PENGEMBANGAN STRATEGI BLENDED LEARNING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Alfauzan Ramadhanny Simangunsong, Fibri Rakhmawati, Muhammad Nuh

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan produk pengembangan berupa strategi Blended Learning berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Prosedur penelitian mengacu pada desain penelitian pengembangan level 1 Sugiyono yaitu: (1) mencari potensi dan masalah, (2) studi literatur yang sejalan dengan pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) desain teruji. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiah 61 Tanjung Selamat pada tahun ajaran 2021/2022. Validasi produk melibatkan ahli perangkat pembelajaran seperti RPP, buku panduan belajar dan buku panduan mengajar, ahli konten dan ahli desain instruksional. Keakuratan validasi di uji kepada responden sebagai pengguna produk pengembangan yang melibatkan siswa kelas IXA sebanyak 10 orang dan seorang guru matematika. Efektifitas pengembangan di uji kepada peserta didik dengan melihat hasil belajar siswa dan melibatkan kelas VIIIA sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, mulai dari analisis validasi desain instruksional, konten, RPP, panduan belajar dan mengajar, desain dinyatakan valid. Validasi desain instruksional memperoleh poin rata-rata penilaian 4.38 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Validasi konten memperoleh poin rata-rata penilaian 4.19 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Validasi dan penilaian RPP memperoleh poin rata-rata penilaian 4.24 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Validasi Panduan Belajar memperoleh poin rata-rata penilaian 4.59 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Panduan Mengajar memperoleh poin rata-rata penilaian 4.35 dari skor rata-rata maksimal 5.00. Selanjutnya penilaian keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Pembelajaran juga dinilai layak berdasarkan respon pengguna dengan presentase 100% dan dari uji efektifitas menggunakan N-Gain memiliki efektifitas yang tinggi dengan N-Gain (%) bernilai 72.809.


Keywords


Strategi pembelajaran; Blended learning; Contextual teaching and learning

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Andriani, A., & Dewi, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran video explainer berbasis jaringan untuk meningkatkan kemampuan matematis mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 97–106.

Anwar, D. (2003). Kamus lengkap Bahasa Indonesia terbaru dilangkapi pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Amelia.

Arnold, R. B. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi powtoon pada mata pelajaran pelayanan penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( JPTN ), 6(4), 145–150.

Athena, Laelasari, E., & Puspita, T. (2020). Pelaksanaan disinfeksi dalam pencegahan penularan covid- 19 dan potensi risiko terhadap kesehatan di Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(1), 1–20.

Chirinda, B., Ndlovu, M., & Spangenberg, E. (2021). Teaching mathematics during the COVID-19 lockdown in a context of historical disadvantage. Education Sciences, 11(4), 177. https://doi.org/10.3390/educsci11040177

Dewi, K. C. (2018). Blended learning konsep dan implementasi pada pendidikan tinggi vokasi. Swasta Nulus.

Echols, J. M., & Sahdily, H. (2003). Kamus Inggris Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Hadratullah, Martono, T., & Purwaningsih, Y. (2016). Pengembangan strategi pembelajaran melalui model kooperatif tipe group investigation berbantuan flip chart dalam upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas x MA nurul iman dasan Makam Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 1–17.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2016). Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika. Rajawali Pers.

Haryadi, R., Prihatin, I., Oktaviana, D., & Herminovita, H. (2022). Pengembangan media video animasi menggunakan software powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(1), 11–23.

Hasibuan, M. I. (2014). Model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning). Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(01), 1–12. https://doi.org/10.24952/logaritma.v2i01.214

Kalogeropoulos, P., Roche, A., Russo, J., Vats, S., & Russo, T. (2021). Learning mathematics from home during COVID-19: Insights from two inquiry-focussed primary schools. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(5), em1957. https://doi.org/10.29333/ejmste/10830

Kesuma, D. (2010). CTL sebuah panduan awal dalam pengembangan PBM. Rahayasa.

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas permainan zuper abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 92–97. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n2.p92-97

Kustiyani, A., Surachmi W, S., & Suad. (2021). Implementation problem based learning model using zoom meeting application. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1), 012077. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012077

Murtianto, Y. H., & Harun, L. (2014). Pengembangan strategi pembelajaran matematika SMP berbasis pendekatan metakognitif ditinjau dari regulasi diri siswa. Aksioma, 5(2), 76–92.

Muslich, M. (2009). KTSP Pembelajaran berbasis komperensi dan kontekstual. Bumi Aksara.

Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika diskrit dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186–191.

Palennari, M., & Daud, F. (2019). Pengembangan strategi blended-learning pada perkuliahan biologi dasar. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(1), 16–22. https://doi.org/10.26858/ijes.v22i1.9343

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Priono, A. I., Purnawan, P., & Komaro, M. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar menggambar 2 dimensi menggunakan computer AIDED design. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 129–140.

Rahayu, D., Kartini, K., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran discovery learning pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa kelas VII smp/mts. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 47–60. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8482

Rasyidin, A., & Nasution, W. N. (2016). Teori belajar dan pembelajaran. Perdana Publishing.

Rizki, G. A. F., & Daniamiseno, A. G. (2019). Pengembangan model blended learning dengan pendekatan cooperative mata kuliah ilmu lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 42–55. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15560

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Syah, R. H. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Trianto. (2008). Mendesain pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) di kelas. Cerdas Pustaka.

Yaacob, Z., & Md Saad, N. H. (2020). Acceptance of youtube as a learning platform during the covid-19 pandemic: The moderating effect of subscription status. TEM Journal, 9(4), 1732–1739. https://doi.org/10.18421/TEM94-54

Yulianti, Y., & S, D. S. (2020). Membangun kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning di masa pandemi covid-19. Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i2.12593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alfauzan Ramadhanny Simangunsong, Fibri Rakhmawati, Muhammad Nuh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.