PENGARUH STRATEGI BELAJAR SURVEY, QUESTION, READ, RECITE DAN REVIEW (SQ3R) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN
Abstract
ekspositori; 2) Hasil belajar Fikih siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan siswa yang memiliki
motivasi belajar rendah; 3) Perbedaan hasil belajar Fikih siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang
diajar dengan strategi belajar SQ3R dengan siswa yang diajar dengan strategi belajar ekspositori; dan 4)
Interaksi antara strategi belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah
metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Taman Pendidikan
Islam Tahun Pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 74 orang dan terbagi dalam 2 rombel. Kelas VIII-1
menjadi kelas eksperimen dan kelas VIII-2 menjadi kelas kontrol. Kesimpulan penelitian yaitu: 1) Hasil
belajar Fikih siswa yang diajar dengan strategi belajarSurvey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)
lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi ekspositori, yang dibuktikan melalui
uji tbased on Means dengan hasil T hitung 6,916 >1,993 T tabel dan sig 0,00 < 0,05; 2) Hasil belajar
Fikih siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki
motivasi belajar rendah, yang dibuktikan melalui uji tbased on Means dengan hasil T hitung 7,191 >
1,993 T tabel dan sig 0,00 < 0,05; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar Fikih siswa yang memiliki motivasi
belajar tinggi yang diajar dengan strategi belajar Survey, Question, Read, Recite dan Review (SQ3R)
dengan siswa yang diajar dengan strategi belajar ekspositori, yang dibuktikan melalui uji t based on
Means dengan hasil T hitung 8,321 > 2,03 T tabel dan sig 0,00 < 0,05; dan 4) Terdapat interaksi antara
strategi belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik, yang dibuktikan melalui Uji F
dengan hasil Fhitung 104,312 > 3,04 F tabel, dan sig 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa
strategi belajarSurvey, Question, Read, Recite Dan Review (SQ3R) dan motivasi berpengaruh terhadap
peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Fikih.
The aims of this study are to determine: 1) learning results of Fiqh among students who taught by Survey,
Question, Read, Recite and Review (SQ3R) Learning Strategic and students who taught by Expository
learning strategic; 2) Learning Results of Fiqh among students who had high learning motivation and whotaught by SQ3R and students who had high learning motivation and taught by expository learning strategic;
and 4) interaction between learning strategic and learning motivation towards students learning result.
The population of this study were all students class VIII MTs Swasta Taman Pendidikan Islam Year 2017-
2018 consists of 74 students which divided into 2 classes. Class VIII-1 was designed as an experiement
class and class VIII-2 as controller class. Based on data analytic and examination of hipothetics, it is
concluded that: 1) Learning results of Fiqh among students who taught by Survey, Question, Read, Recite
and Review (SQ3R) Learning Strategic are higher than students who taught by Expository learning strategic.
It was proved by result of test of T, which described that Tcount 6,916 > 1,993 Ttable and significancy
result 0,00 < 0,05; 2) Learning results of Fiqh among students who had high learning motivation are
higher than students who had low learning motivation. It was proved by result of Test of T, which described
that Tcount7,191 > 1,993 T table and significancy result 0,00 < 0,05; 3) there was a difference learning results
of Fiqh among students who had high learning motivation and taught by SQ3R and students who had
high learning motivation and taught by expository learning strategic which proved by result of Test of T,
which described that Tcount 8,321 > 2,03 T table and significancy result 0,00 < 0,05; and 4) There are
interaction between learning strategic and learning motivation towards students learning result. It was
proved by F test result, which described that Fcount104,312 > 3,04 Ftable and significancy result 0,00 < 0,05.
Based on above results it can be said that Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) Learning
Strategic and learning motivation were effecting students learning results of Fiqh.
Kata kunci: strategi belajar Survey, Question, Read, Recite Dan Review (SQ3R), motivasi,
hasil belajar Fikih
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abduh, Muhammad, “Tafsir al-Qur’an al-Karim (Juz ‘Amma)”, terj. Muhammad Bagir,Tafsir Juz ‘Amma
Muhammad Abduh, (Bandung: Mizan, 1999)
Dimyati, dan Mudjiono,Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Dananjaya, Utomo,Media Pembelajaran Aktif (Bandung: Nuansa, 2010)
Darsono, et. al.,Belajar dan Pembelajaran (Semarang: CV. IKIP Semarang Press, 2002)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka. cet.
ed. 4, 2008)
Departemen Pendidikan Nasional,Strategi belajar dan Pemilihannya (Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional, 2008)
Fathurrohman, Pupuh, dan Sobry Sutikno,Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum
& Konsep Islam (Bandung: PT. Refika Aditama, 2007)
Gray, Jerry L. et. al.,Organizational Behavior, Concepts and Aplication (Columbus: Merrill Publ. Company,
Hamalik, Oemar,Proses Belajar Mengajar (Bandung : Bumi Aksara, 2004)
…………………,Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008)
M. Sardiman A.,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Raja Grafindo, 2010)
Nugraheni, Endang“Student Centred Learning dan Implikasinya terhadap Pembelajaran”, dalamJurnal
Pendidikan, vol. 8, no. 1, 2007
Purwanto, Ngalim,Psikologi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosda Karya, cet. 1, 2010)
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 41 tahun 2007, tentang Standar Proses
untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Bab III
Al Rasyidin dan Wahyuddin Nur Nasution,Teori Belajar dan Pembelajaran (Medan: Perdana Publishing,
Tohirin,Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Berbasis Integrasi dan Kompetensi (Jakarta:
Rajagrafindo Persada, 2005)
Al-Thabrani, Abu Al Qasim, AlMu’jam al-Ausath Juz 1(Kairo: Dar al Haramain, tt)
Tirtonegoro, Sutratinah,Anak Super Normal dan Program Pendidikannya (Jakarta: Bumi Aksara, cet. 3,
Suyono dan Hariyanto,Belajar dan Pembelajaran (Bandung; PT Remaja Rosdakarya, Cet. Ke- 4, 2014)
Sudjana, Nana,Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009)
Slameto,Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
Shihab, Quraish,Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat (Bandung:
Mizan, 2012)Slameto,Belajar dan Faktor -faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)
Syah, Muhibbin,Psikologi Belajar (Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada, 2003)
Soedarso, Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif (Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama,
Sabri, Ahmad,Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching (Ciputat: PT. Ciputat Press,2007)
Sanjaya, Wina,Strategi belajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media
Grup, 2008)
………………..,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan(Jakarta: Kencana Prenada
Media, cet-8, 2011)
Al-Shabuni, Muhammad ‘Ali,Safwah al-Tafasir, Juz 3, (Beirut: Dar alFikr,
t.th)
Winardi, J.,Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen (Jakarta: RajaGrafindo, cet. 2, 2005)
Woolfolk, Anita E. Nicolich, dan Lorraine McCum,Educational Psychology for Teacher (New Jersey: Prantice-
Hall Inc. Englewood Cliffs, 2nd ed., 1980)
Wawancara dengan Nuratimah Hasibuan, Wakil Kepala MTs Swasta Taman Pendidikan Islam, hari Sabtu,
Tanggal 6 Februari 2016, pukul 09.30 wib.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i1.1531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan