KONTRIBUSI SURAT AN-NAHL TERHADAP METODE PENDIDIKAN
Abstract
which accumulate will be analyzing using by content analyzis, for meaning contained. It because writer
said, this method can recite some Al-Qur’an concept correctly about a problem about a problem that the
teacher’s hope reach a comprehensive result. This education can we do tp knowing how contribute of
Surah An-Nahl to education method and implemantion is that can be as a choose in learning process and
then able to reach maximal result. From this research, the writer can conclusion if surah An-Nahl gives
contributes to education methods contain 14 education methods will be using by the teacher to materialize
lesson planning to student to reach maximal result.the methods contain : Tadriz method (stage), Analogy
method, Conclusion or inductive methods, self examine method (muhasabah), Story method, pay attention
method, Debate or discussion methods, study tour method, Asking the questions method, Supposing
or example methods (amsal), Forgiveness (amnesty) or guideness method, Provide method, Wisdom /
philosophy, Mau’izatul hasanah ( good provider)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi surat An-Nahl terhadap metode pendidikan dan
implementasi metode-metode pendidikan tersebut yang dapat dijadikan pendidik sebagai pilihan dalam
menjalankan kegiatan belajar mengajar untuk memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini dilakukan
dengan bercorak studi kepustakaan (library research), metode yang dipilih adalah metodetahlily, data
yang terakumulasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis)
mengenai makna yang terkandung didalamnya, karena menurut penulis, metode inilah yang tepat untuk
digunakan mengkaji konsep-konsep Alquran tentang suatu masalah bila diharapkan suatu hasil yang
komprehensif. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa surat An-Nahl memberikan kontribusi
terhadap metode pendidikan berupa 14 metode pendidikan yang dapat digunakan seorang pendidik
dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik untuk mendapatkan hasil yang maksimal, metode
tersebut antara lain; MetodeTadrîj (pentahapan), Metode analogi (Qiyas), Metode mengambil kesimpulan
atau induktif, Metode introspeksi atau evaluasi diri (Muhâsabah al-Nafs), Metode kisah, Metode pemberian
peringatan, Metode debat (Mujâdalah), Metode rihlah ilmiyah, Metode mengajukan pertanyaan, Metode
perumpamaan (Amaâl), Metode ampunan dan bimbingan,Metode keteladanan, Metodehikmah (bijaksana),
dan Metodemau’izatul hasanah (pelajaran yang baik).
Kata Kunci : Metode Pendidikan, Surat An-Nahl
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Baqy, Muhammad Fuad,al-Mu’jam al-Mufahras li Alf â“ al-Qurân al-“îm, Istanbul : Dâr ad-Da’wah,
Al Rasyidin,Falsafah Pendidikan Islami, Membangun Kerangka Ontologi,Epistemologi, dan Aksiologi Praktik
Pendidikan Islami, cet. 4, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2015
al-Toumy, Omar Mohammad al-Syaibany,Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta:
Bulan Bintang, 1979
al-Yasu’i, Luis Ma’luf,Al-Munjid fi al-Lugah Wa al-Adab Wa al-‘Ulum, Beirut: Dâr al-Masyriq, 1987
Arifin,Muzayyin,Filsafat Pendidikan Islam, cet.7, Jakarta : Bumi Aksara, 2014
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, cet. 3 Jakarta : Balai
Pustaka, 2005
Ibn Man“ur, Muhammad bin Mukarram,Lisân al-‘Arab, juz. 15, Arab Saudi: Dâr ‘Alim al-Kutub, 2003
Kadar M. Yusuf,Tafsir Tarbawi, Pesan-Pesan Alquran Tentang Pendidikan, cet.2, Jakarta : Bumi Aksara,
Lubis, Lahmuddin dan Elfiah Muchtar, Pendidikan Agama dalam Perspektif Islam Medan : Citapustaka
Media Perintis, 2009
Majid, Abdul,Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, cet. 6, Bandung :
Remaja Rosda Karya, 2009
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir,Ilmu Pendidikan Islam, cet.4 Jakarta : Kencana Prenadamedia Group,
Mucmafa, Ibrahim,et.al., al-Mu’jam al-Wasim,cet.2, juz. I, Istambul : al-Maktabah al-Islâmiyah, 1972
Nata, Abuddin,Ilmu Pendidikan Islam, cet. 2, Jakarta : Kencana Prenada Media, 2012
——,Sejarah Pendidikan Islam, cet. 4, Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Ramayulis,Metodologi Pendidikan Agama Islam, cet.7, Jakarta Pusat : Kalam Mulia, 2014
Republik Indonesia,Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional,cet.2, Bandung: Fokusindo Mandiri,
Sanjaya, Wina,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan, cet.8 Jakarta : Kencana
Prenada Media, 2011
Sumiati dan Asra,Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2016
Suryadilaga, M. Alfatih, et.al,Metodologi Ilmu Tafsir, Yogyakarta: Teras, 2005
Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan Islam, cet.2, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Willis, Sofyan S.,Psikologi Pendidikan, cet. 2 Bandung: Alfabeta, 2013
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i1.1446
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan