PROBLEMATIK PENDIDIKAN TINGGI KADER ULAMA MAJELIS ULAMA INDONESIASUMATERA UTARA DALAM MELAHIRKAN ULAMA DI MASYARAKAT SUMATERA UTARA

Muhari Syahlaili Saragih, Hasan Asari, Ardiansyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui problematik kelembagaan Pendidikan Tinggi
Kader Ulama MUI Sumatera Utara, 2) untuk mengetahui problematik keuangan Pendidikan Tinggi Kader
Ulama MUI Sumatera Utara, 3) untuk mengetahui problematik pembelajaran pendidikan tinggi kader
ulama MUI Sumatera Utara, 4) untuk mengetahui problematik alumni Pendidikan Tinggi Kader Ulama
MUI Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan dengan menggunakan
motode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara (interview), dan penelaahan
data yang mengacu pada penelitian kualitatif tersebut. Setelah dilakukan penelitian, maka temuan penelitian
menunjukkan bahwa, 1) Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) yang ditangani langsung oleh Majelis
Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara dimulai pada tahun 2006, 2) PTKU melaksanakan sistem
pendidikan yang bermodelkan pendidikan pesantren tetapi berbeda dalam bagian tenaga pengajarnya
yang bergelar Profesor dan Doktor, 3) PTKU menerapkan pembelajaran yang terfokus kepada kitab-kitab
klasik atau kitab turast, 4) PTKU telah melahirkan alumni kader ulama yang berakhlak mulia, berwawasan
luas, cinta ilmu, pengamal agama dan pembela agama, 5) problematik kelembagaan PTKU berupa statusnya
yang belum berdiri sendiri karena masih dibawah naungan MUI Provinsi Sumatera Utara, 6) problematik
keuangan PTKU terlihat pada pembukuan yang masih belum berdiri sendiri, dan sumber dana yang
terkadang tidak sesuai dengan pembiayaan dalam pelaksanaan pendidikan sehingga terjadi penanggulangan
yang mesti dilakukan oleh MUI Provinsi Sumatera Utara, 7) problematik pembelajaran PTKU, yaitu
adanya pergeseran dari antusias belajar mahasiswa begitu juga dengan adab, akhlak, kedisiplinan dan
prestasi yang diperoleh masih jauh dari yang diharapkan oleh MUI Provinsi Sumatera Utara, 8) problematik
alumni PTKU berupa tantangan yang dihadapi di masyarakat masih terlalu besar karena keberadaan
status belum sepenuhnya diketahui dan pemberdayaan alumni yang belum dilakukan seolah-olah alumni
hanya dipandang sebelah mata sehingga harus melakukan kerjasama dengan pihak lain agar dapat
berdakwah keberbagai daerah. Begitu juga dengan peluang yang dirasakan masih sedikit sehingga perlu
kiranya MUI Provinsi Sumatera Utara merekomendasikan alumninya ke Majelis Ulama Indonesia tiap
Kabupaten/ Kota untuk berperan di daerah asalnya masing-masing, sehingga segala ilmu yang didapat
selama pendidikan dapat diamalkan ditengah masyarakat dan menjadi ukuran bahwa alumni sudah
berkiprah sejauh apa yang diharapkan.
Kata Kunci: Problematik, Pendidikan Tinggi Kader Ulama, Majelis Ulama Indonesia

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arif, Armai. 2002. Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers

Arikunto, Suhardi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Asari, Hasan. 2012. Nukilan Pemikiran Islam Klasik: Gagasan Pendidikan Abu Hamid Al-Ghazali.

Medan: IAIN Press

Azra, Azyumardi. 1999.Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta:

Logos Wacana Ilmu

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka

Dewan Pimpinan MUI Sumatera Utara. 2006. Profil MUI: Pusat & Sumatera Utara . Medan:

Sekretariat MUI Provinsi Sumatera Utara

DP MUI Sumatera Utara. 2014. Majalah Media Ulama. Medan: Media Ulama

Fadjar, A. Malik. 2012. Reorirentasi Pendidikan Islam . Jakarta: Cipta Pustaka

Guba, Yvonna S. Lincoln and Egon G. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications

al-Jauziyah, Ibn Qayyim. t.t. I‘lam al-Muwaqqi‘in an Rabb al-Alamin , Beirut: Dar al-Fikr

al-Ghazali, Imam. t.t. Ihya’ ‘Ulum ad-Din, Beirut: Dar al-Fikr

Kahmad, Dadang. 2000.Metode Penelitian Agama (Perspektif Ilmu Perbandingan Agama). Bandung:

Pustaka Setia

Kementrian Agama Republik Indonesia. 2010. Alquran dan terjemah. Jakarta: Sigma Examedia

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mudyahardjo, Redja. 2001.Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan

pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia . Jakarta: RajaGrafindo Persada

MUI Sumatera Utara. 2015. Latar belakang Pendidikan Tinggi Kader Ulama . Medan: Manhaji

Press

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan

Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan . Bandung: Sinar Baru

Nashabe, Hisham. 1980.Muslim Educational Institutions: A General Survey Followed By A Monographic

Study of al-Madrasah al-Mustansiriyah In Baghdad . Beirut: Librairie du Liban

Muhadjir, Neong. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin

Daulay, Haidar Putra. 2012. Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia . Medan: Perdana

Publishing

Margono, S. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sukadi. 2008. Guru Power Full. Bandung: Qalbu

Syafaruddin, dkk. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama

Syah, Abdullah. 2013. Butir-Butir Pemikiran Islam. Bandung: Citapustaka Media

Syahrum dan salim. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i1.4482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan