PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH LUAR BIASA ABC TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN

Nurul Fithri Almaududi Siregar, Abd. Mukti, Edi Saputra

Abstract


yang berkaitan dengan: a) komponen-komponen sistem pendidikanyang dilaksanakan di SLB ABC TPI
Medan, b) Proses pembelajaran di SLB ABC TPI Medan menggunakan beberapa metode pembelajaran
yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kesulitan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran,
dan c) faktor pendukung dan hambatan berjalannya sistem pendidikan yang berjalan di SLB ABC TPI
Medan. Penelitian ini memberikan informasi bahwa: (1) Sistem pendidikan di SLB ABC TPI Medan
memenuhi seluruh komponen yang ada pada sistem pendidikan nasional yang dibutuhkan setiap lembaga
pendidikan. Setiap komponen itu adalah tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum, metode,
sarana dan prasarana, lingkungan, alat/media pendidikan, lembaga pendidikan dan pembiayaan atau
dana pendidikan. (2) Proses pembelajaran di SLB ABC TPI Medan menggunakan beberapa metode
pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kesulitan peserta didik dalam mengikuti
proses pembelajaran dalam ruangan kelas. Beberapa metode yang digunakan pada peserta didik dengan
autisma adalah metode belajar ABA atau sering dikenal dengan metode Lovaas dan metode Sone-Rise.
Metode ini memiliki prinsip untuk mengembangkan perilaku positif pada peserta didik dengan autisma
mampu latih atau disebutnya dengan non verbal. (3) Beberapa faktor pendukung berjalannya sistem
pendidikan yang berjalan di SLB ABC TPI Medan adalah tumbuhnya perhatian dan bantuan yang
diberikan pemerintah pada lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran pada peserta
didik dengan kebutuhan khusus. Kemudian kesadaran orang tua untuk menjalankan tanggung jawab dan
memberikan pendidikan yang layak pada anak-anaknya yang berkebutuhan khusus. Selanjutnya tenaga
pendidik yang memiliki kompetensi pada pendidikan khusus, berkarakter kuat pada pendidikan khusus
serta niat tulus dalam memberikan pelayanan pendidikan dan pembelajaran pada anak berkebutuhan
khusus, merupakan dukungan besar yang dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang dicita-citakan
setiap pihak yang diuntungkan dalam pendidikan.
Kata kunci: Sistem Pendidikan, Pembelajaran, Sekolah Luar Biasa

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agung Riadin, Misyanto dan Dwi Sari Usop, “ Karakteristik Anak Berkebutuhan

Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya”, Anterior Jurnal, Vol. 17 No. 1, Tahun

Afandi, Muhammad, dkk,Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang: UNISSULA Press,

Al-Jamaly, M. Fadhil,Filsafat Pendidikan dalam Alquran, Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1986.

Alimin, Zaenal, “Pendidikan Kebutuhan Khusus”, Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan

Khusus, Vol. 3 No. 1, Tahun 2004.

Arikunto, Suharsimi,Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: PT. Grafindo

Persada, 1993.

Bernadib, Sutari Imam,Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: FIP/IKIP, 1995.

Chamidah, Atien Nur, “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus”, Seminar Pelatihan Komperehensif Anak

Berkebutuhan Khusus”, Jurnal At-Ta’dib, Vol. 8 No. 2 Tahun 2015.

Dadang Sukirman dan Ali Nugraha,Kurikulum dan Bahan Belajar TK, Tanpa Tempat Terbit: 2014.

Daryanto, M.,Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Daulay,Haidar Putra,Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Jakarta: Kencana, 2016.

Hornby,Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, Hongkong: Oxford University Press,

Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Kusuma, Sumardiansyah Perdana, “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kreatif terhadap Hasil

Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 3 No. 2, Tahun 2014.

Langgulung, Hasan, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, Tanpa Tahun Terbit.

Lutvaidah, Ukti, “Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran”, Jurnal Formatif, Vol. 5 No. 3, Tahun

Muhaimin dkk,Paradigma Pendidikan islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah,

Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.

Mujib, Abdul,Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Mulyasa, E.,Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Nata, Abudin,Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Muda Pratama, 2005.

Pramartha, Nyoman Bayu, “Sejarah dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar

Bali”, Jurnal Historia, Vol. 3 No. 2, Tahun 2015.

Raco, J. R.,Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo, 2010.

Rika Megasari, “Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas

Pembelajaran”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 2 No. 1 Tahun 2014.

Sajjad Husain dan Ali Ashraf,Crisis in Muslim Education, Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.

Salim dan Syahrum,Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Cipta Pustaka Media, 2007.

Santoso, Hargio,Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus, (Yogyakarta: Gosyen Publishing,

Sudarwan Danim,Perkembangan Peserta Didik, Bandung:Alfabeta, 2014.

Sukmadinata, Nana Syaodih,Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Tim Penyusun,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1996.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar

Grafika, 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 7 Ayat 1,

Bandung: Citra Umbara, 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Bab 4, Pasal 5, Ayat 1-2, Jakarta: DEPAG, 2006.

Utina, Sitriah Salim, “Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus”, Tadbir, Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam, Vol. 2 Nomor 1, Tahun 2014.

Widodo, Urip, “Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar

Siswa”, Skripsi, Fakultas Tenik Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Zaenuddin, “Pembaharuan Sistem Pendidikan Islam”, Jurnal Risalah, Vol. 1 Nomor 1, Tahun 2015.

Zuhairini dkk,Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i1.4113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan