PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER : MENGGAGAS PENDIDIKAN UNTUK PROYEK KE MANUSIAAN

Wal Adi Yati, Muhammad Rizky Ramadhan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini akan memaparkan “Pendidikan Islam Kontemporer: Menggagas Pendidikan Untuk Proyek Kemanusiaan” yang diawali permasalahan fital mengapa pendidikan Islam Kontemporer menjadi proyek untuk kemanusiaan?  dengan tujuan penelitian mengekspolasi keniscayaan pendidikan Islam Kontemporer dikaji secara Konsepsi dan Aplikasi. Sedangkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan kontribusi praktis. Dimana kontribusi teoritis dapat dijadikan paradigma baru bagi peneliti berikutnya untuk melakukan studi tentang pendidikan Islam Kontemporer: Antara Konsepsi dan Aplikasi. Sementara kontribusi praktis, bahwa pendidikan Islam  sangat relevan dan representatif untuk direalisasikan secara konsepsi dan aplikasi Kontemporer saat ini, dimana disiplin ilmu ini selalu muttakhir, aktual, berkembang serta update pada setiap era dan generasi. Selanjutnya, penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan cara menela’ah berbagai literatur terkait dengan “Pendidikan Islam Kontemporer: Menggagas Pendidikan Untuk Proyek Kemanusiaan”. Sedangkan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode deskripsif dipakai, karena dalam paparannya akan memberikan ilustrasi umum tentang permasalahan yang akan tela’ah, Mencermati paparan di atas, maka temuan penelitian yang diharapkan adalah “Gagasan Pendidikan Islam Kontemporer”, dimulai dari desain tujuan, desain materi, desain pendekatan pembelajaran, desain strategi pembelajaran, desain media pembelajaran serta desain evaluasi proses dan evaluasi hasil.  

 Kata kuncikonsepsi islam manusia, konstruksi pendidikan  ideal kontemporer, 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdul Majid, Pembelajaran dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012

Aly, Noer, Hery dan Suparta, Munzier, Pendidikan Islam Kini dan Mendatang, Jakarta, CV. Triasco, 2010, Cet.ke-1

Arham, Laode, dan Gogali, Lian, Problematika Pendidikan Agama di Sekolah, Yogyakarta: Institut Dian/Interfidei, 2007, Cet.ke-7

Arief, Armai (editor), Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik, Bandung: Angkasa, 2014, Cet.ke-1

Bahri, S. (2019). The Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal Islamic Education Reseach Multicultural, 1(1), 16.

Cholid, N. (2018). KONTRIBUSI FILSAFAT PRAGMATISME TERHADAP PENDIDIKAN. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman. https://doi.org/10.31942/mgs.v4i1.948

Dhikrul Hakim. (2019). Inclusivism and Exclusivism As Well As Their Effect on Islamic Education Based Multicultural. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 18–29. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.3

Darajat Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Farikhatin, A., Suryaningsih, A., Wibawa, D. B. S. A. E. A., Sari, E. Y., Mutakhim, I. R. I., Ma’rifah, I., Oktavianus, P. H., Budiarto, J., Oktafiana, S. R. S., & Suwandi. (2016). Mengelola Keragaman di Sekolah. In Mengelola keragaman di sekolah: Gagasan dan pengalaman guru.

Firmansyah. (2017). Pemikiran kesehatan mental islami dalam pendidikan islam. Analytica Islamica, 6(1).

FRIDIYANTO, F., HIDAYAT, M., KHAIRANI, M., & YOSE, I. (2020). Managing Quantity or Quality? Students’ Voices for English Subject in the National Standardized Exam. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|. https://doi.org/10.22437/irje.v4i1.9409

Kusnan. (2020). PLURALISM RECONSTRUCTION. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 47–61. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.31

Madrasah, D. I., & Ali, T. (2018). 1 * , 1 1. 6(1), 50–58.

Rahmat Hidayat, MA Dr. Abdillah, S.Ag, M.Pd, Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya, Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2019, cet ke1, h.16

http://sigitmujahid.blogspot.com/2010/04/mengembalikan-pendidikan-islam-sebagai.html

Nata Abuddin, Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2012, cet. Ke-1.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i1.13543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan