ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH TEORI PELUANG

Reni Astuti, Rahman Haryadi

Abstract


Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana mahasiswa tidak dapat belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pemahaman matematis pada mata kuliah teori peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI tahun akademik 2020-2021 pada program studi pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah teori peluang di IKIP PGRI Pontianak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara dengan teknik pengumpul data menggunakan teknik pengukuran dan komunikasi langsung. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemampuan tinggi (M1) mengalami sedikit kesulitan belajar yakni dalam menyelesaikan soal pemahaman matematis pada indikator instrumental. Selanjutnya untuk mahasiswa dengan kategori sedang (M2) kurang dalam memahami konsep peluang dan pemahaman instrumentalnya, sedangkan untuk pemahaman relasional nya baik. Pada mahasiswa dengan kategori rendah (M3) ditemukan tidak memahami konsep peluang khususnya terkait penulisan anggota ruang sampel dan peristiwa, tidak dapat menghitung nilai peluang, tidak memahami konsep integral sehingga salah dalam menentukan hasil akhir nilai ekspektasi, dan tidak memahami konsep fungsi kepadatan peluang.

 

Abstract

Learning difficulty is a condition where students cannot study well. The purpose of this study was to analyze students' difficulties in solving mathematical problems in probability theory courses. This is qualitative descriptive research. The subjects in this study were the sixth-semester students of the 2020-2021 academic year in the mathematics education study program who took the opportunity theory course at IKIP PGRI Pontianak. The research instruments used were tests and interviews with data collection techniques using measurement techniques and direct communication. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that students with a high ability (M1) experienced a little difficulty in learning, namely in solving mathematical understanding questions on instrumental indicators. Furthermore, students in the moderate category (M2) lack understanding of the concept of opportunity and its instrumental understanding, while relational understanding is good. It was found that students in the low category (M3) did not understand the concept of probability, especially regarding the writing of sample space members and events, could not calculate the probability value, and did not understand the integral concept so they were wrong in determining the final expected value, and did not understand the concept of the probability density function.


Keywords


Pemahaman konseptual; Teori peluang; Analisis kesulitan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa MIN janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1–4. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493

Hanifah, H., & Abadi, A. P. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori grup. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235–244. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.626

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Refika Aditama.

Jamal, F. (2014). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mustikasari, M., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2013). Pengembangan soal-soal open-ended pokok bahasan bilangan pecahan di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 45–60. https://doi.org/10.22342/jpm.4.2.820.

Nawawi, H. (2019). Metode penelitian bidang sosial. Gadjah Mada University Press.

Nila, K. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 3(1), 1–10.

Purwaningrum, J. P., & Bintoro, H. S. (2018). Miskonsepsi matematika materi bilangan pada mahasiswa calon guru sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2018, 1(1), 173–180.

Rachmawati, I., Usodo, B., & Subanti, S. (2021). Analysis of 7th grade student’s mathematical understanding in solving sets problem: A perspective of skemp understanding theory. Proceedings of the International Conference of Mathematics and Mathematics Education (I-CMME 2021), 597, 129–135. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.018

Rismawati, M., & Hutagol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP persada khatulistiwa Sintang. Photosynthetica, 2(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.17

Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah aljabar dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 63–71. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488

Rubowo, M. R., Purwosetiyono, F. D., & Wulandari, D. (2017). Pemahaman konsep mahasiswa tentang ring pada mata kuliah struktur aljabar 2 ditinjau dari pemikiran kreatif pada siswa kelompok atas. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 2(2), 69–73. https://doi.org/10.24269/js.v2i2.788

Skemp, R. R. (1976). Relational understanding and instrumental understanding. Mathematics Teaching, 77, 20–26.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suraji, Maimunaah, & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Suryana, A. (2015). Kemampuan membaca bukti matematis pada mata kuliah statistika matematika. Infinity Journal, 4(1), 84–95. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.74

Utami, A. P. (2019). Kesulitan belajar: Gangguan psikologi pada siswa dalam menerima pelajaran. ScienceEdu, 2(2), 92–96. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15060




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i2.11452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reni Astuti, Rahman Haryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.