MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE

Rahmad Wahyudi, Irvan Irvan, Marah Doly Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada materi pokok transformasi geometri di MAS PONPES Darul Qur’an tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil evaluasi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan soal esai yang diberikan kepada siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA 3 di MAS PONPES Darul Qur’an setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar siswa siklus I dan II secara berturut-turut adalah 72,13 dan 86,55, serta ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 68,75% dan 90,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa

 

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes by applying the scramble-type cooperative learning model to geometric transformation lessons at MAS Ponpes Darul Qur'an for the 2021/2022 academic year. This study follows the classroom action research (CAR) method. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. Data on improving learning outcomes were obtained from the evaluation results of improving student learning outcomes using essay questions given to the tenth-grade students of MIA 3 with a total of 32 students. The results indicate that there was an increase in the learning outcomes of the tenth-grade students of MIA 3 at MAS PONPES Darul Qur'an after learning using the scramble-type cooperative learning model. The increase in student learning outcomes can be seen from the average scores of student learning outcomes tests cycles I and II respectively which are 72.13 and 86.55, as well as the classical learning mastery cycles I and cycle II respectively which are 68.75%. and 90.63%. Thus, it can be concluded that the scramble-type cooperative learning model can improve the ability of student learning outcomes.

Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe scramble; Hasil belajar matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arief, S. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Astina, N. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi matenatika materi segitiga melalui strategi jigsaw di kelas VII Mts. Swasta Darul Falah Kabupaten Labuhan Batu Selatan tahun pelajaran 2014/2015. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v5i1.500

Budiyono. (2015). Pengantar penilaian hasil belajar. Jawa Tengah: UNS Pres.

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji effect size model pembelajaran scramble dengan media video terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265–275. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran: Mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Indeks.

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Publisher.

Huda, M. (2013). Model- model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan praragtimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jaya, I., & Ardat. (2013). Penerapan statistik untuk pendidikan. Bandung: Citra Pustaka.

Kamal, S. (2015). Implementasi pendekatan scientific untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.95

Kunandar. (2013). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniasi, I., & Sari, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Mardianto. (2012). Psikologi pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Nelson, P.M., Parker, D.C., & Zaslofsky, A.F. (2016). The relative value of growth in math fact skills across late elementary and middle school. Assessment for Effective Intervention, 41(3). 184–192. https://doi.org/10.1177/1534508416634613

Ngalimun. (2015). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

OECD. (2016). PISA: Results in focus. https://doi.org/10.1787/aa9237e6-en

Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar.

Ratna, D., & Siahaan, A. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions (Stad) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII Mts S Miftahussalam Medan tahun pelajaran 2015/2016. 5(2). 152–172. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v5i2.416

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619

SR, N. M., & Asrul. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan genius learning pada materi garis dan sudut di kelas VII Mts Islamiyah Medan tahun pelajaran 2016/2017. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 6(2), 1–9. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v6i2.1288

Subandriyo, & Faishol, R. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Al Hikmah. Tadrisuna: Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman, 2(1).16-37. [online]. https://ejournal.stitradensantri.ac.id/index.php/tadrisuna/article/view/16

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sumartono, & Normalina. (2015). Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 84–91. [online]. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/638/545

Suprijono, A. (2014). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wahab, J. (2013). Belajar dan pembelajaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Yusuf, R. R. (2017). Penerapan resource based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi bangun ruang sisi datar (Studi pada siswa kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu). Universitas Bengkulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i1.11130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmad Wahyudi, Irvan Irvan, Marah Doly Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.