ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI BLENDED LEARNING BERBASIS BUDAYA DITINJAU DARI PROSES JAWABAN PESERTA DIDIK

Dwi Novita Sari, Irham Habibi Harahap, Hasratuddin Hasratuddin, Kms. M. Amin Fauzi, Sahat Saragih, E. Elvis Napitupulu

Abstract


Pandemi Covid 19 merupakan bencana internasional yang membawa dampak pada bidang pendidikan yaitu sistem tatap muka di kelas menjadi sistem online yang akan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk merepresentasikan sejauhmana kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang terbentuk dengan menggunakan blended learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan peserta didik dari MTS Negeri Deli Serdang kelas VIII (3) berjumlah 28 orang. Analisis kualitatif dilihat dari aspek kemampuan komunikasi matematis, aspek kesalahan/kekeliruan serta aspek jawaban kosong berdasarkan lembar jawaban peserta didik. Peneliti menggunakan lembar evaluasi kemampuan komunikasi matematis dan wawancara langsung sebagai instrumen penelitian. Temuan penelitian ini dengan analisis kualitatif menunjukkan bahwa proses belajar dengan menerapkan blended learning berbasis budaya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Pada proses belajar yang diterapkan, peserta didik diberikan permasalahan matematika yang dikaitkan dengan budaya. Peninjauan dari aspek kemampuan komunikasi matematis dan indikator kesalahan menurut Newman ketika peserta didik diberikan soal matematika berbasis budaya pada materi bangun datar yaitu: (1) aspek drawing pada indikator kesalahaan keterampilan proses adalah 8.00 maka termasuk pada tingkat tidak melakukan kesalahan tinggi, (2) aspek mathematical expression pada indikator kesalahan transformasi dan kesalahpahaman adalah 8.22 maka termasuk kepada tingkat tidak melakukan kesalahan tinggi, dan (3) aspek written text pada indikator  kesalahan penulisan jawaban adalah 7.77 maka termasuk kepada tingkat tidak melakukan kesalahan tinggi.

 

Abstract

The Covid 19 pandemic is an international disaster that has had an impact on the education sector, namely the transformation from the face-to-face system in class to an online system that has affected students' mathematical communication skills. The research aims to represent the extent to which students' mathematical communication abilities are formed using blended learning. This research was carried out by following the descriptive qualitative method. The research subject includes 28 eighth-grade students from a Public Islamic junior high school in Deli Serdang. Qualitative analysis is seen from the aspect of mathematical communication skills, aspects of errors/mistakes, and aspects of blank answers based on student answer sheets. Researchers used an evaluation sheet of mathematical communication skills and direct interviews as research instruments. The findings were analyzed by using qualitative analysis, and it was found that applying culture-based blended learning could improve students' mathematical communication abilities. In this learning process, students were given mathematical problems associated with culture. The review of the aspects of mathematical communication skills and error indicators was based on Newman, and students were given culture-based math questions on plane figure lesson, namely: (1) the drawing aspect on the error indicator of process skills (8.00) which is at the level of not making high mistakes, (2) aspects mathematical expression on the indicator of transformation errors and misunderstandings (8.22) which is the high level of not making mistakes, and (3) the written text aspect of the answer writing error indicator (7.77) which is the high level of not making mistakes.


Keywords


Kemampuan komunikasi matematis; Blended learning; Proses jawaban

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ambrosio, U. (1990). Ethnomathematics. Editora Ática.

Andriani, R. (2020). Evaluasi pembelajaran online matematika siswa kelas 5 sd negeri 5 Metro kampus. IAIN.

Ansari, I, B., & Yamin, M. (2012). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa. GP Pres Group.

Baroody, A. J. (1993). Problem solving, reasoning, and communicating. Macmillan Publishing.

Bintoro, H. S., & Zuliana, E. (2013). Pembelajaran matematika materi luas trapesium dengan pendekatan luas persegi panjang menggunakan model pembelajaran matematika realistik berkonteks rumah adat kudus. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, 1, 153–165. http://eprints.umk.ac.id/3505/3/Artikel

Fadhelina, N. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa melalui penerapan blended learning pada mata kuliah geometri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 119–123. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.217

Hendriana, H., Rohaeti, euis eti, & Sumarmo, U. (2017). Hard skills and soft skill matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Husamah. (2014). Pembelajaran bauran (blended learning). Malang: Prestasi Pustakarya.

Ida, K. (2015). Analisis kesalahan newman pada soal cerita matematis. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i1.3352

Jha, S.K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17–21.

Komba, S.C. (2014). The perceived importance of communication skills course among University students: the case pof two Universities in Tanzania. African Journal of Teacher Education, 4(2), 1–12.

Kurumeh, M. (2004). Effects of ethnomathematics teaching approach on students’ achievement and interest in geometry and mensuration. Univercity of Nigeria.

Nurhanifah, S., Effendi, A., & Nuraida, I. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp melalui pembelajaran blended learning ditinjau dari tipe kepribadian. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 111. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6173

OECD. (2016). PISA: Results in Focus.

Rasyidi, M. I. (2020). Pengaruh model pembelajaran matematika berbasis blended learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii di smp swasta islam muslim hands T.A 2019/2020. Tidak diterbitkan.

Riasari, D. (2018). Peranan model pembelajaran matematika berbasis blended learning terhadap komunikasi matematis siswa dalam materi statistik pada SMAN 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.28

Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui blended learning berbasis pemecahan masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 191–202. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21457

Rizqi, A.A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa melalui blended learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.

Sari, I. R. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (Lkpd) berbasis teori apos pada materi bangun ruang sisi datar konteks rumah adat Joglo Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1321

Simanjuntak, M., & Surya, E. (2014). Peningkatan kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa smp pada materi transformasi dengan strategi think-talk-write (TTW) berbantuan kartu domino. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i1.3355

Siregar, N.F. (2018). Komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 74. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i1.10480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Novita Sari, Irham Habibi Harahap, Hasratuddin Hasratuddin, Kms. M. Amin Fauzi, Sahat Saragih, E. Elvis Napitupulu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.