). 9–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i1.9115

Mehlenbacher, B. (2010). Instruction and technology: Designs for everyday learning (The MIT Press). Cambrige: The MIT Pres.

Nyalung. (2018). Meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media CD (Compact Disk) pembelajaran interaktif. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3). 253–262. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2852.g2105

Oktavia, M., Prasasty, A.T., & Isroyati. (2019). Uji normalitas gain untuk pemantapan dan modul dengan one group pre and post test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). 596–601. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.439

Purwono, U. (2008). Standar Penilaian Bahan Ajar. BNSP.

Putu Parastuti Lestari, N., Made Ardana, I., & Putu Pasek Suryawan, I. (2022). Analisis motivasi belajar matematika beserta alternatif solusinya pada siswa kelas x sma negeri 5 Denpasar di masa pandemi. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 16(1). 1858–0629.

Rahmawati. (2014). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar matematika tema diri sendiri pada siswa kelas 1 SDN Ketamasdungus Mojokerto. JPGSD, 2(3). 1-6. (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12214)

Rifky. (2020). Strategi guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1). 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.95

Sanchez, E. (2017). Competition and collaboration for game-based learning: A case study in instructional techniques to facilitate learning and motivation of serious games. Springer International Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B.S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). 23–27. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Yuliana, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Pmri pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk Smp kelas IX. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(1). 60–67. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41539




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i1.15117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Machrani Adi Putri Siregar, Ammamiarihta Ammamiarihta, Nur Rohimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.