METODE BELAJAR TAJWID AL-QUR’AN USTADZ ABDUL QARIM DI TPQ ABDUL KARIM ISMAIL SERDANG BEDAGAI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sosok Ustadz Abdul Karim, seorang muqri Al-Qur'an di Sumatera Utara, yang berdomisili di Desa Bengkel, Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Keunikan penelitian ini terletak pada upaya melanjutkan kajian terhadap pengumpulan biografi muqri Al-Qur’an di Sumatera Utara, dinilai bahwa Ustad Abdul Karim memiliki keterhubungan dengan sanad keilmuan kepada Syekh Azrai Abdurrauf, seorang ulama dan muqri Al-Qur'an berpengaruh di Sumatera Utara dan dunia internasional. Penelitian ini menggunakan metode studi tokoh dengan pengumpulan data lapangan melalui wawancara terhadap ahli waris, tokoh agama, dan murid Ustadz Abdul Karim. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Abdul Karim adalah seorang muqri Al-Qur'an dengan sanad keilmuan yang terhubung langsung kepada Syekh Azrai Abdurrauf, di mana ia merupakan murid pada urutan kedelapan. Beliau menetap di Desa Bengkel dan mendirikan TPQ Abdul Karim Ismail Al-Banjari. Metode pengajaran Al-Qur'an yang diajarkan meliputi tiga tahapan utama: (1) pembelajaran hukum tajwid, (2) tilawah dan lagu Al-Qur'an, serta (3) pengembangan kompetensi diri, seperti marhaba, hadrah, dan qira'at. Penelitian ini menegaskan pentingnya dokumentasi dan pelestarian warisan keilmuan Ustadz Abdul Karim untuk memastikan kesinambungan ajaran yang telah beliau sampaikan kepada generasi selanjutnya.
Kata Kunci: Abdul Karim, Al-Qur’an, Muqri, Belajar Ilmu Tajwid
Full Text:
PDFReferences
Albadi, Wido Supraha, and Hasbi Indra. “Implementasi Seni Baca Irama Al Qur’an (Nagham) Dalam Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an.” Rayah Al-Islam 5, no. 01 (April 28, 2021): 98–112. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.389.
An-Nawawi, Imam. At Tibyan Fii Ada Hamalah Alquran. Edited by Terj. M. Farid Fahruddin. Jakarta: Ummul Quro, 2019.
Azizah, Hafidzotul. “Analysis of Learning of the Quran Based on Tahsin, Tartil, and Tilawah Methods in TPQ Al-Muttaqin Kunir.” In Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 1:83–91, 2022.
Febriani, Suci Ramadhanti, and Apri Wardana Ritonga. “The Perception of Millennial Generation on Religious Moderation through Social Media in the Digital Era.” Millah 21, no. 2 (2022).
Hadi, M.Yusuf. “Wawancara Anak Angkat.” Tanjung Morawa: 23 Oktober, 2024.
Inayah, Fajril, Rera Agistha P, Yuli Fitriani, Deden Syubanul K, Wildan Wahyudin, and Ichsan Budiman. “Menerapkan Adab Kepada Anak-Anak Pengajian Terhadap Al-Qur’an Melalui Sosialisasi Dan Pembuatan Meja Baca Al-Qur’an Di Mushala Al-Barokah.” PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 2, no. 5 SE-Articles (October 24, 2023): 1–11.
Indra, Moersjied Qorie. Seputar Nagham Seni Baca Alquran. Jakarta: PT Qaf Media Kreativa, 2019.
Irsyad, Muhammad. “Kontribusi Syaikh Azrai Abdur Rauf Tentang Pembentukan Akhlakul Karimah Melalui Seni Baca Al-Qur’an.” UIN Sumatera Utara, 2022.
Khalil, Ibrahim. “Wawancara Tokoh Agama.” Perbaungan: 19 November, 2024.
Khamid, Abdul, Dea Prasmanita, Rif’ah Munawaroh, Ahmad Zamroni, and One Emi Nasitoh. “Implementasi Pembelajaran Tajwid Dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an Dalam Materi Al-Qur’an Hadist.” Attractive : Innovative Education Journal 2, no. 2 (July 19, 2020): 45. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.38.
Muhammad Jihad Azni Lubis, Asniati Asniati, Maharani Maharani, Ahmad Sobri, and Salahuddin Harahap. “Pengaruh Muqri’ Sumatera Utara Dalam Ajang Internasional.” IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 SE-Articles (January 16, 2024): 273–86. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.846.
Muharom Albantani, Azkia. “Pendekatan Fonetik, Kontrastif, Dan Komunikatif Dalam Pengajaran Membaca Alquran.” Alfaz (Arabic Literatures for Academic Zealots) 7, no. 02 (November 25, 2019): 107. https://doi.org/10.32678/alfaz.Vol7.Iss02.2294.
Nasution, Muhammad Roihan. AL-Hira Dapat Membaca Al-Qur’an Dalam Tempo 24 Jam. 31st ed. Medan: Yayasan Pendidikan Islam Al-Hira, 2019.
Risnawati, Atin, and Dian Eka Priyantoro. “Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 SE-Articles (March 20, 2024): 1–16. https://doi.org/10.32678/assibyan.v6i1.9929.
Salim, Muhsin. Ilmu Nagham Al-Qur`An. Jakarta: PT. Kebayoran Widya Ripta, 2004.
Shalihah, Khadijah. Perkembangan Seni Baca Alquran Dan Qiraat Tujuh Di Indonesia. 1st ed. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1983.
Siregar, Anggreini, Nihayah Husna, Nurul Huda, and Tursina Samira. “Program Penguasaan Ilmu Tajwid Dengan Mudah.” Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (October 4, 2020): 85–95. https://doi.org/10.56114/maslahah.v1i2.57.
Suherman. “Pembinaan Agama Umat Di Perbaungan.” UIN Sumatera Utara, 2012.
Suriansyah, Muhammad Arsyad. “Implementasi Metode Talaqqi Dan Musyafahah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SD Swasta Salsa.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (January 29, 2021): 216–31. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.27.
Tanjung, Hadi Gunawan. “Corak Ghinâ’ Dalam Membaca Alquran (Studi Historis Terhadap Perkembangan Variasi Lagu Alquran Syaikh Al-Qurrâ’ Azra’i Abdurrauf).” UIN Sumatera Utara, 2020.
Taufik, Muhamad. “STRATEGIC ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION IN THE ERA OF INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 20, no. 1 (February 29, 2020): 86. https://doi.org/10.22373/jiif.v20i1.5797.
Zen, Akhmad Muhaimin. Bunga Rampai Mutiara Alquran. Edited by Ahmad Mustafid. Jakarta: JQH PBNU, 2006.
Zuhri, Ahmad. Syekh Al-Qurra’ Azra’I Abdurra’uf: Pemikiran Dan Peranannya Dalam Mengembangkan ILmu-Ilmu Alquran. Sumatera Utara: PW IPQOH, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v10i2.23532
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.