PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa setelah dilakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Pupulasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Al-Washliyah Sumber Mulyo sebanyak 48 siswa yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini adalah adalah dua kelas yaitu kelas VIII-A yang berjumlah 24 orang dan kelas VIII-B yang berjumlah 24 orang, dimana kelas eksperimen adalah kelas VIII-A dan kelas kontrol adalah kelas VIII-B. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa hasil analisis perhitungan uji-t yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa diperoleh nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,05, berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan H1 diterima (terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)). Dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) secara signifikan lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Abstract
This study aims to identify an increase in students' communication skills after learning through Think Pair Share (TPS) model. This research follows a quasi-experimental method. The population in this study were the 8th grade students of MTs Al-Washliyah Sumber Mulyo, consisting of 48 students from two classes. The sample of this study consists of two classes, namely class VIII-A with a total of 24 people and class VIII-B with a total of 24 people, where the experimental class was class VIII-A and the control class was class VIII-B. It was found that the results of the analysis of the t-test calculations to determine students' communication skills obtained a significant value of 0.004 <0.05, based on the testing criteria, H0 was rejected and H1 was accepted (there was an increase in students' communication skills taught through Think Pair Share (TPS)). It can be concluded that the improvement in students' communication skills taught through Think Pair Share (TPS) learning model is significantly higher than students' communication skills taught through conventional learning models.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abidin, Z., Sabrun, S., & Hasmiati, H. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.47165/jpin.v3i1.83
Anindita, A. D., & Banjarnahor, H. (2017). Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tps dengan tipe nht smp negeri 2 Hinai. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 57–67. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8897
Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman, S. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa smp dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 64–76.
Fajaryanti, D., Tiwow, V., & Rahman, N. (2014). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (tps) pada pokok bahasan struktur atom untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x sma negeri 2 Palu. Jurnal Akademika Kimia, 3(3), 129–134.
Hiebert, J., & Carpenter, T. P. (1992). Handbook of research on mathematics teaching and learning. In Learning and teaching with understanding. Macmillan.
Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (tps). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.
Joung, E., & Byun, J. (2021). Content analysis of digital mathematics games based on the NCTM content and process standards: An exploratory study. School Science and Mathematics, 121(3), 127–142.
Nur, M. A. (2017). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 143–154. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.273
Rayhan. (2019). Hubungan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar murid SD Inpres Bontomanai Makassar. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Roshanty, Y. D. (2019). Perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran geogebra berdasarkan asal sekolah dan gender. Pediamatika, 1(03), 31–44.
Sukmawati, S., & Nasrullah, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan struktural think pair square untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 115–124. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1204
Supartik, S., & Pasaribu, L. H. (2021). Increasing students’ communication skills and independence through realistic mathematics learning assisted by google classroom. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 42–49. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12373
Taoefik, M. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan Mr Math. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 63–77. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2565
Wulandari, E., & Theis, R. (2012). Pengaruh problem stres matematika sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Jambi T. A 2009/2010. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i2.11331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ema Suaidah, Laili Habibah Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.