ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH TERKAIT PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA/I SDN 112273 DI KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA

Fahrul Azmi, Ummi Khoiriah Nasution

Abstract


Abstrak: Penyebaran wabah penyakit Coronavirus Disease 2019 di Indonesia yang semakin serius menyebabkan pemerintah beserta jajarannya harus mengambil kebijakan dengan membatasi aktivitas sosial masyarakat dengan tujuan pemutusan rantai penyebaran wabah tersebut. Salah satunya masalah pembatasan sosial tentang pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar, hal ini juga diterapkan di daerah pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang menjadi titik fokus pada penelitian ini. Penerapan model pembelajaran secara daring diwilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara terkhusus pada objek penelitian ini yakni SD Negeri 112273 Kampung Mesjid menuai beberapa kendala dan permasalahan – permasalan yang kian serius, sehingga penerapan pembelajaran secara daring tidak dapat dikatakan maksimal. Fakta ini disebabkan oleh beberapa faktor penghambat yang terjadi dikalangan masyarakat serta kondisi wilayah yang belum cakap untuk mengikuti kebijakan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Analisis Kebijakan oleh Satori dan Komariyah. Penelitian menggunakan metodologi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini juga terdiri dari informan utama dan informan pendukung. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis kebijakan pemerintah terkait proses pembelajaran secara daring di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara yang ternyata berdampak terhadap kondisi minat belajar Siswa/I pada objek penelitian ini dilakukan yaitu SDN 112273 Kampung Mesjid.

Kata Kuci: Penyebaran Wabah Penyakit, Kebijakan Pemerintah, Minat Belajar Siswa


Full Text:

XML

References


Daftar Pustaka

Amin Priatna, Disertasi.2008. “Analisis Implementasi Kebijakan Kesejahteraan. Balairung.

Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Edisi Keempat). Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.

Edi Suharto, 2008.Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Alfabeta.Bandung.

Hadari Nawawi. 2008. Metode Penelitian Bidang Sosial, Gadjah Mada University

Hessel Nogi S.2003.Tangkilisan,Evaluasi Kebijakan Publik. Yogyakarta:

Indra Muda. 2019. Transparansi Implementasi Kebijakan Publik. Media Persada, Medan.

Kitao, Kenji. S. Kathleen Kitao.1998. Selecting and developing teaching/Learning Komputindo,Jakarta. Hlm : 92

Marwan Effendi.2013. Teori Hukum dan Perspektif Kebijakan, perbandingan danHarmonisasi Hukum Pidana, Referensi, Jakarta.

Miriam Budiardjo. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik. Gramedia, Jakarta.

Noeng Muhadjir.2000. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Teori Pendidikan Pelaku Press, Yogyakarta.

Sahya Anggara. 2014.Kebijakan Publik.Pustaka Setia. Bandung.

Solichin Abdul Wahab. 2015. Analis Kebijakan : dari formulasi ke penyusunan Sosial Kreatif. Raka Sarasin. Yogyakarta.

William N. Dunn. 2003. Public Policy Analysis; an Introductoin (Analisis Kebijakan Publik), terjemahan (Hanindita Graha Widya, Yogyakarta).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Labuhanbatu Utara, 2019. Kecamatan Kualuh Hilir dalam Angka. BPS Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Profil UPTD SATUAN PENDIDIKAN SD NEGERI 112273 Kampung Mesjid Kabupaten Labuhanbatu Utara




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v7i2.18893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan