NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM ALQURAN (Studi Analisis Tafsir Al-Maraghi)

Rahmayani Siregar, Syamsu Nahar, Edi Saputra

Abstract


Abstract: The aims of this research are to analyze in depth about the values of multicultural education
through the interpretation of al-Maraghi Qur’an. 1. How is the interpretation of the multicultural verses
according to Mustafa al-Maraghi ?, 2. What are the values of multicultural education in the Qur’an
according to Mustafa al-Maraghi’s perspective in the interpretation of al-Maraghi ?, 3. What is the relevances
of multicultural education values contained in the Qur’an with the conditions of modern society
today? This study uses a qualitative approach to the type of research that is library (Library Research).
The data collection was carried out by reviewing the document, namely the interpretation of al-Maraghi.
The interpretation of this interpretation uses theMaudhu’I interpretation method. Data analysis techniques
include content analysis (Content Anlysis) and critical analysis. The results of this research showed
that: the values of multicultural education include 1) Value of Tolerance, 2) Value of Democracy / Freedom,
3) Value of Equality / Equality, 4) Value of Justice. The four values are seen from the aspect of the
Qur’an found in Q.S. al-Hujurat: 13, Q.S. al-Baqarah verses 213 and 256, Q.S. Nisa verses 1 and 58, and
Q.S. al-kafirun: 1-6. According to the researchers’ analysis of the interpretation of al-Maraghi, one of the
triggers of chaos that occurs in social interaction is the attitude of mocking others, so tolerance and mutual
help are needed in order to be able to live in harmony and humanity.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tentang nilai-nilai pendidikan multikultural
melalui tafsir Alquran al-Maraghi. 1. Bagaimana penafsiran ayat-ayat Multikultural menurut Mustahafa al-
Maraghi?, 2. Apa sajakah nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Alquran menurut perspektif Musthafa al-
Maraghi dalam tafsir al-Maraghi?, 3. Apa relevansi nilai-ilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam
Alquran dengan kondisi masyarakat modern saat ini?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian yang bersifat kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan
telaah dokumen yaitu tafsir al-Maraghi. Penafsiran pada tafsir ini menggunakan metode tafsirTahlili. Teknik
analisis data meliputi analisis isi (Content Anlysis) dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
nilai-nilai pendidikan multikultural tersebut antara lain;1) Nilai Toleransi, 2) Nilai Demokrasi/Kebebasan, 3)
Nilai Persamaan/Kesetaraan, 4) Nilai Keadilan. Adapun keempat nilai tersebut dilihat dari aspek Alquran
terdapat pada Q.S. al-Hujurat:13, Q.S. al-Baqarah ayat 213 dan 256, Q.S. an-Nisa ayat 1 dan 58, dan Q.S.
al-kafirun: 1-6. Menurut analisis peneliti terhadap tafsir al-Maraghi, salah satu pemicu kekisruhan yang
terjadi dalam interaksi sosial adalah sikap mengolok-olok terhadap orang lain, maka sangat dibutuhkan
sikap toleransi dan saling tolong menolong secara adil agar mampu hidup dengan rukun dan humanis.
Kata Kunci: Pendidikan, Multikultural dan Tafsir al-Maraghi

Full Text:

PDF

References


Aly, Abdullah,Studi Deskriptif Tentang Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan di Pondok

Pesantren Modern Islam Assalam (Universitas Muhammadiyah Surakarta: Muhammadiyah

University Press, 2015)

Ali, Atabik,Kamus Kontemporer Arab Indonesia ( Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 1998)

Banks, James A. dan Cherry A. McGee,Multicultural Education: Issues and Perspectives (Boston: Allyn

and Bacon, 1989)

Djohar,Pendidikan Strategik, Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan (Yogyakarta : LESFI 2003)

Depag RI,Proyek Pengadaan Al-Qur’an danTerjemahannya (Jakarta: PT. Intermasa, 1986)

Dawud, Zaini, HR. Abu,Kitab al-Mahdi, Jilid 27, hadis ke 5121

Dawam, Ainurrafiq,Emoh Sekolah ( Yogyakarta: Inspeal Ahisma Karya Press, 2003)

Dawam, Ainurrafiq,Manusia dan Keragamannya (Jakarta: Grafindo Media Persada, 2012)

Hambal, Musnad Ahmad bin, Jilid III, hadis ke 25381

Hasan,Tafsir Tematik Ayat-ayat Kalam Tafsir Al-Maraghi (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1997)

Hanum, Farida,Fenomena Pendidikan Multikultural pada Mahasiswa Aktivis UNY, LAporan Penelitian (

Yogyakarta: Lemlit UNY, 2005)

Hasyim, H.A. Dardi, dan Yudi Hartono,Pendidikan Multikultural di Sekolah (Surakarta: UPT penerbitan

dan percetakan UNS, 2009)

Kartono, Kartini,Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis ( Bandung: Mandar Maju, 1992)

Maksum, Ali,Pluralisme dan Multikulturalisme: Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia

(Malang: Aditya Media, 2011)

Muslim, Mukhtashor Shohih,Ash-Shirath al-Mustaqim, hadis ke 1848

Masud, Abddurahman, dkk. Paradigma Pendidikan Islam, cet 1 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, bekerjasama

dengan Fakultas Tarbiyah IAIN walisongo Semarang, 2001 )

Ma’arif, Syamsul,Pendiidkan Pluralisme di Indonesia (Yogyakarta: Logung Pustaka, 2005)

Munawwir, Ahmad Warson,Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia (Yogyakarta: TP. 1984)

Nata, Abuddin,Filsafat Pendidikan Islam, cet. I (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997)

Nuryanto, M. Agus,Mazhab Pendidikan Kritis Menyingkap Relasi Pengetahuan, Politik, dan Kekuasaan (

Jakarta: PT. Grafindo, 2004)

Peter, Salim,Kamus Bahasa Kontemporer Edisi Pertama ( Jakarta: Modern English Press, 1991)

Purwadarminta, W.JS.Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka, 1999)

Ridho, Muhammad Rasyid,Tafsir Al-Manar, Juz I (Mesir: Dar Al-Manar, t.t.)

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Muliah, 2002)

Al Rasyidin, Demokrasi Pendidikan Islam; Nilai-nilai Intrinsik dan Instrumental (Bandung: Citapustaka

Media Perintis, 2011)

—————Falsafah Pendidikan Islami (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2008)

Sudrajat,Revitalisasi Pendiidkan Multikulltural Dalam Pembelajaran (Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal

Pembangunan Pendiidkan: Fondasi dan Aplikasi, vol 2 No.1, 2014)

Suparta, Mundzier, Islamic Multicultural Education: Sebuah Refleksi atas Pendidikan Agama Islam di

Indonesia (Jakarta: Al Ghazali Center, 2008)

Titus, H. M.S, et al,Persoalan-persoalan Filsafat (Jakarta : Bulan Bintang, 1984)

Tilaar, H.A.R.Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Traansformasi Pendidikan

(Grasindo: Jakarta, 2004)

Tim Penulis,Ensiklopedi Islam, Jilid 4 (Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoave, 2005)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta:

CV. Eka Jaya, 2003)

Yaqin, M. Ainul,Pendidikan Multikultural: Cross-Kultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan

(Yogyakarta: Pilar Media, 2005)

Zamroni,Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi (Prakondisi Menuju Era Globalisasi ( Jakarta: PSAP

Muhammadiyah2007)

Zuhairini,dkk.FilsfatPendidikan Islam, cet 2 ( Jakarta: Bumi Aksara, 1995 )

Zubaedi,Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan, ( UIN Sunan

Kalijaga: Hermenia Vol.3 No.1, Januari-Juni, 2004)

https://tirto.id, diakses pada 16 November 2017, Pukul 15. 22 WIB

https://m.detik.com, diakses pada 03 Mei 2018, Pukul 21. 09 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i2.1866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan