HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALITAS GURU MTS SE SUB RAYON 38 KECAMATAN PANGKALAN SUSU KABUPATEN LANGKAT
Abstract
Profesionalitas GuruSub Rayon 38 Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat? (2) Apakah terdapat
hubungan positif motivasi kerjadengan Profesionalitas GuruSub Rayon 38 Kecamatan Pangkalan Susu
Kabupaten Langkat?, (3) Apakah terdapat hubungan positif antara Gaya kepemimpinan kepala sekolah
dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan Profesionalitas GuruSub Rayon 38 Kecamatan Pangkalan
Susu Kabupaten Langkat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan positif yang signifikan
antara: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) motivasi kerja dengan Profesionalitas
guru, (3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerjasecara bersama-sama dengan Profesionalitas
Guru Sub Rayon 38 Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat.Metode penelitian ini adalah kuantitatif
jenis deskriptif studi korelasional. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Gaya kepemimpinan
kepala sekolah dengan Profesionalitas Guru, koefisien korelasi 0,364. Terdapat hubungan positif yang
signifikan antara Motivasi kerja dengan Profesionalitas Guru, koefisien korelasi 0,213. Terdapat hubungan
positif yang signifikan antara Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan Motivasi kerja secara bersamasama
dengan Profesionalitas Guru, koefisien korelasi 0,404. Pengujian dilakukan pada á = 0,05, dk =
95. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan Profesionalitas Guru dibutuhkan Gaya kepemimpinan kepala
sekolah dan motivasi kerja yang baik.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi dan Profesional
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ali, Muhammad, 2002, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arbi, Zanti. 1990.Filsafat Pendidikan Sejak Pertengahan Abad Ini, Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud
Bayless, M.D. 1981.Profesional Ethics. California Wadsworth Publishing Company
Elliot, 1972, Improving Learning Profesional Practice in Secondary Schools. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Indonesia.
Hasibuan, SP. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan. Jakarta: CV.
Mas Agung,
Isroni, S. 2009.Hubungan Motivasi Kerja, Masa Kerja, dan Kesejahteraan Guru dengan Profesionalisme
Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, Tesis: Program
Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Menteri Pendidikan Nasional, 2007, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 13 Tahun 2007 tentang
Standar Kepala sekolah/Madrasah, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyasa, E, 2005,Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK, Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Manan, Imran. 1989.Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan, Jakarta : Ditjen Dikti Depdikbud.
Pidarta, Made.1997.Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Robins, Stephen, 2008,Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, alih bahasa, Hadiyana Pujaatmika,
Jakarta: Prenhalindo.
Sanusi, Ahmad. dkk. 1991.Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan,
Bandung : IKIP Bandung.
Stinnet, T.M. 1986.Profesional Problem at Teacher. New York: The Macmillan Company.
Sanusi, Ahmad. dkk. 1991.Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan,
Bandung : IKIP Bandung.
Suriadi, 2007,Esensi Guru dan Kepala Sekolah Profesional Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya
Manusia Untuk Menghadapi Persaingan Global, Forum Penelitian.
Sudjana, Nana. 2004,Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Usman, Husaini, 2008,Manajemen, Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori Aplikasi dan Isu Penelitian,
Bandung: Alfabeta.
Wuraji. 1988.Sosiologi Pendidikan. Sebuah Pendekatan Antropologi. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Wahjosumidjo, 2008,Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Press.
Wahab, Azis, Abdul, 2008, Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan (Telaah Terhadap Organisasi
dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan), Bandung: Alfabeta.
Wainer, B, 1972, Atribute on Theory Achievement Motivation and Educational Process, Review of Educational
Research.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i2.1869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan