POLA PEMBINAAN AKHLAK PADA MASA PUBERTAS DI SMP IT DARUL AZHAR KUTACANE ACEH TENGGARA
Abstract
puberty at SMPIT Darul Azhar Kutacane Southeast Aceh? 2) What methods are used in moral development
during puberty at SMPIT Darul Azhar Kutacane Southeast Aceh? 3) What are the constraints and solutions
in moral formation during Puberty in SMPIT Darul Azhar Kutacane Southeast Aceh? The methodology of
this research was qualitative research focusing on interviews and field observation. Based on the research,
it was concluded that: 1) the material used in the guidance of morality is the Law of Allah Subhanahu wa
Ta’ala, Morals Against Humanity, Morals Against Yourself, Morals to the Environment. 2) While the methods
used are exemplary methods, suggestions, orders and orders, Exercises, Gifts and the like, Methods of
Rewards and Punishments, Lecture Methods, Question Methods and Methods of Discussion. 3)The effort
to develop morality at puberty in SMPIT Darul Azhar Kutacane Southeast Aceh is: delivering religious
lecture, implementing Tahfidz Quran program, Reading Do’a (Do’a together) on the morning before the
first lesson begins, praying jama’ah at fardhu , reciting Al-Ma’tsurat conducting Islamic day commemoration
activities (PHBI), and Examination of the order. 4) While the obstacles inhibiting, among others: Background
family and culture of students who are less supportive, inadequate teachers who stand by in dorms,
community environment (association) is less supportive, the influence of the internet, the influence of
television shows.
Penelitian ini bertujuan meneliti tentang: 1) Materi apa saja yang digunakan dalam pembinaan akhlak
remaja pada masa pubertas di SMPIT Darul Azhar Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara? 2) Metode apa
saja yang digunakan dalam pembinaan akhlak pada masa pubertas di SMPIT Darul Azhar Kutacane
Kabupaten Aceh Tenggara? 3) Apa saja kendala serta solusi dalam pembinaan akhlak pada masa Pubertas
di SMPIT Darul Azhar Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara? Metodologi penelitian ini adalah penelitian
kualitatif yang fokus kepada wawancara dan observasi dilapangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa:
1) materi yang yang digunakan dalam pembinaan akhlak yaitu Akhlak Terhadap Allah Sub%anahu wa
Ta’âla, Akhlak Terhadap Sesama Manusia, Akhlak Terhadap Diri Sendiri, Akhlak Terhadap Lingkungan
Sekitar. 2) Sedangkan metode yang digunakan adalah metode keteladanan, Anjuran, suruhan dan perintah,
Latihan-latihan, Hadiah dan sejenisnya, Metode Hadiah dan Hukuman, Metode Ceramah, Metode Tanya
Jawab dan Metode Diskusi. 3) Upaya pembinaan akhlak pada masa pubertas di SMPIT Darul Azhar
Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara adalah: menyampaikan ceramah keagamaan, melaksanakan program
Tahfidz Quran, Membaca Do’a (Do’a bersama) pada pagi hari sebelum pelajaran pertama dimulai,
shalat jama’ah pada shalat fardhu, membaca Al-Ma’tsurat melakukan kegiatan peringatan hari besar Islam (PHBI), dan Pemeriksaan tentang tata tertib. 4) Sedangkan yang menjadi kendala penghambatnya
antara lain: Latar belakang keluarga dan budaya siswa yang kurang mendukung, belum memadainya
guru yang stand by di asrama, lingkungan masyarakat (pergaulan) yang kurang mendukung, pengaruh
internet, pengaruh dari tayangan televisi.
Kata Kunci: Pola, Pembinaan Akhlak dan Pubertas
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ahmadi, Wahid,Risalah Akhlak: Panduan Perilaku Muslim Modern. Solo:Era Intermedia, 2004
Arifin , M,Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Jakarta: Bulan Bintang, 2008
Athiyah al-Abrasy, Muhammad,al-Tarbiyah al-Islamiyah terj. Bustami dan Djohar :Pokok-pokok Pendidikan
Islam, Jakarta: Bulan Bintang, Cet.7, 1993
Athiyah Ath-Thuri , Hannan, Mendidik Anak Perempuan di Masa Remaja, Jakarta: Amzah, 2007
Budiman, Agus, e.t al., Usulu At-Tarbiyah wa Ta’lim, Gontor: Gontor Pulishing, cet. 3, 2011
Chaplin J.P.,Kamus Lengkap Psikologi, ter. Kartini Kartono ,Dictionary of Psychology Jakarta: Raja Garfindo
Persada, 2006
Daulay , Haidar Putra,Pendidikan Islam Dalam Persfektif Filsafat, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014
Departemen Pendidikan Nasional,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008
Halim Mahmud , Ali Abdul,Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Insani, 2004
Ilyas, Yunahar,Kuliah Akhlak , Yogyakarta: LPPI, 2012
Manshur , Hasan,Manhajul Islam fi Tarbiyyah al-syabab, terj. Abu Fahmi Huaidi Dengan judul:Metode
Islam Dalam Mendidik Remaja, Jakarta Mustaqim, 1997
Muhammad Ali dan Muhammad Asrori,Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta:
Bumi Aksara, 2011
Mustaqim, Abdul,AkhlaqTasawuf, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2007
Nata , Abuddin,AkhlaqTasawuf. Jakarta: Raja Grafindo, 2003
Nata , Abuddin,Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat endidikan Islam, Jakarta: Raja
Grafindo Persada, Cet. II, 2001
Nata Abuddin,Akhlak Tasawuf , Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2010
Nata, AbddinAkhlak Tasawuf, Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet. III , 2000
Q.S. Al-Hujurat/49:13.
Q.S. An-Nahl/16:97.
Q.S. An-Nur/24:59
Quraish Shihab, M.,Tafsir Al-Mishbah : Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, Vol.
, 2004
Suyadi,Startegi Pembelajaran Pendidikan Katarakter , Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2013
Syafaruddin,et.al, Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta:Hijri Putaka Utama, 2014
Tim,Moral dan Kognisi Islam, Bandung: Alfabeta, 2009
Wau, Yasaratodo,Profesi Kependidikan Medan: Unimed Press, 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i1.1450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan