TEORI – TEORI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DAN RAUDHATHUL ATFAL

Siti Aisyah Al Habsah Siregar, Syabina Nawang Wulan

Abstract


Abstrak: Teori pembelajaran anak usia dini tidak jauh berbeda dengan teori-teori pendidikan yang telah ada sekarang ini. Hanya saja yang membedakan adalah cara mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain, teori-teori tersebut dikaitkan dengan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Teori belajar dikembangkan dari kenyataan bahwa manusia secara alami memiliki kemampuan dan kemauan untuk belajar yang luar biasa. Manusia telah mengembangkan peradaban, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wujud dari proses belajar. Setiap anak memiliki cara dan hasil belajar yang berbeda-beda. Begitu pula anak dari budaya masyarakat dan negara yang berbeda mengembangkan kebudayaan yang berbeda pula. Jadi, aspek yang dipelajari anak meliputi berbagai aspek kehidupan dan hasilnya sangat dipengaruhi oleh bakat, minat, kecerdasan dan kultur budaya anak. Kata Kunci : Teori Pembelajaran, Anak Usia Dini  Abstract: Early childhood learning theory is not much different from educational theories that exist today. The onlydifference is how to apply it in the learning process. In other words, these theories are related to the characteristics of early childhood growth and development. Learning theory was developed from the fact that humans naturally have extraordinary abilities and willingness to learn. Humans have developed civilization, science and technology as a form of the learning process. Every child has different learning methods and outcomes. Likewise, children from different cultures and countries develop different cultures. So, the aspects that children learn cover various aspects of life and the results are greatly influenced by the child's talents, interests, intelligence and culture.

Keywords : learning theory, early childhood


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ausubel P. D, 1977, Relationship of creative thinking with the academic achievements of secondary school student. International Interdisciplinary Journal of Education, vol. 1, no. 3.

Barnawi dan Ardy Wiyani Novan, 2012, Format PAUD Konsep, Karakteristik dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta : Ar Ruzz Media.

Dahlia Putri Ayu dan Dadan Suryana Dadan, 2022, Teori Teori Belajar Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2.

Depdiknas, 2007, Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak Kanak, Jakarta : Dirjen Dikdasmen.

Fadhillah Muhammad, 2012, Desain Pembelajaran AUD, Jogjakarta : Ar Ruzz Media.

Hakim Faqih Hasibuan, 2022, Model dan Strategi Pembelajaran AUD, Diktat, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN SU.

Hakim Faqih Hasibuan, 2022, Model dan Strategi Pembelajaran AUD, Diktat, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN SU.

Hartati Sofia, 2005, Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini, Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Musfiroh Tadkirotum, 2005, Bermain Sambil Belajar Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasa, Jakarta : Depdiknas.

Musfiroh Tadkirotun, 2005, Bermain Sambil Belajar Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasa, Jakarta : Depdiknas.

Rosnati dan Wahab Gusnarib, 2021, Teori Teori Belajar dan Pembelajaran, Palu: CV Adamu Abimata.

Santrock W.J, 2007, Adolescence (Remaja), Jakarta : Erlangga.

Suyanto Selamet, 2005, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Depdiknas.

Thobroni Muhammad dan Mustofa Arif, 2013, Belajar dan pembelajaran, Jogjakarta: ArRuzz Media

W. Anita Sri, 2022, Strategi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v8i1.21351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan