Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Rawat Jalan dan Rawat Inap Pada Klinik Zaky Sinar Husada

Chairul Rizal, Supiyandi Supiyandi, Muhammad Zen, Tasya Maulariqa Insani, Muhammad Taufiq Rustam

Abstract


Klinik Zaky Sinar Husada adalah klinik yang melayani Faskes BPJS Kesehatan terhadap Rawat Inap dan Rawat Jalan di Kabupaten Deli Serdang. Alamat klinik Zaky Sinar Husada terletak di jalan Perintis Kemerdekaan No. 12 Kecamatan Galang. Dalam peningkatan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat, maka penting adanya sistem yang lebih efektif dan efesien guna pengolahan data bagi pelayanan masyarakat. Sistem kinerja pada klinik Zaky Sinar Husada dalam pelayanan rawat jalan dan rawat inap ini masih.dilakukan.dengan.media.pembukuan.yang.bersifat. Manual sehingga banyak masalah atau kendala yang dialami pihak klinik seperti kesalahan menginput data, penyimpanan data, serta adanya kerangkapan arsip pasien. Pembuatan aplikasi dibuat menggunakan situs website dengan bahasa pemograman PHP dan dengan implementasi Customer Relationship Management (CRM) seperti memberikan fitur penilaian dan komentar terhadap pelayanan klinik yang dapat diakses oleh pasien, dan pihak administrasi dapat menggunakan fitur pengolahan data pada situs admin serta dapat melihat data penilaian dan komentar.


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, H. M. 2010. Analisis dan Rancangan Sistem Informasi: Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Gema R Yuda. 2012. Sistem Informasi Reservasi Hotel Pada Hotel Cibiru Endah. Skripsi. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Widjaja Tunggal Amin, Customer Relationship Management, Konsep dan Kasus, (Jakarta: Harvarindo,2006)

Kanaidi, & Ari, K. Analisis Customer Relationship Management (CRM) pada SBU Pos Admail, Banking and Management Review.2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/algoritma.v5i1.9205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :