URGENSI STUDI ISLAM DI KALANGAN TOKOH ISLAM (Studi Fenomenologi di Kota Medan Barat)
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami serta menerapkan studi islam dan menguatkan keyakinan kita terhadap aqidah islam. Pentingnya untuk memehami bahwasannya siapapun diantara mereka hendaknya mengembangkan studi islam dengan menguasai dasar dari kerangka keislaman yaitu aqidah (keimanan yang kuat kepada Allah) dan syariah (ketentuan-ketentuan dari Allah). Metode ini bisa mengajarkan dan mengamalkan tentang tujuan dan manfaat keislaman dalam studi islam. Hasil penelitiannya adalah Islam hakikatnya membawa ajaran yang bukan hanya mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia.sumber ajaran yang mengambil berbagai aspek ialah Al-Quran dan Hadist. Kedua sumber ini menjadi pijakan dan pegangan dalam mengakses wacana pemikiran dan membumikan praktik penghambaan kepada Tuhan baik bersifat teologis maupun humanistis.
Keyword: Tokoh, Ulama, dan Pemuka Agama
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Amin Abdullah, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)
Amin Abdullah, Studi Agama (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)
Bagir, Z. A., Maarif, S., Munjid, A., Vanderbilt, G., Ahnaf, M. I., & Laksana, A. B. (2016). Studi Agama di Indonesia : Refleksi Pengalaman (Issue July).
Dhikrul Hakim. (2019). Inclusivism and Exclusivism As Well As Their Effect on Islamic Education Based Multicultural. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 18–29. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.3
Fachruddin Azmi, M. (2021). Liberalization of Islamic Education. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 172–183.
Fahmi, F., & Firmansyah, F. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.262
Farikhatin, A., Suryaningsih, A., Wibawa, D. B. S. A. E. A., Sari, E. Y., Mutakhim, I. R. I., Ma’rifah, I., Oktavianus, P. H., Budiarto, J., Oktafiana, S. R. S., & Suwandi. (2016). Mengelola Keragaman di Sekolah. In Mengelola keragaman di sekolah: Gagasan dan pengalaman guru.
Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2). https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384
Idris, M. (2013). REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.512
Jumroatun, L., Sobri, A. Y., & Malang, U. N. (2018). Implementasi budaya sekolah islami dalam rangka pembinaan karakter siswa. 1, 206–212.
Maarif, M. I. A. S., & Afdillah, B. A.-A. M. (2019). POLITIK LOKAL DAN KONFLIK KEAGAMAAN Pilkada dan Struktur Kesempatan Politik dalam Konflik Keagamaan di Sampang, Bekasi, dan Kupang. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Mustafied, Maarif, S., Suhadi, Ahnaf, M. I., Asyhari-Afwan, B., Tahun, M., & Martiyam, N. (2015). Praktik Pengelolaan Keragaman di Indonesia: Kontestasi dan Koeksistensi [Practice of Managing Diversity in Indonesia: Contestation and Coexistence].
M.Rozali, Metodologi Studi Islam, cet. 1, (Medan: Azhar Centre, 2019)
Nurrohman. (2015). Islam Dan Kemajemukan Di Indonesia. In Jurnal Asy-Syari’ah.
Ri, K. A., Litbang, B., Puslitbang, D., Agama, B., & Tahun, L. K. (2019). Kementerian Agama RI. Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Tahun 2019.
Rois, A. (n.d.). Pendidikan Islam Multikultural: Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah.
Rasihon Anwar, et. al., Pengantar Stusi Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2009)
Rosihon Anwar dkk., Pengantar Studi Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2011) 30
Syeikha Taquyuddin, Jalan Menuju Iman (Pustaka Thariqul izzah, 2003)
Syaichona, S., & Balikpapan, C. (2020). PLURALISM RECONSTRUCTION. 2(1), 47–61.
Vendley, W., & dkk. (2011). Merayakan Kebebasan Beragama. Bunga Rampai 70 Tahun Djohan Effendi, 698–702. www.abad-demokrasi.com
Wijaya, C., Abdurrahman, Saputra, E., & Firmansyah. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5). https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.310
Yusof, N. M., Abdullah, A. C., & Ahmad, N. (2014). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Multicultural Education Practices in Malaysian Preschools with Multiethnic or Monoethnic Environment. 12–23.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i1.13494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan