MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA BERBASIS ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Laila, Uswatun Qoyyimah, Mujianto Solichin, Mukhlisin, Dhikrul Hakim

Abstract


Abstrak: Pendidikan karakter merupakan bagian integral yang sangat penting dalam satuan pendidikan Indonesia. Oleh sebab itu diperlukan manajemen pendidikan karakter yang baik secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis konsep perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen program pendidikan karakter berbasis Islamic boarding school di MI Unggulan Annur Peterongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berjenis penelitian lapangan. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan empat tahapan yaitu: (1) pengumpulan data, (2) kondesasi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan manajemen program pendidikan karakter siswa diawali dengan adanya rapat awal tahun, dan dilanjutkan dengan menetapkan visi misi madrasah, memasukan program pendidikan karakter pada visi madrasah dan kurikulum pembelajaran yang terdokumentasi dalam dokumen kurikulum madrasah, dan mensosialisasikan program pendidikan karakter kepada seluruh warga sekolah. Implementasi manajemen program pendidikan karakter di MI Unggulan Annur Peterongan adalah mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran, mengintegrasikan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler, menerapkan keteladanan, dan pembiasaan rutin sehari-hari di asrama. Evaluasi manajemen program pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Annur Peterongan dilakukan evaluasi secara formal, evaluasi dari pihak kepala sekolah hingga guru, dan evaluasi yang terintegrasi dengan asrama dan kegiatan siswa di madrasah.

Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Islamic Boarding School.

 

Abstract: The results of the research show that planning for student character education program management begins with a meeting at the beginning of the year, and continues with establishing the madrasah vision and mission, including the character education program in the madrasah vision and learning curriculum documented in the madrasah curriculum document, and socializing the character education program to all residents school. The implementation of character education program management at MI Unggulan Annur Peterongan is integrating character education into subjects, integrating character education into extracurricular activities, implementing role models, and getting used to daily routines in the dormitory. The evaluation of the management of the character education program at the Annur Peterongan Superior Madrasah Ibtidaiyah was carried out by a formal evaluation, an evaluation from the principal to the teachers, and an evaluation that was integrated with the dormitories and student activities at the madrasah.

Keywords: Management, Character Education, Islamic Boarding School.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Annas Annisa Nuraisyah, Ansar, Arwildayanto, Sitti Roskina Mas, “Program Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Boarding (Studi Multikasus di MA Al-Huda Gorontalo),” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, No.2 (2022):15898.

Badruddin, Badruddin, Dasar-dasar Manajemen. Bandung: ALFABETA (2015): 112-114.

Bugin Burhan, Metodologi Penelitian Sosial Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif (Surabaya: Airlangga University Press, 2001) hal.142.

farida Ida, Kamalia Aslimatun Ana, "Konsep Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlakul Karimah di MTs Ma'arif NU Kemiri," MANAGERE Indonesian Journal Of Educational Management 2, No.1 (2020):12.

George R. Terry, Principles of Management (Sukarna, 2011), h.10.

Hakim Lukman dan Mukhtar, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Jambi: Timur Laut Aksara (2018): 33-34.

Lestari Leli, “Implementasi Pendidikan Karakter Islami Dalam Budaya Sekolah,” Jurnal Studi Islam 16, No.1 (2021):130.

Mattew B. Miles, A. Michel Huberman, Johny Saldana, “Qualitative Data Analysis A methods Sourcebook” (United States of America: SAGE Publications inc, 2014): 30.

Prastowo, Prastowo, Metodelogi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011) 22.

Rahman Taufiqur, Siti Manna Wassalwa, “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan akhlak Peserta Didik,” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, No.1 (2019): 9.

Saadah Rifngatus, Asy’ari Hasyim, “Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik,” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam 1, No.1 (2022): 9.

Salabi Agus Salim, “Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam dalam Pengauatan Pendidikan Karakter,” Journal of Education 1, No.2 (2021):70.

Syawaliah Sali, Asrori Ahmad, Murtafiah Nurul Hidayati, “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Akhlak Siswa,” AN-NAJAH Jurnal Pengembangan dan Pembelajaran Islam 2, No.1 (2023):32.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v8i2.21385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan