PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI ALAT PEMBEBASAN
Abstract
Abstrak: Model pendidikan pembebasan Paulo Freire adalah model pendidikan konsientisasi, hadap masalah dan humanisasi. Humanisasi merupakan model pendidikan yang memandang Pendidik juga menjadi peserta didik dan peserta didik sebagai pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini menjadikan proses pembelajaran subyek-subyek, bukan suyek-obyek. Proses belajar haruslah kreasi dan re-kreasi pengetahuan bukan memorisasi pengetahuan. model selanjutnya adalah model pendidikan konsientisasi yang bermakna pentingnya kesadaran kritis dalam melihat realitas dunia. proses penyadaran yang mengarah pada konsep pembebasan yang dinamis akan mendorong pada penciptaan manusia yang lebih utuh. Model selanjutnya adalah hadap masalah dimana Freire mengkiritisi pendidikan ”gaya bank: yang menjadikan peserta didik untuk sekedar hafalhafalan tanpa mengenal secara kritis realias di sekitarnya. Hal ini kemudian menyebabkan pendidikan kehilangan nilai subtansialnya yaitu sebagai wahana pembebasan dari kungkungan sistem sosial yang tidak adil dan hegemonik. Islam memandang pendidikan pembebasan Freire sangat kental dengan relasi antara teori dan praktek. Namun demikian, pendidikan pembebasan yang ditawarkan Freire terdapat perbedaan sumber inspirasi dan tindakan. Sumber bagi Freire adalah kemanusiaan sedangkan bagi Islam adalah Allah swt.
Kata kunci: Pendidikan, Pembebasan, Pemikiran, Paulo FreireFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30
Annisa Padila, K.A Rahman, & Mar’atun Sholiha. (2021). Identification of Arabic Learning Styles for Students on Class Xi Science At Al-Falah Senior High School Jambi. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(3), 194–201. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i3.45
A. Syafi’I Ma’arif, “Pendidikan Islam sebagai Paradigma Pembebasan,” Pendidikan Islam di Indonesia; antara Cita dan Fakta, ed. Muslih Usa (Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1991)
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisional dan Modernisasi Menuju Milinium Baru. Jakarta: Logos, 2002.
Bucaille, Mouricce. Al-Quran dan Sains Modern , Terj. A. Khozin Afandi, Pengetahuan Modern dalam Al-Quran. Surabaya: Al-Ikhlas, 1995.
Djamaluddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1999
Dhikrul Hakim. (2019). Inclusivism and Exclusivism As Well As Their Effect on Islamic Education Based Multicultural. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 18–29. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.3
Fahmi, F., & Firmansyah, F. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.262
Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32
Fauzi, A. (2022). The Role Of The School Committee In Improving School Effectiveness And The Performance Of Junior High School Principles In Aceh Tamiang. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism, 4(1), 15–27.
Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2). https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384
Firmansyah, F. (2021). Kelas Bersama dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Pendidikan Islam Melalui Budaya Sekolah Multikultural. Turatsuna : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan.
Fridiyanto, F. (2020). DINAMIKA SOSIAL PESANTREN DI INDONESIA. Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, 1(1). https://doi.org/10.52029/jis.v1i1.1
Faisol. Gus Dur & Pendidikan Islam ( Upaya Mengembalikan Esensi Pendidikan di Era Global). Jogjakarta: AR-Ruzz Media, 2011.
Hanafi, Pendidikan Islam Sebagai Paradigma Pembebasan; Sebuah Telaah Atas Pemikiran Paulo Freire, diakses pada tanggal 13 Novmber 2022 dari hanafi. https://adoc.pub/pendidikan-islam-sebagai-paradigma-pembebasan-sebuah-telaah-.html
Kesuma, G. C. (2017). Refleksi Model Pendidikan Pesantren dan Tantangannya Masa Kini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1740
Mas Ghofur, Pemikiran Filosofis Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Islam, diakses pada tanggal 13 November 2022 dari http://ikhsan01.blogspot.com/2012/12/pemikiran-filosofis-muhammad-iqbal.html
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam (Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Mukhtar. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Misaka Galiza, 2003.
Munir Abdul. Nalar Spritualitas Pendidikan (Solusi Problem Filosofis pendidikan Islam). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.
Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Nisar, Samsul. pengantar dasar-dasar pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001
Sholihuddin, M. (2020). Internalization of Principal Curriculum Management in Primary School and Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Islamic Education …. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/118%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/download/118/94
Paulo Freire, Pedagogy Hati (Yogyakarta : Kansius, 2001)
Qardawi, yusuf. Tuhan Tak Terkuburkan Sebuah Analisis Relevansi Agama di Era Sains. Jakarta Timur: Azan, 2001.
Rusli Karim, “Pendidikan Islam sebagai Upaya Pembebasan Manusia,” Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, ed. Muslih Usa (Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1991)
Subagja, Soleh. Gagasan Liberalisasi Pendidikan Islam. Malang: Madani, 2010.
Suwendi. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Suyudi. pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran. Yogyakarta: Mikraj, 2005
Wahid, Ahmad. Membebaskan Pendidikan Islam. [t.t]: Istawa, 2002.
Wijaya, C., Abdurrahman, Saputra, E., & Firmansyah. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5). https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.310
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i1.13490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan