KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN QISMULALY AL WASHLIYAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Irham Lubis, Saiful Akhyar Lubis, Edi Saputra

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Kompetensi profesional guru di Madrasah
Aliyah PPQ Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai, 2) Faktor pendukung dan penghambat
bagi pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah PPQ Al Washliyah Kabupaten
Serdang Bedagai, 3) Kebijakan kepala Madrasah Aliyah PPQ Al Washliyah Kabupaten Serdang
Bedagai terhadap kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi profesional guru di madrasah Aliyah PPQ
Al Washliyah Serdang Bedagai sudah memenuhi kriteria yang disebut sebagai guru profesional,
hal ini dapat diukur dari indikator-indikator yang telah dipenuhi oleh setiap guru seperti mempersiapkan
perangkat pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang
dibuat sesuai dengan tema pembelajaran, dan menggunakan metode pembelajaran yang variatif
2) Faktor pendukung dalam pengembangan kompetensi profesional guru di madrasah Aliyah
PPQ Serdang Bedagai adalah kesiapan guru dan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran,
dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai seperti wifi serta hampir semua guru-guru
sudah di sertifikasi dan telah dilakukan penyesuaian (inpasing). Sedangkan yang menjadi faktor
penghambat dalam pengembangan kompetensi profesional guru di madrasah Aliyah PPQ Serdang
Bedagai adalah tingkat motivasi dan kemauan belajar siswa yang berbeda-beda. 3) kebijakan
kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi profesional guru di madrasah Aliyah PPQ Al
Washliyah adalah melalui kewajiban setiap guru mengikuti training atau pelatihan dan melalui
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Kata Kunci:Kompetensi, Guru dan PPQ

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Undang-undang dan peraturan

Pemerintah RI tentang Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996)

Faturahman, Pupuh, dan AA Suryana, Guru Profesional, (Bandung: Rafika Aditama, 2012)

Gibb, HAR, and Kramers JH, Shorter Encyclopedia of Islam , (Lieden: EJ, Brill, 1961)

Hamka, Tafsir Al-Azhar , Juz 4, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1992)

Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Konsep dan Strategi, (Bandung: Mandar Maju, 1991)

Ja’far, Al Jam’iyatul Washliyah: Potret Histori, Edukasi dan Filosofi (Medan: Perdana Publishing-

Centre for Al Washliyah Studies, 2011).

Juhji, Peran urgen dalam pendidikan, dalam jurnal ilmiah pendidikan, Vol. 10

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009)

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Misak Galiza, 2003)

Munawir, A.W. Kamus Al-Munawwir Arab Indonesia, (Surabaya: Pustaka Progresif, 1997)

Nakosteen, Mehdi, History of Islamic Origins of Western Education A.D. 800-1350, with an

Introduction to Medieval Muslim Education , terj. Joko S Kahar dkk. (Colorado:

University of Colorado Press, Boulder, 1964)

Nata, Abuddin, Kapita Selekta PendidIkan Islam, (Jakarta: Rajawali Perss, 2012)

Napitupulu, Dedi Sahputra, “Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Mengembangkan Ranah

Afektif Siswa di MAN 2 Model Medan”, dalam Tadzkiya, Vol. II, No. 2 Tahun 2016

Nurdin, Muhammad, Kiat Menjadi Guru Profesional, (Jogjakarta: Ar Ruz Media, 2008)

Observasi pada hari Selasa, 29 Januari 2019 di Madrasah Aliyah PPQ Al Washliyah.

PB Al Washliyah, Anggaran Dasar dan Rumah Tangga Al Jam’iyatul Washliyah, (Jakarta: PB

Al Washliyah, 1997)

Quthb, Sayyid, Tafsir Fi Zhilal Qur’an di Bawah Naungan Al-Qur’an, Jilid III, (Jakarta: Gema

Insani Press, 2003)

Rahim, Husni, “Anatomi Madrasah di Indonesia,”dalam Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 2, Nomor 2, April-Juni 2004

Salam, Burhanuddin, Pengantar Pedagogik Dasar-dasar Ilmu Mendidik, Cet. I, (Bandung: Rineka

Cipta, 1996)

Soetopo, Hendyat, Pendidikan dan Pembelajaran: Teori Permasalahan dan Praktek (Malang:

UUM Press, 2005)

Shihab, Quraish, Tafsir Al-Mishbah, (Jakarta: Lentera Hati, 2007)

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2000)

Tilaar, H.A.R Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: dalam Perspektif Abad 21 ,

(Magelang: Tera Indonesia, 1999)

Team Penulis, Ensiklopedi Indonesia, (Jakarta: Ikhtiar Baru, 1983)

Uzer, Usman, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Bab 1,

Pasal 1

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Bab 1, Pasal 1, Ayat 6

Wawancara dengan Ibu Aprilia Dilei, guru PKn Madrasah Aliyah PPQ Serdang Bedagai. Senin,

Januari, 2019 di ruang guru.

Wawancara dengan Ibu Dian Jaya Sari, guru Fisika Madrasah Aliyah PPQ Serdang Bedagai.

Senin, 21 Januari, 2019 di ruang guru.

Zainuddin Hamidy, Terjemah Hadis Shahih Bukhari, (Jakarta: Bumi Restu, 1992, Jilid 1)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i1.4155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan