PROBLEMATIK PENDIDIKAN TINGGI KADER ULAMA MAJELIS ULAMA INDONESIASUMATERA UTARA DALAM MELAHIRKAN ULAMA DI MASYARAKAT SUMATERA UTARA
Abstract
Kader Ulama MUI Sumatera Utara, 2) untuk mengetahui problematik keuangan Pendidikan Tinggi Kader
Ulama MUI Sumatera Utara, 3) untuk mengetahui problematik pembelajaran pendidikan tinggi kader
ulama MUI Sumatera Utara, 4) untuk mengetahui problematik alumni Pendidikan Tinggi Kader Ulama
MUI Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan dengan menggunakan
motode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara (interview), dan penelaahan
data yang mengacu pada penelitian kualitatif tersebut. Setelah dilakukan penelitian, maka temuan penelitian
menunjukkan bahwa, 1) Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) yang ditangani langsung oleh Majelis
Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara dimulai pada tahun 2006, 2) PTKU melaksanakan sistem
pendidikan yang bermodelkan pendidikan pesantren tetapi berbeda dalam bagian tenaga pengajarnya
yang bergelar Profesor dan Doktor, 3) PTKU menerapkan pembelajaran yang terfokus kepada kitab-kitab
klasik atau kitab turast, 4) PTKU telah melahirkan alumni kader ulama yang berakhlak mulia, berwawasan
luas, cinta ilmu, pengamal agama dan pembela agama, 5) problematik kelembagaan PTKU berupa statusnya
yang belum berdiri sendiri karena masih dibawah naungan MUI Provinsi Sumatera Utara, 6) problematik
keuangan PTKU terlihat pada pembukuan yang masih belum berdiri sendiri, dan sumber dana yang
terkadang tidak sesuai dengan pembiayaan dalam pelaksanaan pendidikan sehingga terjadi penanggulangan
yang mesti dilakukan oleh MUI Provinsi Sumatera Utara, 7) problematik pembelajaran PTKU, yaitu
adanya pergeseran dari antusias belajar mahasiswa begitu juga dengan adab, akhlak, kedisiplinan dan
prestasi yang diperoleh masih jauh dari yang diharapkan oleh MUI Provinsi Sumatera Utara, 8) problematik
alumni PTKU berupa tantangan yang dihadapi di masyarakat masih terlalu besar karena keberadaan
status belum sepenuhnya diketahui dan pemberdayaan alumni yang belum dilakukan seolah-olah alumni
hanya dipandang sebelah mata sehingga harus melakukan kerjasama dengan pihak lain agar dapat
berdakwah keberbagai daerah. Begitu juga dengan peluang yang dirasakan masih sedikit sehingga perlu
kiranya MUI Provinsi Sumatera Utara merekomendasikan alumninya ke Majelis Ulama Indonesia tiap
Kabupaten/ Kota untuk berperan di daerah asalnya masing-masing, sehingga segala ilmu yang didapat
selama pendidikan dapat diamalkan ditengah masyarakat dan menjadi ukuran bahwa alumni sudah
berkiprah sejauh apa yang diharapkan.
Kata Kunci: Problematik, Pendidikan Tinggi Kader Ulama, Majelis Ulama Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Arif, Armai. 2002. Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers
Arikunto, Suhardi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Asari, Hasan. 2012. Nukilan Pemikiran Islam Klasik: Gagasan Pendidikan Abu Hamid Al-Ghazali.
Medan: IAIN Press
Azra, Azyumardi. 1999.Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta:
Logos Wacana Ilmu
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
Dewan Pimpinan MUI Sumatera Utara. 2006. Profil MUI: Pusat & Sumatera Utara . Medan:
Sekretariat MUI Provinsi Sumatera Utara
DP MUI Sumatera Utara. 2014. Majalah Media Ulama. Medan: Media Ulama
Fadjar, A. Malik. 2012. Reorirentasi Pendidikan Islam . Jakarta: Cipta Pustaka
Guba, Yvonna S. Lincoln and Egon G. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications
al-Jauziyah, Ibn Qayyim. t.t. I‘lam al-Muwaqqi‘in an Rabb al-Alamin , Beirut: Dar al-Fikr
al-Ghazali, Imam. t.t. Ihya’ ‘Ulum ad-Din, Beirut: Dar al-Fikr
Kahmad, Dadang. 2000.Metode Penelitian Agama (Perspektif Ilmu Perbandingan Agama). Bandung:
Pustaka Setia
Kementrian Agama Republik Indonesia. 2010. Alquran dan terjemah. Jakarta: Sigma Examedia
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mudyahardjo, Redja. 2001.Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan
pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia . Jakarta: RajaGrafindo Persada
MUI Sumatera Utara. 2015. Latar belakang Pendidikan Tinggi Kader Ulama . Medan: Manhaji
Press
Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan
Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan . Bandung: Sinar Baru
Nashabe, Hisham. 1980.Muslim Educational Institutions: A General Survey Followed By A Monographic
Study of al-Madrasah al-Mustansiriyah In Baghdad . Beirut: Librairie du Liban
Muhadjir, Neong. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin
Daulay, Haidar Putra. 2012. Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia . Medan: Perdana
Publishing
Margono, S. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sukadi. 2008. Guru Power Full. Bandung: Qalbu
Syafaruddin, dkk. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama
Syah, Abdullah. 2013. Butir-Butir Pemikiran Islam. Bandung: Citapustaka Media
Syahrum dan salim. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i1.4482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan