TANTANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH MENENGAH DI EMPAT PROVINSI

Eline Yanty Putri Nasution, Muntazhimah Muntazhimah, Sri Yunita Ningsih

Abstract


Tren pembelajaran dalam jaringan (daring) mulai populer semenjak terjadinya Pandemi Covid 19 di Indonesia. Pembelajaran daring diberlakukan untuk setiap jenjang pendidikan di Indonesia sebagai upaya menekan penularan Virus Corona. Pembelajaran daring saat ini merupakan metode pembelajaran masa depan sebagai upaya digitalisasi pendidikan dalam menghadapi era society 5.0. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tantangan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika secara daring pada empat provinsi di Pulau Sumatera, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang merupakan awal penerapan kebijakan belajar dari rumah. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa-siswi di beberapa sekolah menengah yang berada di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Jambi yang berjumlah 490 orang. Instrumen pendukung pada penelitian ini adalah angket/kuesioner dan wawancara. Pengambilan data dilakukan secara daring dengan menggunakan Google Form. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan dan menyajikan data berdasarkan fakta secara sistematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa 91,78% siswa di empat provinsi telah memperoleh pembelajaran matematika secara daring. Adapun tantangan  pembelajaran matematika secara daring yaitu: (1) kurangnya interaksi antara guru dan siswa, (2) penjelasan guru tidak maksimal, dan (3) rendahnya pemahaman matematis siswa saat pembelajaran matematika dilaksanakan secara daring. Kondisi tersebut dapat diantisipasi dengan adanya evaluasi secara menyeluruh terhadap proses pembelajaran matematika secara daring sedemikian sehingga pembelajaran daring yang integratif serta inovatif dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran masa depan di era 5.0.

 

Abstract

The trend of online learning has become popular since the Covid 19 Pandemic in Indonesia. Online learning is implemented for every level of education in Indonesia as an effort to reduce the transmission of the Corona Virus. Online learning is currently seen as a future learning method to digitize education in facing the era of society 5.0. This study aims to describe the challenges faced by students in learning mathematics online in four provinces of Sumatra island, namely Aceh, North Sumatra, Riau, and Jambi. This study follows a qualitative research method with a case study approach. The research was carried out in the even semester of the 2019/2020 school year, which was the starting year of implementing the study-from-home policy. The sampling in the study was carried out using a convenience sampling technique. This research was conducted on students in several secondary schools in the provinces of Aceh, North Sumatra, Riau, and Jambi, totaling 490 people. The supporting instruments in this study were questionnaires and interviews. Data were obtained through an online Google Form. Data analysis techniques in this study were carried out by describing and presenting data based on facts systematically. Based on the findings and discussion, it was concluded that 91.78% of students in four provinces had learned mathematics online. The challenges of learning mathematics online include (1) lack of interaction between teachers and students, (2) teacher explanations are not optimal, and (3) students did not understand the mathematics lesson effectively when it was carried out online. This condition can be anticipated with a thorough evaluation of the online mathematics learning process so that integrative and innovative online learning can be used as a future learning method in the 5.0 era. 

Keywords


Tantangan; Pembelajaran; Matematika; Daring; Pandemi covid-19

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfiyah, Z.N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika secara daring bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5). 3158-3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297

Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan siswa dalam Pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika pada masa pandemik Covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). 5179-5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538

Andriyansah, R.A., Mu’arif, A.N., Nataliasari, D., Rahmin, S., & Kurniawati, S. (2021). Kesulitan Pembelajaran daring matematika saat pandemi COVID-19 pada siswa smp kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2). 67-71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.95

Astuti, E.R.P., & Baysha, M.H. (2021). Analisis keunggulan dan kelemahan Pembelajaran daring di program studi teknologi pendidikan Universitas Pendidikan Mandalika. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran, 2(3). 123-131. https://doi.org/10.36312/lpi.v2i3.24

Agustin, F., Oganda, F.P., Lutfiani, N., & Harahap, E.P. (2020). Manajemen Pembelajaran daring menggunakan education smart courses. Technomedia Journal, 5(1). 40-53. https://doi.org/10.33050/tmj.v5i1.1315

Clark, R. (2007). Convenience sample. The blackwell encyclopedia of sociology, 1-2. https://doi.org/10.1002/9781405165518.wbeosc131.pub2

Dewi, R.P., Hidayah, S.T. (2019). Studi Kasus-Metode Penelitian Kualitatif. [Resume, STAIN Sorong]. https://bit.ly/3PFd1iZ

Etikan, I., Musa, S.A., & Alkassim, R.S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American journal of theoretical and applied statistics, 5(1). 1-4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Harjanto, T., & Sumunar, D.S.E.W. (2018). Tantangan dan peluang pembelajaran dalam jaringan: studi kasus implementas elok (E-Learning: Open for knowledge sharing) pada mahasiswa profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5. 24-28. http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v5i0.282

Hidayat, R.R., & Rayuwanto, R. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Keizai, 3(2). 105-116. http://dx.doi.org/10.56589/keizai.v3i2.292

Joyosemito, I.S., & Nasir, N.M. (2021). Gelombang kedua pandemi menuju endemi covid-19: Analisis kebijakan vaksinasi dan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 2(1). 55-66. https://doi.org/10.31599/jstpm.v2i1

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah pembelajaran matematika secara daring efektif? (studi kasus pada pembelajaran selama masa pandemi covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2). 136-142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029

Lunneborg, C.E. (2007). Convenience sample. The blackwell encyclopedia of sociology. https://doi.org/10.1002/9781405165518.wbeosc131

Muntazhimah, M., Nasution, E.Y.P., & Ningsih, S.Y. (2020). Respon siswa sekolah menengah terhadap pembelajaran matematika di era COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(3). 193-206. http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp193-206

Nasution, E.Y.P. (2019). Interaksi antara peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pendekatan open-ended dan kemampuan awal matematis siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1). 1-10. [online]. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/205

Nasution, E.Y.P., & Hayati, P. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan konteks pandemi Covid-19 di MAN 1 Madina. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 8(2). 131-144. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.2840

Nasution, E.Y.P., Yulia, P., Anggraini, R.S., Putri, R., & Sari, M. (2021). Correlation between mathematical creative thinking ability and mathematical creative thinking disposition in geometry. In Journal of Physics: Conference Series , 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012001

Nasution, E.Y.P., & Veronica, D. (2022). Program bimbingan belajar (BIMBEL) matematika untuk siswa SD di Desa Semerap pada era pandemi Covid-19. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 4(1). 1-8. https://doi.org/10.35970/madani.v4i1.771

Nasution, E.Y.P., & Siregar, N.F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Prezi. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2). 205-221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466

Nur, A.S. (2021). Potret pembelajaran matematika pada masa pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1). 27-35. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp27-35

Pewangi, M. (2016). Tantangan pendidikan islam di era globalisasi. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). 1-11. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.347

Pohan, A.E. (2020). Konsep Pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Grobogan: CV. Sarnu Untung.

Prasetyadi, A., & Nugroho, D.A. (2014). Kolaborasi kepakaran peneliti pada jurnal ilmiah LIPI bidang informatika dan kebumian. visi pustaka, 16(1). 5-13. [online] https://www.academia.edu/download/58879659/Abdurrakhman_Kolaborasi_Kepakaran.pdf

Pratikto, F.R. (2020). Prediksi akhir pandemi COVID-19 di Indonesia dengan simulasi berbasis model pertumbuhan parametrik. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2). 63-68. https://doi.org/10.26593/jrsi.v9i2.4018.63-68

Saltifa, I., & Nasution, E.Y.P. (2021). Program bimbingan belajar bagi siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 di Desa Paling Serumpun. Altruis: Journal of Community Services, 2(3). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i3.17476

Sousa, V.D., Zauszniewski, J.A., & Musil, C.M. (2004). How to determine whether a convenience sample represents the population. Applied Nursing Research, 17(2). 130-133. https://doi.org/10.1016/j.apnr.2004.03.003

Stratton, S.J. (2021). Population research: convenience sampling strategies. Prehospital and disaster Medicine, 36(4). 373-374. https://doi.org/10.1017/S1049023X21000649

Sugiarto, Siagian, D., & Sunaryanto, L.T. (2003). Teknik Sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyawan, A.H. (2021). Dampak pelaksanaan pembelajaran daring. JURNAL Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2). 79-88. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i2.1241

Supriatna, U. (2021). Flipped classroom: Metode pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3). 57-62. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i2.1809

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E.I. (2020). Tantangan Pembelajaran daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2). 89-98. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1397

Tantangan. 2023. Pada KBBI daring. [online]. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tantangan.

Rusdi, J.F., Baktina, T.G., Hadiningrat, R.G., Sunaryo, B., Fannya, P., & Laurenty, F. (2020). Kolaborasi peneliti di era teknologi informasi dan komunikasi. BACA J. Dok. DAN Inf, 41(1). 23. https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i1.585

Yani, R.F., & Hartati, S. (2022). Tantangan guru dan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi di taman kanak-kanak Ruhama’Kelurahan Cupak Tangah. Jurnal Golden Age, 6(1). 231-239. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5093

Yuniarti, Y., Mulyati, T., Abidin, Y., Herlambang, Y.T., & Yusron, E. (2021). Eksplorasi pembelajaran matematika secara daring dalam dimensi pedagogik. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2). 856-871. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1208




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i1.12796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eline Yanty Putri Nasution, Muntazhimah Muntazhimah, Sri Yunita Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.