PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 105289 KOLAM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Tiasari Siregar

Abstract


Abstrak: Internalisasi pembentukan karakter yang didalamnya terdapat karakter cinta tanah air bukan hanyadapat diimplementasikan pada komponen setiap mata pelajaran yang diberikan oleh sekolah, akan tetapi melalui nilai-nilai kehidupan masyarakat, berbangsa dan negara mampu disampaikan, dikembangkan dan diimplementasikan dengan aktivitas sesuai dengan kondisi kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan karakter cinta tanah air di sekolah. Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menetapkan keabsahan data diperlukan teknik pemeriksaan, pelaksanaan. Pelaksanaan teknik pemeriksaan didasarkan atas sejumlah kriteria tertentu. Ada empat kriteria yang digunakan, yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran memiliki tahapan guna menunjang pendidikan karakter cinta tanah air melalui perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. 2) Implementasi pendidikan karakter cinta tanah air melalui budaya sekolah tentang melestarikan budaya Indonesia melalui kegiatan ekstrakulikuler yangdinaungi dari pihak sekolah guna peserta didik dapat memilih bakat dan minat untuk menjadikanekstrakulikuler yang ada tidak hanya sebagai wadah dalam menyalurkan bakat dan minat namun sebagai tempat belajar suatu karakter cinta tanah air misalnya pada ekstrakulikuler paskibra dan pramuka peserta didik diajarkan untuk bekerjasama, disiplin dan tidak pilih-pilih dalam berteman.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asyafiq, S. (2018). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN WARGA NEGARA GLOBAL. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1880

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (memilih diantara lima pendekatan). In Penelitian Kualitatif.

Fahmi, F., Limbong, M., Firmansyah, F., Mukhtar, M., & Fausi, A. F. (2021). Paradigma Konsep Pembiayaan Pendidikan di Madrasah. Jurnal Amal Pendidikan. https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.19882

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2), 164. https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384

Hasanah, S. U. (2019). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DALAM RANGKA PEMBINAAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN SISWA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1443

Hayani, A., Fahmi, F., & Marpaung, R. C. P. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis HOTS. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(02), 1468–1479.

Indriyani, D., Imron, A., & Deni Wijayatiningsih, T. (2022). ACCEPTANCE OF INTERFAITH VALUES: A CASE STUDY OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN NON-MUSLIM STUDENTS. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 4(1), 28–39. https://doi.org/10.47006/ijierm.v4i1.146

Kementerian Pendidikan Malaysia. (2001). Kurikulum prasekolah kebangsaan. Pusat Perkembangan Kurikulum Kementerian Pendidikan Malaysia.

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Lickona, T. (2013). Character education: The cultivation of virtue. In Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory. https://doi.org/10.4324/9781410603784-32

Mehmet Ozay, R. S. (2022). Integration Of Moderate Islamic Values In Character Education At Anak Saleh Elementary School Malang. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 4(2), 103–118. https://doi.org/10.47006/ijierm.v4i2.179

Nurhakim, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK GENERASI MILENIAL. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1172

Pradana, Y. (2019). Mengelaborasi Pemahaman Terhadap Pancasila. Untirta Civic Education Journal.

Putri, E., Sari, M., Megawangi, R., & Hastuti, D. (2013). Sekolah Dasar Progresif Dan Konvensional Di Kota Depok Influence of Parenting Style on Student ’ S Creativity in Progressive and Conventional Elementary School in Depok City. Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. In Jakarta: Kencana.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Suryana, F. I. F., & Dewi, D. A. (2021). Lunturnya Rasa Nasionalisme Pada Anak Milenial Akibat Arus Modernisasi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.400

Sutoyo, S. S. (2017). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa SMK Negeri Naritaing Kabupaten Alor. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP).

Syamsul Bahri. (2019). the Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.2

Yin, R. (2016). Case Study. In Theory and Methods of Metallurgical Process Integration. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-809568-3.00016-4

Yuliani, M. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tema Pahlawanku Kelas 4 SD Dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1222




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v7i1.15328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan