Implementasi Nilai-Nilai Kisah Nabi Yunus dalam Surah Ash-Shaffat Ayat 139-148

Ahmad Zaky Ramadhan, Muhammad Zakaria

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kisah Nabi Yunus yang terdapat dalam Surah Ash-Shaffat ayat 139-148. Kisah ini menggambarkan perjalanan spiritual Nabi Yunus, mulai dari ketidaktaatannya, penderitaan di dalam perut ikan, hingga pertobatan dan pengampunan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi tafsir dengan pendekatan tematik, yang mengelompokkan ayat-ayat terkait untuk menggali pesan moral dan nilai-nilai keislaman yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai utama yang dapat diambil dari kisah Nabi Yunus meliputi pentingnya kesabaran, taubat, pengampunan, dan kepercayaan kepada Allah. Implementasi nilai-nilai ini dalam kehidupan modern dapat membantu individu menghadapi tantangan dengan lebih baik dan memperkuat hubungan spiritual mereka. Penelitian ini juga menekankan relevansi kisah Nabi Yunus dalam membimbing umat Islam untuk bersikap lebih optimis dan berpegang teguh pada keimanan dalam situasi sulit.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Ghazali, Abu Hamid. Ihya’ Ulum al-Din. Jakarta: Pustaka Azzam, 2015.

Seligman, Martin E. P. Flourish: A Visionary New Understanding of Happiness and Well-Being.

New York: Atria Books, 2011.

Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991.

Al-Qurtubi, Abu Abdullah. Tafsir Al-Qurtubi: Al-Jami’ Li-Ahkam al-Qur’an. Beirut: Dar al- Kutub al-‘Ilmiyah, 2001.

al-Raghib al-Isfahani, Abu al-Faraj. Mufradat al-Qur’an. Beirut: Dar al-Ma‘arif, 1997. Syaikh Abdurrahman bin Nasir as-Sa’di. Tafsir al-Sa’di. Riyadh: Maktabah al-Sa’di, 2005.

Hidayat, Ilyas. Psikologi Islam: Konsep dan Aplikasi dalam Kehidupan Sehari-hari. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2018.

Azyumardi Azra. Islamic Education in Indonesia: Tradition and Transformation. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2003.

Nasution, Harun. Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.

Yusuf, Muhammad. Psikologi Pendidikan Islam: Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Abdurrahman, Muhammad. Ahlak Islam: Konsep dan Implementasi dalam Kehidupan Sehari- hari. Jakarta: Pustaka Hidayah, 2016.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Abdullah, M. Amin. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 2010. Fadlan, Ahmad. Pendekatan Pendidikan Karakter di Indonesia: Teori dan Praktik. Jakarta:

Kencana, 2015.

Mahmud, Muhammad. Teori Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014. Huda, M. Etika Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Rosdakarya, 2019.

Malik, Ahmad. Psikologi Kepribadian Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Al-Baghawi, Abu Muhammad al-Husayn. Tafsir al-Baghawi. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1997.

Nasir, Abdul. Pendidikan Agama Islam dan Perkembangan Sosial di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Burhanuddin, U. Islam dan Pendidikan Karakter: Panduan untuk Membangun Karakter Bangsa.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v8i1.23438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.